10 Cara Membersihkan Alat Penyedot Komedo dan Penggunaannya

Kita semua mengalami beberapa masalah pada kulit pada satu titik atau satu saat dalam hidup, salah satunya adalah komedo. Komedo merupakan masalah kulit yang mengganggu terutama bagi para wanita. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan komedo tersebut, tetapi pekerjaan menghilangkan komedo adalah suatu aktivitas yang merepotkan. Banyak orang sudah merasa lelah memencet, menekan, dan mengambil komedo di wajahnya. Semua proses itu bisa merusak kulit wajah jika tidak dilakukan secara berhati – hati. Mungkin saat ini Anda baru mendengar akan adanya alat yang lebih aman untuk menghilangkan komedo. Alat penyedot komedo yang pertama kali dikenal pada tahun 2016, akan menyedot semua komedo dari kulit wajah. Sejak itu alat penyedot komedo menjadi trend dalam dunia kecantikan ketika sudah diuji dan direview oleh berbagai youtuber dunia.

Alat penyedot komedo adalah perangkat kecil yang dapat dipegang dengan tangan yang menggunakan pengisap mini terkonsentrasi untuk mengeluarkan komedo dari sumbernya. Alat ini meminimalkan resiko merusak pori – pori kulit karena komedo dipaksa keluar dengan tangan. Penyedot komedo adalah produk terbaik untuk menghilangkan komedo, tidak hanya untuk fungsi kecantikan tetapi juga untuk kebersihan. Alat ini didesain untuk perawatan wajah harian yang bisa mengembalikan elastisitas kulit dan meremajakan kulit dengan mudah membersihkan komedo, kotoran serta minyak di dalam pori – pori kulit wajah, mengurangi sel kulit mati dan garis halus, memijat dan mengencangkan kulit. Menggunakan alat ini mungkin lebih cepat daripada cara menghilangkan komedo di dagu dengan masker untuk mengecilkan pori dan menghilangkan komedo.

Menggunakan dan Membersihkan Penyedot Komedo

Alat ini dikatakan paling efektif digunakan pada pori – pori yang tersumbat jika sebelumnya sudah dilonggarkan dengan produk mengandung asam salisilat atau asam glikolat, atau melakukan manfaat eksfoliasi wajah seperti mikrodermabrasi. Alat pengisapnya harus mampu menciptakan gesekan yang cukup untuk menarik kotoran, keringat dan minyak keluar. Dan pemakainya harus berhati – hati akan betapa kuatnya kemampuan menyedot alat tersebut. Walaupun alatnya sendiri aman untuk digunakan, namun terlalu banyak menggunakannya bisa menyebabkan kulit memar dan meradang. Jika Anda memiliki komedo yang dalam atau hitam, alat ini juga tidak dapat berbuat banyak dan hanya bisa menyedot komedo yang terbentuk dari penumpukan minyak di pori – pori. Untuk dapat menghasilkan efek yang diinginkan, Anda harus mengkombinasikan eksfoliant kimia dan mesin penyedot tersebut. Cara menggunakan dan cara membersihkan alat penyedot komedo yaitu:

  1. Bersihkan wajah Anda lebih dulu, gunakan susu pembersih dan toner seperti biasa sambil dipijat perlahan.
  2. Lakukan peeling untuk mengangkat kulit mati dan membuat wajah menjadi lebih cerah serta bersih.
  3. Lakukan penguapan pada wajah untuk membuka pori – pori kulit selama 10 menit.
  4. Atur tingkat kekuatan pada alat dan lakukan proses penyedotan dari dalam ke luar untuk bagian dahi dimulai dari tengah, dari luar ke dalam untuk higung, dari dalam ke luar untuk pipi sampai dagu. Tidak perlu ditekan kuat – kuat, cukup tempelkan saja pada kulit wajah.
  5. Bersihkan wajah kembali dengan toner sambil ditepuk – tepuk ringan agar menyerap.
  6. Setelahnya Anda bisa melakukan cara membersihkan alat penyedot komedo dengan membuka bagian penyedotnya.
  7. Sikat bagian dalamnya dengan sikat gigi bekas dan sabun cair.
  8. Cuci dan bilas sampai bersih lalu keringkan setelah melakukan cara membersihkan alat penyedot komedo.
  9. Anda cukup menggunakan baterai AA untuk tenaga pada alat penyedot tersebut. Jangan lupa keluarkan baterainya lebih dulu sebelum dicuci.
  10. Jika memungkinkan, sterilkan alat setelah melakukan cara membersihkan alat penyedot komedo.

Kelebihan Penyedot Komedo

Alat ini juga dapat menjadi cara menghilangkan komedo putih di hidung dan pipi, juga sebagai cara menghilangkan komedo di dagu. Anda perlu mengetahui beberapa kelebihan dari alat penyedot komedo berikut ini untuk memutuskan apakah akan menggunakannya atau tidak.

  • Alat tersebut berkualitas tinggi dan tahan lama jika Anda melakukan cara membersihkan alat penyedot komedo dengan telaten.
  • Membantu menghilangkan komedo dan menjadikan kulit lebih bersih.
  • Alat mudah dibawa kemanapun bahkan untuk perjalanan jauh.
  • Anda tidak perlu pergi ke salon untuk melakukan pembersihan komedo.
  • Tidak perlu meremas – remas atau menekan permukaan kulit untuk mengeluarkan komedo sehingga beresiko meradang.
  • Alat ini mudah digunakan dan cara membersihkan alat penyedot komedo pun mudah dilakukan.
  • Dapat menghilangkan komedo tanpa menyakiti kulit Anda
  • Alat pengisapnya tidak bekerja dengan meremas atau menarik kulit wajah
  • Sangat praktis untuk digunakan

Setelah mengetahui cara membersihkan alat penyedot komedo, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat wajah yang benar. Hindari memencet atau mengambil komedo dengan tangan kosong. Selalu rawat noda di wajah dengan mencuci dan melembapkannya. Kulit yang bersih dan kering adalah pertahanan terbaik dari jerawat. Jangan pernah mencongkel atau memencet komedo dengan jari tangan. Bersihkan wajah secara teratur minimal 2 hari sekali. Gunakan air yang bersuhu tepat, tidak terlalu dingin atau panas. Jangan lupa untuk membubuhkan pelembap untuk melembutkan kulit dan mempertahankan elastisitas serta daya tahannya. Cara ini terutama sangat penting jika Anda berurusan dengan noda secara teratur, karena akan membantu memperbaiki kerusakan di masa lalu dan mencegah datangnya jerawat. Gunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan cara membuat masker pencabut komedo seperti manfaat lemon untuk komedo dan manfaat tomat untuk komedo.