15 Ciri Ciri Kulit Wajah Rusak Yang Sangat Berbahaya

Memiliki kulit wajah yang terlihat mulus tanpa cela memang menjadi dambaan para wanita dan juga pria di seluruh dunia. Namun tanpa disadari, banyak kebiasaan buruk yang sering dilakukan sehingga menimbulkan berbagai masalah dan kerusakan pada wajah seperti tidak membersihkan make up saat akan tidur, sering menggaruk dan menyentuh wajah dengan jari, merokok, kurang tidur, tidak mengganti sarung bantal dengan teratur, tidak menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, jarang melakukan scrub wajah dan masih banyak lagi penyebab kerusakan pada kulit lainnya. Jika semua kebiasaan buruk ini selalu dilakukan, maka cepat atau lambat bisa menimbulkan berbagai masalah di kulit wajah yang sebagian diantaranya sangat sulit untuk disembuhkan bahkan bersifat permanen seperti beberapa ciri ciri kulit wajah rusak yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Kulit Wajah Merah

Kerusakan kulit wajah yang pertama adalah warna kulit yang berubah menjadi merah dan menjadi ciri kerusakan yang paling sering dialami banyak orang. Setiap orang mempunyai reaksi kulit tergantung dari jenis kulitnya dan warna kulit yang memerah karena iritasi ini umumnya disebabkan karena salah kosmetik. Cara mengatasi wajah memerah karena kosmetik ini bisa dilakukan dengan masker dari berbagai bahan alami yang mudah didapat.

  1. Noda Hitam Bekas Jerawat

Ciri dari kulit wajah yang rusak berikutnya adalah timbul noda bekas jerawat yang tidak hanya mengganggu namun membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa hilang. Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat ini juga bisa dilakukan dengan bahan alami atau mengunjungi dokter kulit jika sangat parah.

  1. Berpigmen

Seseorang yang sering beraktivitas di luar ruangan atau sering berjemur umumnya akan mengalami tanda kerusakan kulit ini. Awalnya, wajah akan terlihat sangat merah seperti udang yang semakin lama akan timbul banyak pigmen coklat yang disebut dengan melanin akibat sinar UV. Bahkan seseorang yang memiliki jenis kulit sensitif juga bisa mengalami lepuh di area wajah.

  1. Wajah Bengkak

Pembengkakan yang terjadi pada wajah umumnya di sekitar area wajah terjadi karena penggunaan eyeshadow, eyeliner dan juga mascara yang tidak cocok dengan jenis kulit. Umumnya, pembengkakan ini juga akan disertai dengan rasa gatal dan munculnya warna kemerahan di kulit sekitar mata.

  1. Keriput

Penyebab kulit keriput di usia muda paling utama bahkan hingga 90% adalah karena sinar matahari terlalu berlebihan. Sinar UV yang dihasilkan dari cahaya matahari ini sangat merusak kulit khususnya pada siang hari dan terlalu lama beraktivitas di luar. Sinar matahari akan menghilangkan kelembaban alami kulit wajah sehingga akhirnya timbul keriput bahkan di usia yang masih sangat muda.

  1. Keratosis Aktinik

Ciri berikutnya yakni keratosis adalah munculnya bintik bintik tanda penuaan yang sering diabaikan namun sebenarnya itu adalah tanda dari kanker kulit yang sangat serius. Biasanya, perubahan warna akan terjadi pada area leher, wajah, tangan dan juga kulit kepala yang juga disertai dengan peradangan berwarna merah yang terlihat sangat jelas.

  1. Pori Pori Besar

Mungkin banyak orang yang sering menyepelekan ciri kerusakan kulit berupa pori pori besar. Namun sebenarnya hal ini menandakan jika kulit wajah sudah kehilangan elastisitas sehingga aktivitas buruk seperti memencet jerawat dan lainnya tidak akan mengembalikan pori pori ke ukuran semula sehingga terbuka lebar sehingga harus melakukan perawatan di klinik kecantikan sebagai cara menutup pori pori wajah.

  1. Terasa Panas dan Gatal

Ciri kulit wajah yang rusak berikutnya adalah timbul sensasi panas dan gatal pada wajah yang biasanya disebabkan karena penggunaan kosmetik tertentu seperti bahan pemutih wajah berbahaya. Sensasi panas yang disertai dengan gatal ini merupakan tanda jika kosmetik yang sedang anda gunakan sudah merusak kandungan mineral alami pada kulit yang bisa bersifat permanen jika tidak segera dihentikan pemakaiannya.

  1. Timbul Bintik Hitam

Timbulnya bintik hitam di sekitar area wajah merupakan kerusakan kulit serius yang bisa disebabkan karena sinar matahari atau kosmetik yang bisa bersifat sementara atau bisa juga permanen.

  1. Kulit Mengelupas

Kulit yang mengelupas juga merupakan ciri kerusakan kulit yang bisa terjadi karena berbagai hal namun paling sering disebabkan karena kandungan bahan kimia berbahaya pada kosmetik seperti mercury yang menghilangkan seluruh kandungan protein pada kulit wajah dan membuatnya mengelupas dan bersisik. Untuk cara mengatasi kulit kering dan bersisik bisa dilakukan dengan berbagai minyak alami atau buah buahan yang mengandung lemak sehat.

  1. Kerusakan Lapisan Epidermis

Ciri berikutnya dari kerusakan kulit wajah adalah lapisan epidermis yang rusak karena kandungan logam berbahaya dalam kosmetik yang akhirnya membuat lapisan epidermis kulit rusak dan hasilnya kulit wajah terlihat sangat kusam.

  1. Bekas Luka

Bekas luka bisa terjadi karena hilangnya kolagen dan elastisitas kulit yang umumnya terjadi karena luka, jerawat parah dan juga bekas operasi yang akhirnya meninggalkan bekas luka secara permanen atau sementara penyebab wajah kusam.

  1. Bintik Putih

Bintik putih merupakan kerusakan kulit karena sinar matahari yang tidak hanya muncul pada wajah namun juga beberapa bagian tubuh lainnya seperti tangan, kaki dan juga lengan. Hal ini bisa terjadi karena sinar matahari sudah mematikan sel penghasil warna atau melanosit yang juga bisa disebabkan karena vitiligo karena antibodi tubuh menyerang dan membunuh sel pigmen sehingga warna semakin lemah dan memucat secara bertahap.

  1. Rosacea

Rosacea yang juga merupakan kerusakan kulit ini umumnya ditandai dengan warna kemerahan pada hidung dan juga pipi. Rosacea akan menyebabkan timbulnya benjolan seperti jerawat yang disebabkan karena pembuluh darah kecil dekat kuit mengalami pelebaran sehingga juga menyebabkan pembengkakan di area mata serta hidung.

  1. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi biasanya berhubungan dengan timbulnya flek berwarna coklat karena faktor genetik atau sinar matahari dan jerawat penyebab kulit hitam. Kondisi ini akan bertambah buruk jika beraktivitas di bawah sinar matahari dilakukan dalam waktu yang cukup lama yang nantinya bisa bertambah banyak dan besar.

Ciri ciri kulit wajah rusak bisa terlihat sangat mudah dan sebagian diantaranya ada yang bisa bersifat sementara yakni bisa hilang dalam hitungan beberapa minggu atau beberapa bulan, namun sebagian lagi ada yang bersifat permanen sehingga lebih membutuhkan perawatan khusus lewat tindakan medis. Hindari berbagai kebiasaan buruk yang bisa berpengaruh pada wajah agar beberapa kerusakan wajah ini tidak sampai anda alami.