Kaki

7 Penyebab Ganti Kulit Pada Telapak Kaki yang Umum Terjadi

Banyak masalah kulit bisa terjadi pada area kaki atau telapak kaki, beberapa lebih umum terjadi daripada yang lainnya. Terkadang bahkan masalah pada kaki ini memiliki gejala yang mirip, yang membuatnya agak sulit dibedakan dan mencari pengobatan  yang tepat. Telapak kaki yang mengelupas adalah penyakit yang sangat terlihat oleh mata dan bisa juga menjadi tanda dari adanya masalah pada kesehatan. Kulit kita berfungsi sebagai pelindung untuk tubuh dan karena itu rentan mengalami iritasi setiap hari dari berbagai sumber yang terpapar. Kulit mempertahankan kandungan air di dalamnya dan membantu membatasi efek dari paparan berbagai elemen seperti angin, matahari, hujan dan sebagainya, juga berbagai patogen dari dalam tubuh. Kaki terutama akan terpapar sebagai subjek dari suhu panas, lembab atau bahkan kekeringan. Jika kulit kaki mengelupas atau ganti kulit, terkadang juga akan disertai oleh berbagai gejala seperti gatal, rasa terbakar atau menyengat, kulit kaki rontok, dan kering atau kemerahan.

Mengapa Kulit Kaki Mengelupas

Penyebab ganti kulit pada telapak kaki bisa berasal dari lingkungan, gaya hidup, infeksi bakteri, atau karena kondisi kulit yang didapatkan secara turun temurun. Beberapa penyebab ganti kulit pada telapak kaki yang bisa dialami adalah berikut ini :

1. Athlete’s Foot /  Tinea Pedis

Athlete’s foot atau tinea pedis adalah infeksi bakteri yang umum terjadi pada kaki atau jari kaki yang menjadi penyebab kulit kaki mengelupas. Lingkungan yang hangat atau lembap dan kamar mandi umum adalah penyebab umum dari tipe infeksi ini. Tinea pedis umum terjadi dengan gejala kemerahan pada kaki, gatal, perubahan kulit kaki, rasa sakit spontan pada kaki dan pengelupasan diantara kulit jari kaki. Gejala yang selalu muncul adalah kemerahan pada kaki, dan gejala yang tidak pernah muncul adalah luka pada kaki, bisa diobati dengan perawatan mandiri di rumah.

2. Sepatu Bertali

Banyak wanita yang suka mengenakan sepatu bertali pada musim panas, tetapi sepatu yang nyaman pun bisa menimbulkan gesekan serius pada kaki. Apapun yang menyebabkan gesekan kulit kaki bisa menimbulkan lecet yang akan mengakibatkan kulit kaki mengelupas. Untuk menghindarinya, gunakan sepatu dalam waktu yang tidak terlalu lama, gunakan bahan alami yang dapat membentuk kaki Anda dan segera setelah terasa lecet maka ganti sepatu Anda. Bahkan tidak hanya sepatu berhak tinggi yang bisa menjadi penyebab ganti kulit pada telapak kaki. Sandal jepit pun bisa menjadi sumber akan ketidak nyamanan pada kaki Anda dan Anda perlu melakukan cara mengatasi kaki pecah – pecah jika dipaksakan menggunakan alas kaki yang tidak nyaman.

3. Keringat

Keringat berlebih dan lingkungan yang lembap seringkali menyebabkan infeksi kaki yang bisa mengarah kepada pengelupasan. Anda mungkin mengalami kaki berkeringat karena berolahraga sehingga menjadi penyebab ganti kulit pada telapak kaki. Melakukan olahraga dengan kaki telanjang atau menggunakan alas kaki di lingkungan lembap bisa juga menjadi penyebab infeksi bakteri atau jamur pada kaki. Anda bisa mencoba cara menghilangkan kaki pecah – pecah dengan listerine.

4. Infeksi Jamur

Penyebab ganti kulit pada telapak kaki yang paling umum terjadi adalah infeksi jamur yang seringkali tidak disadari. Dalam sebagian besar waktu gejalanya hanya tampak seperti kulit mengelupas tanpa rasa gatal sehingga penderita tidak tahu kalau ia mengalami infeksi jamur. Apabila kulit kaki Anda mulai mengelupas secara mendadak, segera periksakan ke dokter sebelum menginfeksi kuku jari kaki Anda yang akan semakin sulit diobati. Gunakan lotion pemutih untuk kaki jika Anda perlu melakukan cara menghilangkan belang di kaki.

5. Terbakar Matahari

Anda mungkin ingat untuk membubuhkan sunscreen pada wajah, punggung dan bahu, tetapi telapak kaki seringkali terlupakan. Paparan sinar matahari mengarah kepada kulit mengelupas dan berbagai hal lainnya karena kaki terpapar sinar UV yang sangat merugikan dan tidak terlindungi, sehingga menjadi kering dan mengelupas. Efek yang sama yang akan terjadi pada bagian kulit lain di seluruh tubuh juga akan dialami oleh kaki Anda. Bisa juga Anda akan perlu melakukan cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan karena terbakar matahari juga.

6. Kurang Kelembapan

Kulit yang sangat kering pada kaki dan jari kaki pada akhirnya bisa mulai mengelupas dan meluruh. Faktor lingkungan seperti cuaca ekstrim dan udara kering bisa memperburuk efeknya pada kulit telapak kaki Anda. Pastikan untuk melembapkan kaki Anda setiap hari dengan lotion, minyak atau krim kaki untuk mencegah kekeringan dan cara menghaluskan telapak kaki atau cara menghaluskan kulit kaki.

7. Eksim

Kondisi kaki yang meradang bisa menyebabkan kekeringan, gatal dan pengelupasan di seluruh tubuh termasuk di telapak kaki yang tampak seperti ruam kemerahan. Penyebabnya adalah kondisi genetik yang mempengaruhi kemampuan kulit untuk melindungi diri dari bakteri dan alergen. Eksim tidak menular tetapi hanya bisa didiagnosa oleh dokter dan hanya dokter kulit yang dapat membantu Anda dengan cara perawatan yang paling baik, juga termasuk menggunakan krim steroid untuk menghilangkan gejala.

Anda bisa mencoba mengatasi penyebab ganti kulit pada telapak kaki dengan cara tradisional di rumah dengan merendam kaki dalam air hangat, memberikan pelembap kaki, menjaga kebersihan kaki dan menjaganya selalu kering, memakai kaus kaki bersih dan sepatu yang bersirkulasi udara baik, juga melindungi kaki di area publik, menggunakan obat yang dijual secara bebas di apotik. Temui dokter apabila pengelupasan kulit pada telapak kaki menjadi semakin parah misalnya disertai dengan rasa sakit, tidak reda setelah beberapa minggu, demam dan gejala tidak biasa lainnya.