7 Manfaat Lemon Untuk Komedo Tanpa Efek Samping

Saya percaya jarang ada orang yang menolak untuk menikmati rasa lemon atau menunda untuk merasakan sensasi kesegaran buahnya. Tapi tahukah Anda bahwa lemon tidak hanya bisa jadi bahan santapan? Lemon yang kaya akan Vitamin C, B, karbohidrat, asam sitrat, dan potanium juga bermanfaat untuk hal-hal lain seperti memutihkan kulit dan membersihkan komedo.

Komedo merupakan persoalan kulit yang kerap membuat orang yang mengalaminya merasa tidak percaya diri. Merasa tidak nyaman dan bahkan menarik diri dari lingkungan pertemanan. Akan tetapi bukan berarti komedo tidak dapat dibersihkan. Ada cara menghilangkan komedo secara alami. Lemon memiliki manfaat untuk membersihkan komedo pada wajah secara alami tanpa efek samping.  Adapun manfaat-manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Mempertahankan kolagen, menghindari komedo

Nutrisi dalam buah lemon mampu mempertahankan keseimbangan kadar kolagen dan Ph pada kulit. Dengan ini Anda dapat menghindari wajah dari komedo. Gunakan lemon sebagai masker atau bisa secara langsung menggosokan irisan lemon secara teratur di wajah Anda.

  1. Mengeringkan komedo

Lemon mengandung asam sitrat yang secara alami mampu mengeringkan komedo. Cara membersihkan komedo dengan lemon juga terbilang cukup mudah. Belah lemon menjadi dua bagian, usapkan pada wajah yang ada komedo. Biarkan hingga kering lalu bilas sampai bersih. Lakukan ini secara rutin dan teratur agar hasilnya bisa maksimal.

  1. Menghilangkan komedo hitam

Komedo hitam atau blackhead merupakan jenis komedo yang sudah berbaur dengan kotoran yang mengendap dalam pori-pori kulit . Jika dibiarkan maka komedo ini berpotensi menjadi jerawat. Agar tidak menjadi jerawat sebaiknya segera dibersihkan dengan menggunakan  irisan lemon yang diusapkan secara merata pada bagian wajah. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal. Nah sekarang Anda sudah tahu cara menghilangkan komedo membandel secara alamai.

  1. Mencegah komedo putih

Komedo putih atau whitehead adalah komedo yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat berbentuk tonjolan putih. Ini disebabkan oleh sekresi kulit berminyak berlebihan sehingga perlu cara menghilangkan komedo putih secara permanen. Untuk mengatasi hal ini perlu perasan air lemon. Caranya peras air lemon ke dalam wadah lalu oleskan pada bagian wajah yang terkena komedo jenis ini. Lakukan secara teratur hingga benar-benar bersih.

  1. Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori kulit yang terlalu terbuka memberi ruang bagi kotoran untuk masuk dan mengedap di dalamnya. Jika endapan ini terlalu lama maka bukan tidak mungkin akan menjadi komedo. Jika tidak segera dibersihkan secara teratur, jerawat akan muncul dan meninggalkan bekas. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui bahwa lemon bermanfaat mengecilkan pori-pori wajah.  Dan cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat dengan cepat adalah memanfaatkan perasan lemon. Tuang ke dalam gelas lalu oleskan di wajah setiap pagi atau malam sebelum tidur. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Memutihkan wajah, menyamarkan komedo

Lemon mengandung zat asam yang bermanfaat menyamarkan komedo sehingga kulit wajah terlihat lebih cerah. Cara memutihkan wajah paling alami agar mampu menyamarkan komedo  adalah dengan memanfaatkan perasan air lemon yang dicampur sedikit madu asli. Oleskan pada wajah hingga rata. Biarkan hingga 30 menit lalu bersih dengan air hangat. Diusahakan melakukan ini secara rutin agar Anda memperoleh hasil yang memuaskan.

  1. Menghilangkan flek hitam akibat komedo

Anti bakteri dan antioksidan dalam buah lemon mampu menghilangkan flek hitam bekas komedo. Agar permukaan kulit Anda tampak lebih bersih dan halus, apalagi setelah beraktifitas di luar rumah, gunakan masker lemon secara rutin sampai wajah bersih dari flek hitam tersebut.

Demikian artikel mengenai manfaat lemon untuk komedo tanpa ada efek samping. Disarankan kepada Anda agar secara teratur memanfaatkan lemon sebagai alternatif perawatan kulit alamai, khususnya mencegah dan menghilangkan komedo. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.