16 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Dengan Bahan Alami

Ketika kulit menjadi rusak, bekas luka terbentuk sebagai bagian dari proses alami untuk menuju penyembuhan. Bekas luka timbul karena berbagai situasi yang berbeda, termasuk penyakit, kecelakaan dan operasi. Biasanya bekas luka lama akan hilang seiring waktu dan meminimalkan penampilan kulit yang tidak sempurna. Walaupun demikian, ketika bekas luka masih tampak sangat jelas, bekas luka bisa muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk yang menodai kemulusan kulit dan bukanlah sesuatu yang ingin kita tunjukkan.

Bekas luka terkadang menjadi sesuatu bagian dari tubuh kita yang memalukan, khususnya jika terletak di area yang sangat mudah dilihat seperti wajah, tangan atau kaki. Memang cara menghilangkan bekas luka lama sepenuhnya dapat menjadi sulit, namun Anda bisa melakukan sesuatu untuk mengurangi penampakannya pada kulit walaupun memerlukan waktu, kesabaran dan dedikasi, karena proses menghilangkan bekas luka sejatinya memang tidak mudah walaupun menggunakan cara yang paling canggih sekalipun.

Menghilangkan Bekas Luka Lama dengan Bahan Alami

Saat ini dunia kedokteran sudah semakin canggih dan pastinya akan ada banyak alternatif untuk menghilangkan bekas luka secara medis, namun seperti kita ketahui biayanya pasti akan lumayan mahal. Bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan banyak biaya untuk melakukan cara menghilangkan bekas luka lama, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan:

1. Lemon

Mengandung fungsi AHA atau alpha hydroxy acids untuk kulit dan manfaat AHA untuk kulit yang bisa membantu menghilangkan sel kulit mati, membantu pertumbuhan sel kulit baru, dan dan mengembalikan elastisitas kulit. Sebagai pemutih kulit alami, lemon dapat membantu mencerahkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka lama yaitu:

  • Pastikan bekas luka dan area sekelilingnya bersih dari kotoran
  • Peras lemon dan tuang ke kapas
  • Usapkan kapas ke area kulit yang terdapat bekas luka
  • Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas

Air perasan lemon membuat kulit menjadi sensitif kepada sinar marahari, jadi pertimbangkan untuk menggunakan tabir surya kapan saja Anda perlu pergi keluar ruangan setelah melakukan perawatan dengan lemon, namun jangan langsung beraktivitas di bawah sinar matahari tepat setelah menggunakan lemon untuk bekas luka terutama pada wajah.

2. Madu

Cara menggunakan madu untuk kecantikan tidak dapat disangkal lagi keampuhannya. Madu mentah dapat digunakan juga untuk memudarkan bekas luka. Madu adalah pelembab alami, bisa efektif sebagai perawatan luka dan bekas luka serta merangsang regenerasi jaringan kulit.

  • Campur dua sendok makan madu murni dan dua sendok makan baking soda
  • Oleskan pada bekas luka yang ingin dihilangkan
  • Pijat selama sekitar 3 menit
  • Tempatkan lap handuk panas di area sekitar bekas luka
  • Ketika lap sudah mendingin, gunakan untuk membersihkan bekas madu hingga bersih

3. Bawang Merah

Bawang merah memiliki anti inflamasi yang bisa menghambat produksi kolagen pada bekas luka dan membuatnya menjadi kurang terlihat jelas. Proses menggunakan bawang merah biasanya terjadi agak lama dan panjang untuk menampakkan hasilnya. Bawang merah dapat menjadi cara menghilangkan keloid atau cara menghilangkan keloid secara alami dan secara cepat.

4. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit berasal dari kandungan anti inflamasinya yang akan membantu mengurangi iritasi kulit dan membantu menghilangkan sel kulit mati dari luka dan bekas luka. Lidah buaya bisa membantu meredakan pembengkakan, membantu perbaikan sel kulit yang rusak, dan membentengi sel kulit baru yang sedang tumbuh. Cara menghilangkan bekas luka lama dengan lidah buaya adalah:

  • Potong tanaman lidah buaya secukupnya, cuci bersih dan ambil gelnya.
  • Oleskan gel ke bekas luka dan biarkan beberapa menit.
  • Bilas kulit sampai bersih.

5. Amla

Indian Gooseberry atau amla adalah sumber vitamin C yang besar dan paling efektif apabila diaplikasikan pada luka yang baru saja sembuh untuk mencegah pembentukan jaringan parut.

  • Siapkan amla bubuk secukupnya, campur dengan air atau minyak zaitun.
  • Aduk hingga menjadi seperti pasta dan oleskan pada bekas luka
  • Pijat perlahan, biarkan beberapa menit dan bilas.
  • Cara merawat wajah sensitif juga bisa dilakukan dengan amla.

6. Mentimun 

Mentimun adalah sayuran yang dikenal umum memiliki manfaat mentimun untuk wajah yang dapat membuat kulit menjadi semakin lembut dan kenyal, cara mengatasi kulit mengelupas juga tidak terlalu bersifat asam dan kecil kemungkinan menyebabkan iritasi kulit.

  • Siapkan satu butir mentimun, cuci dan kupas kulitnya lalu buang bijinya.
  • Potong – potong dan masukkan ke dalam blender
  • Campurkan 4-5 daun mint ke dalamnya dan satu putih telur yang dikocok
  • Aduk semua bahan sampai merata dan gunakan pasta pada bekas luka
  • Biarkan pada bekas luka sekitar 20 menit
  • Bilas dengan air dingin, lakukan secara teratur. 

7. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan alami yang sangat menakjubkan untuk menyembuhkan bekas luka dan juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutil. Minyak ini sangat efektif karena memiliki manfaat antiseptik, antibakteri, anti jamur dan juga anti virus. Menggunakan tea tree oil perlahan akan mengurangi bekas luka. Cara menggunakannya cukup dengan mengambil dua atau tiga tetes minyak dan dicampur dengan minyak kelapa. Gosokkan pada area bekas luka dua kali sehari. Ingatlah untuk tidak menggunakan tea tree oil tanpa campuran karena bisa menimbulkan reaksi alergi, dan selalu lakukan tes alergi sebelumnya.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang bagus untuk cara menghilangkan bekas luka lama dan juga cara menghilangkan kerutan di wajah dengan minyak zaitun. Minyak ini kaya akan vitamin E dan bisa menjaga kulit tetap lembut dan lembab. Anda dapat menggunakan manfaat extra virgin olive oil untuk kecantikan yang dapat menghilangkan bekas luka dengan cara berikut:

  • Hangatkan sedikit minyak zaitun di panci dan biarkan agak dingin. Ketika sudah hangat, oleskan pada area bekas luka sambil dipijat perlahan dengan gerakan melingkar. Tunggu 30 menit lalu usap dengan lap basah. Anda juga bisa membiarkan minyak zaitun di kulit semalaman.
  • Campur sedikit minyak lavender dan minyak zaitun, oleskan pada bekas luka dan pijat perlahan selama beberapa menit. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

9. Cocoa Butter

Cocoa butter adalah pelembab alami yang dapat menyembuhkan semua jenis bekas luka. Cocoa butter bisa menembus ke dalam kulit dan membuat area kulit menjadi lembab lebih lama. Kandungan vitamin E dalam cocoa butter akan memungkinkan perbaikan kulit dan juga menjadi tips menghilangkan bibir hitam.

  • Oleskan cocoa butter pada bekas luka dan pijat perlahan dengan gerakan melingkar.
  • Biarkan semalaman dan bilas dengan air hangat keesokan paginya.
  • Ulangi setiap hari sampai bekas luka memudar.

10. Minyak Biji Bunga Mawar

Minyak esensial ini adalah minyak yang mampu memberikan manfaat menghilangkan bekas luka dan menjadi cara memerahkan bibir dengan sangat efektif. Anda hanya perlu memijat area di sekitar bekas luka dengan beberapa tetes minyak ini dua kali sehari untuk memberikan efek yang positif.

11. Cuka Apel

Cuka apel adalah desinfektan alami yang akan membuatnya menjadi bahan antiseptik yang sangat efektif untuk mengobati jerawat . Dan karena cuka apel dapat membantu menghilangkan sel kulit mati, maka besar kemungkinan akan dapat menghilangkan bekas jerawat juga. Cuka apel juga dapat menjadi cara menghilangkan varises secara alami.

  • Campur cuka apel dengan madu dalam jumlah yang secukupnya.
  • Cairkan dulu cuka apel dengan air agar tidak terlalu keras untuk kulit.
  • Gunakan kapas untuk mengaplikasikannya pada area kulit yang terdapat bekas luka
  • Biarkan sekitar 10 menit, lalu bilas.
  • Anda bisa melakukan perawatan dengan cuka apel hingga tiga kali sehari .

12. Minyak Emu

Emu adalah binatang yang berasal dari Australia dan masih berkerabat dengan burung unta atau ostrich. Minyak Emu datang dari lemak yang ada di tulang belakang burung emu, dan kaya akan asam lemak omega seperti omega 9 dan omega 6 dan juga omega 3 yang akan membantu Anda mendapatkan kulit yang segar dan berkilau. Minyak emu mampu menembus ke dalam tubuh dan dengan demikian melembabkan, juga mengobati inflamasi dari bekas luka di kulit. 

13. Shea Butter dan Minyak Kelapa

Jika Anda mempunyai pengalaman dengan luka seperti luka terpotong, laserasi atau luka terbakar, jaga agar area sekitarnya tetap lembab dan tertutup selama proses penyembuhannya. Shea butter banyak terkandung di dalam krim penghilang stretch mark dan cara menghilangkan noda hitam di wajah.  Menggunakan shea butter dan minyak kelapa di sekitar luka akan membantu mencegah luka menjadi semakin dalam, gatal atau melebar. Kandungan asam lemak omega 3 dan antioksidan pada shea butter dan minyak kelapa bisa menghambat pembentukan keloid dan jaringan parut. Anteda cukup mengoleskan shea butter atau minyak kelapa dua hingga tiga kali seminggu di sekitar area luka.

14. Cendana

Cendana adalah bahan yang dapat meremajakan kulit dengan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dan menenangkan kulit yang juga dapat menghilangkan semua tipe bekas luka. Cara menggunakan cendana untuk cara menghilangkan bekas luka lama yaitu:

  • Campur jumlah minyak cendana dan minyak esensial lainnya pilihan Anda
  • Gunakan kapas untuk mengoleskannya pada bekas luka.
  • Biarkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan ini dua kali sehari.

15. Almond

Almond putih dikenal luas untuk cara mencegah penuaan dini dan tips mencegah penuaan dini dan juga dapat menjadi cara menghilangkan bekas luka lama. Cara menggunakan almond yaitu:

  • Randam dua atau tiga butir almond di dalam air atau air mawar semalaman.
  • Kupas dan hancurkan sampai menjadi pasta.
  • Oleskan almond pada bekas luka, biarkan beberapa menit.
  • Bilas bekas luka setelahnya.

16. Kentang

Kentang lebih dikenal dengan cara memutihkan wajah secara alami. Cara menghilangkan bekas luka lama atau cara memudarkannya bisa dilakukan secara bertahap dengan bantuan kentang. Cara menggunakan kentang untuk bekas luka lama yaitu:

  • Kupas kentang secukupnya dan cuci bersih.
  • Potong tipis dan gosokkan pada bagian kulit yang bermasalah.
  • Biarkan beberapa menit lalu bilas dengan air.

Selain beberapa bahan alami yang baru saja dibahas, Anda dapat melakukan cara menghilangkan bekas luka lama dengan menggunakan bahan  – bahan alami lain yang tidak terhitung banyaknya. Dengan berbagai alternatif yang ada, Anda bisa berhenti menyembunyikan bekas luka di kulit dan tampil percaya diri dengan kulit yang kembali mulus seperti dulu sebelum mengalami luka yang bekasnya sulit dihilangkan.