12 Manfaat Bio Oil Untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa

Salah satu masalah yang kerap dialami para wanita ketika hamil adalah stretch marks, yang dialami ketika tubuh mengalami perubahan ukuran secara mendadak. Kulit yang diregangkan secara tiba – tiba berpotensi mengalami perobekan pada jaringan kulit atau pecah pembuluh darah di lapisan bawah kulit dan meninggalkan sisa – sisa berupa garis – garis putih di kulit. Stretch marks muncul kapan saja tubuh Anda mengalami perubahan seperti pertambahan berat badan, pubertas, pertambahan massa otot, kehamilan, yang terjadi karena kulit diregangkan terlalu cepat daripada kemampuan tubuh memproduksi kolagen. Jadi, stretch marks pada dasarnya adalah sejenis luka yang terbentuk di bawah permukaan kulit. Pembentukan stretch marks ini juga akan dipengaruhi oleh jenis kulit, ras, usia, diet dan tingkat hidrasi pada kulit. Sifatnya permanen, namun dengan perawatan  yang tepat akan bisa disamarkan untuk cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan.

Mengenai Bio Oil dan Manfaatnya

Bio Oil adalah salah satu produk dengan penjualan terbesar dalam industri perawatan kulit dan telah menjadi terkenal sebagai krim penghilang bekas luka dan penghilang bopeng dengan cepat dalam meminimalkan bekas jerawat serta stretch marks sehingga menjadi favorit para wanita terutama ibu hamil, para remaja yang mengalami bekas jerawat dan orang dewasa lainnya. Bio oil telah terbukti menunjukkan efektivitas tinggi dalam membantu memperbaiki penampilan stretch marks yang akan muncul, mengandung bahan yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kemungkinan pembentukan stretch marks baru.

Seorang ahli kimia dari Jerman bernama Dieter Beier di tahun 1987 memformulasikan Bio Oil yang diproduksi oleh Union Swiss di Afrika Selatan. Hingga saat ini Bio Oil sudah mendapatkan 298 penghargaan internasional, menduduki peringkat pertama di 23 negara untuk produk khusus perawatan bekas luka dan sebagai krim penghilang stretch marks sejak diluncurkan pada 2002 di pasar internasional, dan telah terjual di 86 negara. Keunikan dari produk Bio Oil yang mendasari manfaat bio oil untuk ibu hamil adalah:

  1. Merupakan campuran unik dari minyak yang berasal dari ekstrak tumbuhan alami dan minyak esensial alami untuk membantu regenerasi kulit yang bermasalah.
  2. Mengandung bahan terobosan baru yang disebut PurCellin Oil, yaitu replika dari minyak yang dihasilkan oleh bebek untuk tetap menjaga bulu mereka tahan air. Fungsinya sebagai emolien yang bisa membuat kulit menjadi halus, lembut serta kenyal.
  3. Manfaat bio oil untuk ibu hamil didapatkan dari kandungan minyak calendula, lavender, rosemary dan chamomile.
  4. Teksturnya lebih ringan daripada kebanyakan jenis minyak lainnya karena formula paten tersebut, yang memberikan perasaan kering ketika diaplikasikan sebab cepat menyerap dan tidak membuat kulit berminyak.
  5. Memperbaiki penampilan kulit dan warna yang tidak rata.
  6. Memperbaiki masalah bekas luka lama dan baru, juga memperbaiki stretch marks dan juga bisa menjadi cara menghilangkan selulit di paha.
  7. Mengandung vitamin A untuk memicu pembentukan kolagen baru di kulit dan membantu peremajaan kulit, meningkatkan elastisitas, tekstur dan warna kulit sehingga dalam jumlah sedikit akan aman untuk cara menghilangkan selulit setelah melahirkan.
  8. Mengandung antioksidan yang akan membantu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas berupa kerusakan kulit dan penuaan dini.
  9. Mengandung minyak rosemary yang akan membantu menjaga dan menenangkan kulit, juga berfungsi sebagai antiseptik ringan.
  10. Manfaat bio oil untuk ibu hamil dari minyak lavender berfungsi sebagai penyejuk kulit yang dapat melembutkan dan mengencangkan kulit, juga sebagai antiseptik alami.
  11. Minyak calendula dapat meregenerasi sel kulit dan bisa digunakan untuk merawat kulit sensitif, rusak dan terbakar matahari, mengurangi peradangan, juga iritasi dan ruam ringan.
  12. Kandungan minyak kamomilnya berfungsi sebagai anti peradangan yang memberikan manfaat untuk menenangkan kulit dan bermanfaat untuk kulit sensitif.

Cara Menggunakan Bio Oil  

Bio Oil merupakan obat penghilang flek hitam di wajah di apotik yang dapat digunakan di kulit yang terdapat stretch marks dengan gerakan melingkar sebanyak dua kali sehari selama minimal tiga bulan. Selama kehamilan, manfaat bio oil untuk ibu hamil harus digunakan dari sejak trimester kedua di area yang rentan terkena stretch mark seperti area abdomen, dada, punggung bawah, pinggul, paha dan pantat. Bio Oil telah melewati berbagai tes uji klinis dan dermatologis, jadi para konsumen dapat yakin bahwa produk ini sudah teruji dan terbukti secara klinis untuk secara efektif membantu menghilangkan penampilan bekas luka dan stretch marks. Hasilnya memang akan bervariasi pada setiap orang, tetapi kebanyakan review menyatakan manfaat bio oil untuk ibu hamil mampu bekerja dengan sangat baik untuk memudarkan bekas stretch marks yang ada.

Dalam penggunaan manfaat bio oil untuk ibu hamil ditemukan bahwa ada beberapa bahan yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk digunakan oleh ibu hamil seperti vitamin A dan rosemary. Produk turunan vitamin A seperti retinol dianggap cukup membahayakan janin, sementara untuk rosemary oil disebutkan memiliki kecenderungan untuk merangsang kontraksi pada kandungan. Namun menurut para ahli dari Bio Oil, kedua zat ini kandungannya jauh lebih rendah dan dicampur dengan bahan – bahan lainnya sehingga aman untuk digunakan oleh ibu hamil. Itulah sebabnya untuk tindakan pencegahan, penggunaan Bio Oil direkomendasikan untuk dimulai sejak trimester kedua. Walaupun demikian, dalam menggunakan produk apapun biasakan untuk membaca dan memahami aturan pakai serta kandungan bahannya untuk menghindari terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.