19 Penghilang Bopeng Dengan Cepat di Kulit Wajah

Wanita biasanya memang akan selalu berurusan dengan berbagai masalah kulit karena mereka cenderung lebih menjaga penampilan dan memedulikan kesempurnaan kulit wajahnya. Berbagai masalah pada kulit tentunya sangat mengganggu. Tidak hanya sudah kesulitan menjaga dan mengatasi radang akibat jerawat dan iritasi kulit, bopeng yang dihasilkan setelahnya pun sangat mengganggu kemulusan kulit wajah. Bopeng biasanya disebabkan oleh bekas jerawat lama, bekas cacar, atau infeksi yang mempengaruhi kulit seperti infeksi staph.

Bopeng timbul sebagai hasil ketika suatu penyakit mempengaruhi lapisan dermis pada kulit. Faktor – faktor seperti merokok, warna kulit dan susunan DNA juga bisa mempengaruhi pembentukan bopeng di wajah. Hasilnya bervariasi dari mulai bekas luka dangkal di kulit wajah hingga bopeng berupa bekas luka yang dalam dan berwarna gelap yang tampaknya tidak bisa hilang dengan sendirinya. Bopeng ini tentunya membuat Anda merasa bahwa sepertinya wajah Anda tidak akan pernah kembali mulus seperti semula.

Menghilangkan Bopeng di Wajah Secara Alami

Penghilang bopeng dengan cepat bisa dilakukan dengan menggunakan cara alami dan bahan – bahan seperti berikut:

1. Cocoa Butter

Gunakan cocoa butter untuk memijat area kulit yang terdapat bopeng setiap hari. Cara ini dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi penampakan bekas luka yang dalam, karena itu juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka lama. Cocoa butter mempunyai khasiat untuk memperkuat lapisan kulit dan mengembalikan elastisitasnya, juga sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah.

2. Madu, lemon dan es batu

Campuran manfaat madu untuk kulit, air perasan lemon dan es batu juga dapat berkhasiat untuk menghilangkan bopeng dari wajah. Ada manfaat mencuci muka dengan air es dan juga manfaat es batu untuk alis. Cara menggunakan ketiga bahan ini yaitu:

  • Siapkan dua sendok teh madu, dua sendok teh air lemon dan beberapa es batu yang dihancurkan.
  • Campur semua bahan dan aduk hingga mengental.
  • Gunakan pada wajah yang berbopeng dan biarkan selama 20 menit.
  • Bilas wajah dengan air dingin setelahnya.
  • Gunakan lapisan ini setiap hari atau tiga kali seminggu selama beberapa bulan.
  • Waspadalah pada efek samping lemon untuk wajah yaitu iritasi, karena itu jangan menggunakan lemon melebihi anjuran dosisnya.

3. Lidah Buaya

Tanaman ini sekarang kerap digunakan sebagai bahan dalam krim perawatan kulit. Namun tentunya akan lebih efektif jika menggunakan gel lidah buaya dalam bentuk aslinya. Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah dan manfaat lidah buaya untuk kecantikan adalah untuk merangsang pertumbuhan kulit dan mengurangi peradangan.

4. Vitamin E

Manfaat vitamin E untuk kulit dan manfaat vitamin E bagi wajah bisa digunakan untuk menghilangkan bopeng. Kapsul vitamin E bisa digunakan sebagai penghilang bopeng dengan cepat. Anda cukup membuka beberapa kapsul vitamin E dan tambahkan minyak jojoba secukupnya. Oleskan perlahan pada kulit wajah secara teratur. Minyak vitamin E akan membantu mengurangi bopeng di wajah tanpa adanya efek samping. Anda juga bisa menggunakan minyak almond sebagai pengganti minyak jojoba.

5. Nanas

Cara membuat masker alami dari buah antara lain dengan menggunakan nanas sebagai cara menghilangkan tahi lalat dan sebagai bahan alami penghilang bopeng dengan cepat.

  • Siapkan buah nanas secukupnya dan parut.
  • Gunakan nanas parut sebagai masker wajah.
  • Biarkan mengering selama 20 hingga 30 menit
  • Bilas dengan air dingin.
  • Lakukan dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Mentimun dan Tomat

Bahan alami penghilang bopeng dengan cepat adalah menggunakan manfaat mentimun untuk wajah dan manfaat tomat untuk wajah yang juga efektif menghilangkan bopeng bekas jerawat. Cara membuatnya yaitu:

  • Siapkan mentimun dan tomat secukupnya
  • Cuci bersih mentimun dan tomat, kupas kulit mentimun lalu potong – potong keduanya.
  • Hancurkan kedua bahan dan aduk hingga tercampur merata.
  • Gunakan pada wajah dan biarkan meresap hingga 20 menit.
  • Bersihkan wajah setelahnya.

7. Jagung Muda

Jagung muda mengandung vitamin E yang mempunyai manfaat terhadap regenerasi kulit. Anda dapat menggunakan jagung muda sebagai masker wajah. Selain itu, jagung muda juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan stretchmark setelah melahirkan dan juga sebagai campuran dalam cara membuat lulur kopi. Cara membuat masker wajah dari jagung muda yaitu:

  • Siapkan jagung muda secukupnya lalu parut.
  • Balurkan jagung muda pada kulit wajah Anda dan biarkan mengering selama beberapa waktu.
  • Bersihkan wajah dengan air setelahnya.
  • Masker wajah ini paling baik digunakan saat malam hari secara teratur.

8. Baking Soda

Baking soda sering digunakan dalam cara menghilangkan keloid dan cara menghilangkan bekas luka. Cara membuat ramuan baking soda sebagai penghilang bopeng dengan cepat yaitu:

  • Siapkan satu sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air.
  • Campur baking soda dan air hingga merata.
  • Gunakan campuran tersebut pada bopeng di kulit wajah dan biarkan selaama beberapa menit.
  • Bilas wajah dengan air bersih.
  • Ulangi perawatan ini sekali sebulan untuk meminimalkan bopeng di wajah.

Menghilangkan Bopeng di Wajah Dengan Krim

Selain menggunakan bahan – bahan alami, berikut ini adalah beberapa krim penghilang bopeng dengan cepat yang dapat digunakan dan terdapat di apotik serta toko obat:

1. Mederma Gel

Obat ini sebenarnya merupakan krim penghilang jerawat yang sering direkomendasikan oleh dokter spesialis kulit. Gel ini akan membantu peremajaan kulit dan juga menghilangkan bopeng yang sudah lama dan baru, juga mempunyai kandungan SPF 30 untuk melindungi wajah dari sinar matahari.

2. Dermatix Ultra Gel

Obat ini berbentuk gel yang mengandung formula khusus untuk mengurangi tanda serta bekas abnormal pada jaringan kulit. Selain itu, dermatix juga dapat mengobati luka bakar, luka koreng dan keloid. Pemakaian dermatix bisa digunakan sekali atau dua kali sehari tipis – tipis pada bekas jerawat, dan akan terlihat setelah pemakaian selama tiga bulan pertama.

3. Kelo-Cote Scar Gel

Obat penghilang bopeng ini adalah gel yang mengandung silikon berbentuk transparan dan mudah kering. Gel ini sangat cocok bagi pengguna yang sering bermasalah dengan bekas jerawat dan bopeng yang berwarna kehitaman.

4. Bio Oil

Produk ini merupakan produk yang hypoallergenic sehingga aman untuk digunakan pada orang yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif dan berfungsi untuk meratakan warna kulit pada bekas jerawat, melembutkan serta menghaluskan kulit. Formulanya berasal dari tanaman kalendula, lavender, rosemary dan comile.

Menghilangkan Bopeng di Wajah Secara Medis

Kemajuan teknologi sekarang yang semakin canggih juga memungkinkan menjadi salah satu alternatif penghilang bopeng dengan cepat. Untuk mencoba teknologi ini tentunya tidak akan membutuhkan sedikit biaya, namun ini adalah beberapa cara yang mungkin bisa Anda pertimbangkan:

1. Platelet Rich Plasma (PRP)

Konsep dari PRP ini adalah pengambilan darah pasien yang digunakan untuk mengobati masalah kulitnya sendiri. PRP sendiri adalah plasma darah yang kaya akan kandungan trombosit didalamnya. Darah pasien ini kemudian dimasukkan ke dalam alat Centrifuge yang akan memisahkan platelet rich plasma, platelet poor plasma dan sel darah merah. Setelah itu, darah disuntikkan kembali ke dalam tubuh pasien. Perlu diperhatikan bahwa teknik ini harus dilakukan oleh ahli kecantikan yang sangat kompeten dan berpengalaman. Orang yang sedang menderita penyakit infeksi parah, penyakit hemodinamik dan penyakit hati kronis sebaiknya tidak melakukan tindakan ini.

2. Injeksi Filler

Injeksi filler adalah tindakan yang dilakukan untuk meratakan cekungan bopeng bekas jerawat agar kulit bekas bopeng menjadi rata dengan bagian kulit wajah lainnya. Caranya yaitu dengan menyuntik cekungan untuk mengisi bekas jerawat atau bopeng tersebut sehingga area kulit bekas bopeng menjadi rata kembali. Hasilnya bisa bervariasi mulai dari enam bulan hingga tidak terhitung, tergantung dari macam filler yang digunakan.

3. Mikrodermabrasi

Metode mikrodermabrasi juga dapat digunakan untuk menyamarkan bopeng parah di kulit wajah dan menggunakan alat khusus. Anda tidak bisa menggunakan cara ini jika wajah sedang berjerawat. Metode ini sering menjadi pilihan banyak wanita karena mudah dan cepat dikerjakan serta tidak menimbulkan rasa sakit.

4. Laser

Metode laser bisa terbagi menjadi dua macam yaitu:

  • Laser Ablatif – Yaitu metode yang langsung menembakkan laser kepada kulit yang bopeng untuk meratakan area kulit di sekitarnya dengan menghilangkan lapisan kulit. Waktu pemulihan setelah melakukan metode laser ini sekitar satu hingga dua minggu, namun hasilnya akan bertahan selama bertahun – tahun walaupun tanpa perawatan tambahan.
  • Laser Non Ablatif – Metode laser yang dilakukan untuk merangsang kulit agar bisa meningkatkan produksi kolagen. Jika menggunakan metode ini, Anda dapat langsung melakukan aktivitas seperti biasa selama tidak ada komplikasi yang terjadi. Efeknya akan terlihat secara bertahap, namun tidak akan bertahan selama terapi laser ablatif. Ada pula resiko efek sampingnya seperti bekas luka baru, lecet, kemerahan, dan noda hitam.

5. Chemical Peeling

Prosedur chemical peeling dilakukan dengan mengaplikasikan lapisan asam atau bahan kimiayang akan mengelupas lapisan terluar kulit agar kulit baru bisa beregenerasi. Jenis dan jumlah asam yang digunakan tergantung kepada jumlah lapisan kulit yang harus dihilangkan. Chemical peeling ini juga dapat menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah.

6. Microneedling

Disebut juga dengan terapi induksi kolagen, ini adalah jenis perawatan yang melibatkan jarum untuk menusuk kulit Anda. Konsepnya adalah ketika bopeng sudah sembuh, kulit akan memproduksi kolagen untuk mengisinya secara alami dan mengurangi bopeng. Efek sampingnya seperti memar, bengkak dan infeksi.

7. Punch Excision

Dengan metode ini, ahli kecantikan atau dokter kulit Anda akan menghilangkan bopeng dengan alat yang disebut punch. Alat ini sendiri didesain berukuran lebih besar dari bopeng yang akan dihilangkan. Walaupun metode ini akan menghilangkan bopeng, namun akan meninggalkan luka di permukaan kulit yang lebih ringan.

Mencari cara untuk penghilang bopeng dengan cepat akan menjadi hal yang agak rumit dan memerlukan banyak usaha, namun dengan kesabaran Anda dan rutinitas perawatan kecantikan yang telaten maka hal itu tidak akan menjadi usaha yang mustahil untuk mendapatkan kembali kulit wajah yang mulus milik Anda. Pada intinya, tidak ada orang yang bisa memiliki kulit mulus seratus persen, jadi sebaiknya tidak terlalu mempermasalahkan apabila wajah Anda tidak terlihat terlalu sempurna. Yang penting untuk dilakukan adalah tetap menjaga proses perawatan wajah yang biasa dilakukan untuk mempertahankan kondisi kulit wajah kita.