16 Penyebab Kulit Kaki Mengelupas Dan Alergi

Menjaga kesehatan kulit adalah merupakan sesuatu yang harus di lakukan. Ada banyak hal yang bisa di lakukan untuk menyehatkan kulit, misalnya saja merubah gaya hidup, merubah pola makan dan kebersihan diri mu. Ada banyak cara aman dan alami, misalnya dengan spa, lulur dan bahkan memasker tubuh dengan bahan alami lainnya. Kamu juga bisa mencegah kerusakan, perbedaan warna kulit atau penuaan pada kulit dengan megonsumsi vitamin kulit, misalnya saja minum vitamin kulit Nature E, Ever E, Nourish Skin dan lain sebagainya ya ladies. Selain tahu tentang cara merawat kesehatan kulit, kamu juga harus tahu tentang apa saja penyakit kulit. Penyakit kulit yang bisa menjangkit kulit kita adalah, panu, kudis, kurap, jamur dan bahkan pengelupasan kulit yang dapat menyebabkan inflamasi. Kali ini kita akan membahas apa saja penyebab kulit mengelupas agar nantinya kamu bisa mencegah hal tersebut. Yuk simak beberapa penyebab mengelupasnya kulit kaki seperti yang berikut ini.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab kulit kering dan kusam serta kulit kaki mengelupas atau pecah-pecah.Tahukah kamu jika dehidrasi sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh dan juga kulit mu. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari ya ladies, dan pastikan jika air yang kamu minum adalah air yang sehat, dan selain itu ada banyak sekali manfaat minum air putih sebelum tidur . Kamu juga harus tahu seperti apakah air yang sehat itu, pertama air yang sehat adalah air yang tidak berwarna, air yang tidak berbau dan tidak berasa ya ladies.

  1. Terinfeksi jamur

Salah satu penyebab kaki mengelupas adalah infeksi jamur. Jika kamu mengalami pengelupasan pada kaki, maka sebaiknya pastikan apakah kamu mengalami infeksi jamur. Kaki yang terinfeksi oleh jamur harus diberi obat sesuai dengan penyakitnya, agar jamur cepat hilang dan kaki kembali sehat ya ladies. Jika ingin lebih terhindar dari jamur, kamu bisa mencampurkan cairan antiseptik pada bak mandi di rumah. Dan untuk lebih tepatnya lagi, kamu bisa merendam kaki mu dengan air garam,  gunakan air hangat ya ladies agar lebih rileks saat merendam kaki mu dan selain itu kamu juga bisa mengambil manfaat mencuci muka dengan garam. .

  1. Keringat

Keringat yang berlebih pada kaki, ternyata bisa menyebabkan jamur loh ladies. Oleh sebab itu jika kamu ingin kulit kaki mu sehat, gunakanlah kaos kaki yang bisa menyerap keringat ya ladies. Usahakan untuk sering membersihkan sela-sela kaki mu, agar jamur tidak muncul pada kaki mu yang indah. Pastikan juga jika kamu mencuci kaki dengan sabun antiseptik, agar tidak ada kuman atau bakteri yang menempel pada kaki mu ya ladies.

  1. Eksim

Tahukah kamu ladies, jika orang yang memiliki riwayat penyakit eksim, memiliki potensi kerusakan pada kulit kaki yang parah. Bagi penderita eksema atau eksim biasanya mengalami kulit pecah atau mengelupas. Eksim sendiri adalah masalah peradangan yang bisa menyebabkan gelembung kecil dan mengelupasan pada kulit. Untuk menghindari hal ini menjadi lebih parah, kamu harus datang ke dokter dan konsultasikan semua yang kamu rasakan dan alami. Hal ini harus kamu lakukan, agar dokter bisa memberikan mu obat dan cara yang tepat untuk mengatasi eksim.

  1. Penyakit diabetes

Salah satu penyebab kulit pecah-pecah dan mengelupas adalah diabetes. Penyakit yang satu ini, kini menjadi sangat populer dan banyak terjadi pada orang dengan segala usia. Baik laki-laki maupun perempuan, muda maupun tua bisa mengalami penyakit tersebut. Untuk menghindari adanya pengelupasan yang disebabkan diabetes, sebaiknya kamu mengganti pola makan dan kandungan makanan. Kurangi menggunakan gula tebu, gantilah gula dengan gula jagung. Konsumsilah banyak air putih ya ladies, agar nantinya tubuh lebih netral dan terhindar dari masalah kulit mengelupas dan pecah-pecah.

  1. Sinar matahari

Tahukah kamu jika sinar matahari tidak selamanya bagus untuk kesehatan. Ada waktu-waktu tertentu yang kulit kita tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung, karena hal tersebut menjadi penyebab kulit berminyak dan terjadinya inflamasi atau iritasi terhadap kulit. Dan yang lebih parah nya lagi, kulit bisa mengalami pengelupasan yang parah. Oleh karena itulah, sebaiknya kamu menggunakan suncream atau sunblock ketika ketika keeluar rumah. Untuk pakaian, sebaiknya gunakan tangan panjang atau blazer ya ladies, dan gunakan juga kaos kaki yang mudah menyerap keringat. Jangan lupa gunakan payung atau topi untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari.     

  1. Cuaca dingin

Cuaca yang dingin dapat menyebabkan terjadi nya pengelupasan, penyebab kulit kepala kering dan hal ini juga menyebabkan kulit mu mudah terbuka. Jika cuaca mulai dingin, maka sebaiknya gunakanlah pelembab ya ladies. Gunakan pelembab yang mengandung susu, lidah buaya dan lain sebagainya. Gunakanlah pelembab seperlunya dan jangan berlebihan ya ladies, agar nantinya tidak berbahaya bagi kesehatan kulit mu. Pastikan juga kamu banyak minum,agar kulit tidak kering atau tidak mengalami dehidrasi.

  1. Gesekan sepatu

Sepatu tidak hanya bisa melindungi kaki mu loh ladies, tapi bisa juga membuat kaki mu memiliki masalah yang serius. Masalah kaki bisa terjadi karena adanya kesalahan dalam pemilihan jenis sepatu, dan hal ini lah yang dapat menyebabkan kaki bisa lecet, berjamur dan lain sebagainya. Untuk menghindari terjadinya masalah karena sepatu, maka sebaiknya pilihlah jenis sepatu yang sesuai dengan kulit mu dan nyaman digunakan ya ladies. Jangan hanya memikirkan trend dan brand saja, karena trend dan brand belum tentu menjamin keamanan dan kenyamanan mu dalam menggunakan sepatu. Memilih sepatu yang tepat harus kamu lakukan, agar nantinya tidak terjadi gesekan pada kulit yang menyebabkan kulit mu menjadi lecet dan mengelupas.

  1. Mandi dengan Air Panas

Air hangat yang tingkat kepanasannya tinggi memang bagi beberapa orang sangat nyaman dan dapat menyembuhkan rasa pegal serta dapat menghilangkan stres. Mandi dengan air panas adalah solusi untuk membuat otot tubuh menjadi lebih rileks, namun jika air yang digunakan terlalu panas dan juga terlalu sering akan menjadi penyebab wajah bruntusan, serta kulit kering dengan mudah. Bukan hanya bagian telapak kaki yang bisa kering dan pecah-pecah, tapi tangan dan bagian tubuh lainnya kemungkinan bisa mengalami hal yang sama. Suhu air tidaklah perlu terlalu panas untuk merelaksasikan otot.

     10. Penggunaan sabun tanpa moisturizer

Beberapa sabun mandi tidak memiliki moisturizer yang melembakan kulit, dan hal inilah yang menyebabkan terjadinya kulit kering dan pecah-pecah. Jika kulit mengalami kekeringan dan pecah-pecah, maka otomatis kulit juga akan lebih mudah mengalami pengelupasan. Untuk mengindari hal tersebut, maka sebaiknya kamu memilih sabun yang mengandung moisturizer ya ladies. Pandai-pandailah dalam memilih jenis sabun yang sesuai, dan jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluwarsanya juga ya ladies, agar nantinya tidak berbahaya bagi kesehatan kulit mu.

  1. Faktor usia

Mengelupasnya kulit kaki, bisa terjadi karena banyak hal. Faktir usia, merupakan salah satu faktor yang tidak bisa dihindari lagi untuk mengalami penuaan. Usia kita semakin hari semakin menua ya ladies, dan hal inilah yang menyebabkan terjadinya pengelupasan atau penuaan dini pada kulit. Untuk menghindari adanya gangguan tersebut, sebaiknya kamu menggunakan pelembab kulit dan mengonsumsi vitamin kulit ya ladies.

  1. Kelebihan berat badan

Salah satu penyebab terjadinya pengelupasan pada kaki adalah berat badan yang berlebih. Untuk menghindari adanya kerusakan kulit akibat berat badan, maka sebaiknya kamu mengontrol berat badan mu ya ladies. Jangan sampai kamu memiliki berat yang ekstra, namun olahraga nya sangat kurang. Untuk menghindari berat badan berlebih, kamu harus rajin olahraga dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi ya ladies.

  1. Bertelanjang kaki

Masalah pengelupasan pada kulit memang kerap kali terjadi, namun ada banyak sekali penyebabnya. Salah satu kebiasaan yang menyebabkan pengelupasan pada telapak kaki adalah seringnya bertelanjang kaki. Jika kamu sering sekali berjalan atau berpergian tanpa alas kaki, bisa jadi hal tersebut menyebabkan terjadinya pengelupasan pada kulit kaki mu. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu menggunakan sandal jepit atau sepatu untuk keluar rumah. Karena kamu tidak akan tahu, apa saja kuman dan bakteri yang ada di tanah.

  1. Kekurangan nutrisi

Tahukah kamu, jika kekurangan zat nutrisi dapat menyebabkan terjadinya pengelupasan pada kulit. Pengelupasan ini juga menyebabkan kaki mu mengalami alergi atau inflamasi yang parah serta menjadi penyebab wajah terlihat tua. Oleh karena itu, sebaiknya rutinlah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, misalnya saja makanan yang mengandung zat besi, vitamin A, E, B dan C. Makanan yang mengandung nutrisi tidak harus mahal loh ladies, kamu bisa menemukan makanan jenis ini di pasar tradisional seperti bayam, wortel, tomat, dan bahkan buah-buahan segar.

  1. Terpapar air terus-menerus

Salah satu penyebab mengelupasnya kulit pada kaki adalah terpaparnya kaki dengan air secara teru-menerus. Kaki yang terendam air terus menerus, dapat menyebabkan pengelupasan secara signifikan. Dan oleh sebab itulah jika kamu bekerja di tempat yang memiliki lingkungan basah, maka sebaiknya gunakan sepatu boot dar karet untuk melindungi kaki dari air. Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembab untuk kulit kering dan kusamsetiap hari ya ladies.

  1. Terpapar bahan kimia

Tahukah kamu jika bahan kimia sangat mempengaruhi kesehatan kulit ? Ada banyak sekali jenis bahan kimia yang kamu gunakan setiap hari, dan hal ini tanpa kamu sadari loh ladies. Kamu bisa mengalami kerusakan kulit, kulit lecet, inflamasi dan bahan masalah alergi kulit yang serius. Dan beberapa bahan kimia yang sering digunakan setiap hari adalah sabun mandi, shampo, sabun cuci piring dan yang paling sering menyebabkan alergi kulit adalah deterjen. Deterjen adalah sabun cuci yang paling sering menyebabkan alergi dan kerusakan pada kulit, dan untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan ketika akan mencuci pakaian.  Gunakan sabun yang ramah lingkungan dan memiliki kandungan bahan rendah kimia ya ladies, agar nantinya tidak berbahaya bagi kesehatan kulit mu.

Nah ladies, sekarang sudah tahukan, apa saja yang dapat menyebabkan pengelupasan pada kulit mu. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu melakukan beberapa cara untuk menjaga kesehatan kulit mu. Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk menyehatkan kulit mu adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti bayam, wortel, ikan, daging dan buah-buahan, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin kulit, menggunakan body lotion, body butter dan minum air putih dengan jumlah yang cukup.