6 Perbedaan Wedges Dengan Heels yang Perlu Diketahui Wanita

Sepatu merupakan salah satu barang favorit wanita yang sulit ditolak godaannya ketika berbelanja. Bagi para wanita, sepatu bukan hanya sekedar alas kaki. Konon, seorang wanita tidak akan pernah memiliki terlalu banyak sepatu. Itulah sebabnya sangat banyak varian dan model sepatu wanita, bahkan terkadang sampai membingungkan untuk dipilih. Sebagian wanita menyukai sepatu berhak tinggi, namun jenis sepatu ini pun memiliki sangat banyak varian berbeda. Pemilihan model sepatu akan tergantung kepada kenyamanan masing – masing. Ada yang lebih menyukai sepatu model wedges dengan hak tebal, namun ada juga yang memilih model sepatu stiletto yang berhak tajam. Wedges yang merupakan jenis sepatu platform telah ada sejak tahun 1930an. Wedges pertama tidak memiliki hak berbeda dan menggunakan strap dari cellophane. Kedua model sepatu ini adalah yang paling populer digunakan, untuk itu Anda perlu mengetahui perbedaan wedges dengan heels sebelum memakainya.

1. Perbedaan Hak Sepatu

Perbedaan wedges dengan heels bisa dilihat dari model hak sepatunya. Haknya tebal dan menyatu dengan sol sepatu, sementara sepatu berhak tajam memiliki hak yang terpisah dengan sol sepatunya. Stiletto juga lebih cocok untuk acara formal sementara wedges lebih banyak digunakan untuk acara yang lebih kasual sifatnya. Anda perlu melakukan cara mengatasi kulit kaki kering, cara menghilangkan kulit mati di kaki dan cara menghilangkan flek hitam di kaki sebelum menggunakan sepatu terbuka agar kaki tampak lebih mulus.

2. Perbedaan Keseimbangan

Wedges biasanya digunakan oleh wanita yang tidak ingin berjalan dalam sepatu hak tinggi yang tajam karena sangat tidak nyaman, juga untuk para wanita yang menyukai sepatu berhak tinggi namun tidak bisa berjalan memakainya. Wedges tetap akan memberikan tambahan tinggi badan, tetapi tidak seperti sepatu hak tinggi yang runcing, perbedaan wedges dengan heels adalah bahwa berat badan akan terdistribusi merata sehingga seimbang dan nyaman untuk digunakan berjalan. Memakai high heels akan beresiko lebih besar untuk keseleo, jatuh atau mengalami patah hak sepatu.

3. Perbedaan Penampilan

Perbedaan wedges dengan heels bisa dilihat dari segi penampilan, dimana hak tinggi akan membuat Anda tampak lebih elegan, membentuk lekukan tubuh dan membuat kaki tampak lebih langsing, lebih tinggi dan jenjang. Perbedaan wedges dengan heels juga dapat dilihat dari kecocokannya dengan jenis busana yang digunakan. Hak tinggi atau high heels akan tampak lebih bagus pada busana yang formal atau elegan sementara sepatu wedges akan lebih cocok untuk busana yang kasual, juga akan lebih bagus dengan jeans.

4. Perbedaan Kestabilan

Sepatu hak tinggi akan lebih enak dipakai berjalan pada permukaan yang lurus, sementara wedges akan lebih baik pada permukaan yang basah karena lebih stabil dan membuat Anda tidak mudah jatuh. Perbedaan wedges dengan heels dilihat dari sepatu wedges memiliki tingkat kestabilan yang lebih tinggi jika Anda akan berjalan untuk waktu yang agak lama. Ketahuilah bagaimana cara menghaluskan kulit kaki, cara menghaluskan telapak kakicara mengatasi tumit pecah – pecah dan penyebab kulit kaki mengelupas agar Anda bisa memakai wedges dengan leluasa.

5. Perbedaan Efeknya

Platform pada sepatu wedges akan memberi bantalan untuk kaki yang memungkinkan kaki menapak lebih banyak, dan wedges biasanya memiliki lebih banyak lapisan daripada sepatu hak tinggi sehingga kaki tidak akan terlalu tegang ketika berkontak dengan tanah jika dipakai berjalan. Jika sepatu wedges mendukung pergelangan kaki Anda maka akan lebih baik untuk telapak kaki Anda pula. Perbedaan wedges dengan heels yaitu wedges akan membuat resiko peregangan otot pada betis lebih berkurang, akan membagi sebagian berat badan dengan baik pada kaki dan memberi Anda keseimbangan lebih daripada sepatu heels. Jika Anda memiliki masalah sakit punggung, pilih sepatu wedges daripada sepatu hak tinggi karena akan lebih baik untuk punggung Anda, walaupun bukan pilihan yang paling baik. Paling tidak wedges akan mengurangi ketegangan pada punggung Anda daripada menggunakan sepatu hak tinggi.

6. Perbedaan Ukuran

Perbedaan wedges dengan heels adalah bahwa sepatu wedges akan tampak dan terasa lebih berat dari segi berat serta ukuran daripada sepatu high heels bermodel stiletto. Penggunaan wedges juga akan terasa lebih berat ketika dipakai berjalan dan membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih besar. High heels akan lebih ringan di kaki karena haknya yang kecil daripada sepatu model wedges.

Setelah Anda mengetahui perbedaan wedges dengan heels, Anda dapat menentukan yang mana yang lebih baik. Walaupun ketinggian kedua sepatu tetap akan menambah ketegangan otot pada tubuh Anda, banyak ahli yang menyatakan bahwa wedges akan lebih baik untuk kesehatan Anda. Alasan utamanya adalah bahwa semakin besar perbedaan antara telapak kaki dan hak sepatu Anda, semakin buruk efeknya pada kaki dan menambahkan 25% berat tubuh yang harus ditanggung oleh kaki. Perbedaan yang ideal seharusnya hanya sekitar dua atau tiga inci untuk maksimalnya. Memakai wedges akan selalu lebih baik daripada hak tinggi stiletto, walaupun hal itu juga tergantung pada seberapa besar dukungan yang diterima pergelangan kaki Anda, juga perbedaan antara hak dan telapak kaki. Selain itu, acara apa yang akan Anda hadiri juga berpengaruh pada pemilihan jenis sepatu. Tidak semua kesempatan cocok dipadukan dengan wedges dan juga tidak semua stiletto cocok untuk acara tertentu, jadi sesuaikan kebutuhan Anda dengan jenis sepatu yang akan digunakan.