12 Cara Agar Wajah Tidak Kusam Saat Beraktivitas Sepanjang Hari

Penampilan menjadi nomor satu untuk beberapa orang. Mereka akan menjaga dan memperhatikan penampilannya agar terlihat menarik. Bahkan, tak segan-segan melakukan perawatan di salon untuk mendapatkan penampilan seperti yang diinginkan agar rasa percaya diri semakin meningkat.

Hanya saja, beberapa masalah terkadang mengganggu penampilan, seperti misalkan wajah berminyak dan kusam. Wajah kusam dan berminyak tentu akan membuat anda merasa tidak percaya diri bukan? Kemungkinan wajah kusam akan terjadi saat anda melakukan aktivitas. Segala macam kotoran,  serta minyak yang menempel pada wajah akan menghilangkan kesegaran wajah anda. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah wajah kusam saat beraktivitas dan cara merawat wajah agar tidak kusam. Penasaran apa saja cara agar wajah tidak kusam saat beraktivitas? Untuk mengetahuinya anda bisa langsung simak pada pembahasan di bawah ini.

1. Mencuci Wajah

Cara perawatan wajah sehari-hari yang bisa anda lakukan agar wajah tidak kusam yaitu dengan  sering mencuci wajah.  Sering mencuci wajah akan menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel pada wajah sehingga kulit wajah anda akan terlihat bersih dan segar.

2. Tidur yang Cukup

Agar  wajah tetap segar  sepanjang hari, termasuk saat  beraktivitas maka penting untuk memenuhi waktu tidur anda. Normalnya waktu tidur yaitu 7 sampai 8 jam setiap harinya. Saat anda tidur atau beristirahat,  maka tubuh akan bekerja untuk merilekskan otot dan otak anda akan refresh. Dan tahukah anda? Jika anda kurang tidur maka akan berpengaruh pada kesehatan wajah  anda. Anda dapat menjaga kesehatan wajah dengan memenuhi  waktu tidur.

3. Melakukan Olahraga Teratur

Khasiat olahraga tentu tidak bisa diragukan lagi untuk kesehatan dan kecantikan. Olahraga akan mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Jika anda rutin melakukan olahraga, maka kadar minyak yang berlebih pada wajah akan menjadi stabil sebab pH kulit wajah akan menjadi seimbang.

4. Minum Air yang Cukup

Mencukupi kebutuhan cairan dalam setiap harinya sangat penting.  Selain bermanfaat untuk kesehatan, minum yang cukup akan menjadikan kulit segar dan bebas dari kusam.

5. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Menjaga pola makan yang sehat tentu akan berdampak pada kesehatan kulit. Agar kulit tetap sehat dan cantik, serta terhindar dari kulit kusam maka sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta hindari makanan yang berminyak.

6. Menggunakan Pelembab

Mengaplikasikan pelembab pada wajah mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pelembab akan menjaga kelembaban kulit wajah anda saat beraktivitas. Dalam memilih pelembab, sebaiknya pilihlah pelembab yang cocok untuk kulit wajah anda supaya kandungannya dapat bekerja dengan optimal pada wajah  anda.

7. Aplikasikan Masker

Menggunakan  masker akan membuat wajah anda lebih cerah. Selain membeli masker yang sudah jadi, anda juga bisa membuat masker sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Anda bisa memilih bahan alami yang dapat membantu tips mencerahkan wajah sehingga kulit kusam anda dapat teratasi.

8. Menghindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Tahukah anda? Pengaruh sinar matahari, apalagi di siang hari buruk untuk kulit. Paparan sinar matahari langsung dapat  membakar kulit anda dan menjadikan kulit kusam. Oleh karena itu, saat anda beraktivitas di luar ruangan, penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Anda bisa melindungi kulit dengan menggunakann sunblock atau beberapa aksesoris, seperti topi atau payung agar kulit anda tidak terpapar sinar matahari langsung.

9. Menggunakan Make Up Tipis

Saat anda beraktivitas, terlebih lagi beraktivitas di luar ruangan maka sebaiknya hindari menggunakan make up tebal. Make up tebal akan membuat anda merasa tidak nyaman. Pasalnya, make up yang anda kenakan akan menyumbat pori-pori anda sehingga wajah anda akan menjadi berjerawat dan berminyak.

10. Terapi Uap

Cara menghilangkan minyak di wajah atau segala macam kotoran, anda bisa melakukan penguapan. Segala kotoran yang mengendap pada wajah anda akan terangkat dengan sempurna. Untuk menguapi wajah, anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan wadah besar, air panas dan handuk.

11. Kertas Minyak

Salah satu penyebab wajah kusam yaitu karena minyak yang berlebih pada wajah. Untuk mengatasi minyak pada wajah, anda bisa membawa kertas minyak kemanapun anda pergi. Jika anda sudah merasa minyak berlebih pada wajah, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan kertas minyak. Dengan begitu wajah anda akan kembali segar dan cerah.

12. Menggunakan Face Mist

Saat anda beraktivitas, anda bisa membawa face mist. Face mist itu sendiri bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih  lembab, baik itu kulit kering maupun kusam. Selain itu, face mist juga akan menjadikan kulit wajah lebih segar.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai  cara agar wajah tidak kusam saat beraktivitas. Semoga bermanfaat.