17 Cara Mengatasi Ganti Kulit Pada Telapak Tangan dengan Cepat

Kulit adalah organ terbesar di tubuh kita dan berjumlah sebanyak 16 persen  dari berat badan seseorang, dan juga memiliki beberapa peranan vital termasuk berfungsi sebagai pelindung antara lingkungan luar dan juga lingkungan yang ada di dalam tubuh. Karakteristik kulit akan bervariasi berdasarkan fungsi dan lokasinya. Tangan kita adalah bagian tubuh yang sangat aktif, digunakan untuk berbagai hal mulai dari sekedar menggaruk hingga melakukan berbagai aktivitas sehari – hari.

Karena itulah masalah kulit pada tangan juga bukan menjadi suatu peristiwa yang langka untuk dialami. Kulit yang mengelupas adalah peristiwa kehilangan atau kerontokan lapisan terluar kulit dan merupakan suatu proses alami, karena lapisan terluar kulit pada tangan atau telapak tangan langsung terekspos pada berbagai bahan yang bersifat keras di lingkungan kita dan juga kulit memang akan mengelupas secara alami setelah beberapa waktu. Kulit yang mengelupas secara alami akan digantikan oleh lapisan baru kulit lainnya.

Penyebab Kulit Mengelupas

Kekeringan kulit yang parah, udara dingin, ruam atau kulit yang terbakar matahari sering menyebabkan kulit mengelupas. Berikut ini beberapa faktor lain yang dapat membuat kulit tangan mengelupas dan harus dilakukan cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan:

  • Keringat berlebih

Kondisi ini disebut hiperhidrosis akan membuat Anda berkeringat bahkan melalui pakaian Anda dan tangan Anda. Tanpa penguapan yang layak, telapak tangan akan menjadi lembab dan mengelupas. Biarkan sirkulasi udara melewati tangan dan jari – jari Anda untuk cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan.

  • Kulit kering

Kulit yang kering, tampak ada garis halus dan retakan yang berdarah, terasa kencang dan kasar, maka Anda perlu mencari penyebab kulit tangan kering tersebut. Menggunakan pelembab yang berbahan alami dan tidak mengandung pewangi buatan serta menggunakan sarung tangan ketika mencuci piring untuk cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan.

  • Infeksi jamur

Kurap dianggap sebagai salah satu infeksi jamur yang mempengaruhi permukaan kulit. Jamur dapat menyebabkan infeksi pada berbagai bagian tubuh, termasuk telapak tangan bahkan kurap sering kali disalahartikan sebagai eksim jadi sangat penting untuk menemui dermatologis atau dokter yang bisa memberikan diagnosa dan perawatan yang tepat.

  • Kawasaki disease

Kondisi kesehatan ini mempengaruhi anak – anak khususnya yang berusia diatas 2 dan 5 tahun. Para ahli tidak tahu secara pasti mengenai penyebab pastinya penyakit ini namun sebagian gejalanya termasuk pengelupasan kulit pada tangan dan kaki, demam tinggi, bengkak dan kelenjar yang membesar,diare dan muntah.

  • Dermatitis

Dermatitis tangan bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti genetika, cedera, alergi dan iritasi. Pada sebagian besar kasus, disebabkan karena tangan bekerja terus menerus sebagai hasil dari tuntutan pekerjaan dan industri yang dilakukan sehari – hari.

Merawat Kulit Telapak Tangan yang Mengelupas

Masalah kulit telapak tangan yang mengelupas ini dapat membaik dengan cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan menggunakan bahan – bahan alami sebagai berikut:

1. Susu dan Madu

Untuk ramuan ini Anda perlu menggunakan susu dengan kadar lemak tinggi. Siapkan dua sendok makan susu dan tambahkan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke kulit dan pijat perlahan. Hal ini akan memungkinkan kulit untuk menahan kelembaban. Anda juga dapat merendam jari ke dalam larutan susu hangat selama 10-15 menit setiap hari dan bilas menggunakan air biasa. Cara menghilangkan keriput di tangan dan mengatasi penyebab kulit tangan keriput dapat dilakukan dengan campuran kedua bahan ini.

2. Pisang

Buatlah campuran dari sebuah pisang matang dan tambahkan krim asam secukupnya, sejumput gula bubuk dan satu sendok minyak zaitun. Campur semua bahan hingga merata dan oleskan pada kulit tangan yang mengelupas. Ini adalah ramuan alami yang bagus untuk cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan, cara meratakan warna kulit tangan dan cara memutihkan tangan secara alami.

3. Mentimun

Parut mentimun secukupnya setelah dicuci bersih, oleskan pada area telapak tangan yang mengelupas dan biarkan selama 15-20 menit. Mentimun diketahui dapat menjadi bahan alami yang sangat efektif khususnya untuk kulit wajah. Penggunaan secara teratur akan mencegah kulit tangan menjadi kering. Anda juga bisa mencoba cara memutihkan tangan dengan tepung beras dan cara memutihkan tangan dengan susu dancow.

4. Daun Mint

Gunakan sari daun mint segar setiap malam kepada telapak tangan yang mengelupas. Cara ini juga dianggap baik untuk menyembuhkan kulit yang mengelupas dan juga mencegah kulit menjadi kering, cara menghaluskan telapak tangan dan cara mengatasi kulit mengelupas di tangan.

5. Cuka Apel

Buatlah ramuan dengan mencampur satu cangkir cuka apel dan dua perempat air lalu rendam tangan dan jari Anda dalam larutan ini selama 10-15 menit. Keringkan tangan Anda dan oleskan sedikit minyak lavender pada telapak tangan yang mengelupas. Bahan rumahan ini juga dianggap sangat baik untuk cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan dan cara menghilangkan belang di tangan serta cara memutihkan tangan.

6. Lidah Buaya

Untuk cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan berikutnya Anda dapat mengoleskan lidah buaya pada area yang mengelupas. Khasiat menenangkan dan mendinginkan kulit dari lidah buaya akan membantu mengurangi peradangan sebagaimana menghilangkan masalah kulit yang mengelupas. Ada pula cara memutihkan tangan dengan belimbing wuluh dan cara memutihkan kulit tangan dan kaki dengan beras yang bisa Anda coba untuk membuat kulit tangan tampak lebih putih.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun diketahui mengandung omega 3 dan asam lemak lainnya yang penting untuk kulit sebagaimana keseluruhan sistem tubuh juga. Anda dapat mengaplikasikan minyak zaitun pada area yang mengelupas dan pijat perlahan selama 3-5 menit dan biarkan meresap selama 15-20 menit.

8. Minyak Almond

Menggunakan minyak almong pada area tangan yang mengelupas akan memberikan hasil yang cepat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pijat area telapak tangan setidaknya dua kali dalam sehari menggunakan minyak almond. Minyak almond juga dapat menjadi cara memutihkan kulit tangan dan kaki dalam waktu 1 minggu serta cara melembutkan telapak tangan yang kasar.

9. Kapsul Vitamin E

Minyak vitamin E juga dianggap sangat efektif untuk mencegah kekeringan kulit dan peluruhan kulit. Pecahkan satu kapsul vitamin E dan oleskan cairan di dalamnya pada kulit telapak tangan yang mengelupas. Jika area yang mengelupas terlalu lebar, Anda dapat menggunakan lotion yang mengandung vitamin E sebagai bahan utamanya dan memijat telapak perlahan untuk mengatasi masalah kulit yang mengelupas.

10. Air Hangat

Ini adalah cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan yang paling mudah dan umum untuk  dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan sebaskom air hangat untuk merendam telapak tangan Anda. Rendam selama 10-15 menit lalu keringkan. Cara ini akan mengurangi pengelupasan dan kulit menjadi lebih lembut. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab tangan setelah melakukan cara ini. Tidak hanya untuk meredakan kulit mengelupas di telapak tangan, Anda juga dapat mencoba manfaat air hangat untuk wajah berminyak dan manfaat cuci muka pakai air hangat sebelum tidur.

11. Oatmeal

Cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan berikut ini dapat Anda coba di rumah dengan mudah. Siapkan sejumlah oatmeal dalam mangkuk yang cukup besar untuk merendam tangan Anda. Tambahkan air hangat ke dalamnya lalu rendam telapak tangan selama 15 menit lalu bersihkan. Anda dapat melakukannya setiap hari, namun apabila kulit tangan Anda mengelupas parah sebaiknya tidak menggunakan oatmeal, sebab akan memperparah kondisi kulit tangan Anda. Manfaat oatmeal untuk eksfoliasi kulit dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di tangan dengan menghilangkan lapisan kulit yang terdapat bekas luka.

12. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah ramuan yang bagus untuk berbagai masalah kulit termasuk kulit yang mengelupas. Cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan dengan minyak kelapa juga selalu menjaga kulit tetap lembab dan lembut. Minyak kelapa mengandung rantai medium asam lemak yang dapat menembus pada kulit sesegera mungkin setelah digunakan dan karena itu dapat melawan kekeringan, kulit gatal dan mengelupas, melawan infeksi kulit karena memiliki manfaat anti jamur dan anti bakteri juga. Oleskan minyak kelapa pada telapak tangan Anda dan ujung jari beberapa kali dalam sehari. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari.

13. Madu

Madu mengandung khasiat menyembuhkan yang membantu menenangkan dan melindungi kulit yang mengelupas. Madu merupakan anti bakteri alami yang dapat mencegah infeksi.

  • Gosokkan madu murni pada kulit telapak tangan. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.
  • Siapkan campuran madu dan minyak zaitun secukupnya, lalu aplikasikan pada kulit untuk menjaganya tetap lembut dan halus.

14. Cendana

Siapkan dua sendok makan bubuk cendana, tiga sendok makan air mawar dan sejumlah madu dalam satu mangkuk. Gunakan pada telapak tangan yang mengelupas dan biarkan selama 20 menit. Bersihkan dengan sabun yang berbahan ringan. Cendana dapat menjadi cara menghilangkan keloid secara alami dan secara cepat serta cara menghilangkan bekas luka yang efektif.

15. Minyak Wijen

Minyak wijen atau minyak gandum dapat dioleskan pada area kulit yang mengelupas setelah sebelumnya dibersihkan dengan air. Pijat area yang mengelupas dengan lembut. Minyak wijen dan minyak gandum mengandung tocopherol, tocotrienol, dan vitamin E yang dapat memberi kelembaban pada permukaan kulit. Biarkan minyak pada telapak tangan hingga selama satu jam, lalu bersihkan dengan air.

16. Teh

Di dalam teh mengandung zat katekin asam tanat yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit. Gunakan kantong teh basah pada permukaan kulit telapak tangan yang mengelupas hingga memasuki pori – pori kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Teh juga dapat menjadi cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari.

17. Telur, madu dan almond

Campurkan satu sendok teh madu, satu buah almond yang sudah dihancurkan, dan kuning telur. Gosok campuran ini pada tangan selama 10 menit lalu diamkan selama 20 menit. Bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

Cara mengatasi ganti kulit pada telapak tangan bisa dilakukan dengan melakukan berbagai perawatan alami ini, namun Anda juga perlu melakukan berbagai cara lain untuk memelihara kondisi kulit Anda. Antara lain dengan mengonsumsi vitamin A, B, C, zat besi , mineral dan asam lemak esensial. Juga menjaga menu makanan dengan mengonsumsi wortel, mentega, telur, daging, keju, hati dan sereal, kacang – kacangan, dan menjaga kelembaban telapak tangan setiap harinya dengan membubuhkan pelembab atau lotion khusus kulit tangan.