18 Cara Mengatasi Rambut Mati Pada Pria dengan Efektif

Keindahan rambut bukan hanya milik wanita saja, pria pun ingin memiliki rambut yang tebal dan lembut. Rambut yang bagus adalah tanda – tanda dari kemudaan seseorang. Orang yang rambutnya tampak tipis akan tampak lebih tua. Begitu juga dengan pria yang memiliki rambut rusak atau yang disebut rambut mati. Rambut mati adalah istilah untuk rambut yang telah mengalami kerusakan folikel. Seiring waktu, folikel rambut dapat menjadi rusak karena usia, penataan berlebihan, penggunaan alat dengan suhu panas ataupun karena pengaruh lingkungan.

Kerusakan folikel rambut dapat berakibat pada rambut patah, rontok dan penipisan rambut secara menyeluruh. Folikel rambut juga bisa tersumbat oleh minyak dan penumpukan kotoran serta sel kulit mati, yang juga dapat merusaknya. Kerusakan rambut relatif mudah dilihat, dari penampakannya yang kasar, kering dan kusam. Beberapa tanda jika rambut Anda sedang mengalami kerusakan adalah rontok, patah, ujung bercabang, penampilan yang lebih kusam, kusut atau ujung rambut yang tidak tampak sehat.

Mengatasi Rambut Mati Pria

Sementara memperbaiki kondisi rambut adalah hal yang penting untuk dilakukan, lebih penting lagi untuk memastikan kesehatan rambut tetap terjaga. Anda dapat melakuksn beberapa hal berikut untuk memelihara dan memperbaiki kondisi rambut, yaitu:

1. Mengurangi frekuensi mencuci rambut

Kecuali Anda berkeringat banyak setiap hari dan harus melakukan manfaat cuci rambut setiap hari, tidak ada alasan untuk tidak melakukan eramas hanya beberapa kali saja dalam seminggu. Hal ini terutama diperlukan ketika rambut Anda sudah dalam keadaan dehidrasi. Sampai kondisi rambut Anda kembali lembut dan halus, pertahankan frekuensi mencuci rambut hanya dua atau tiga kali seminggu. Dengan begitu, produksi minyak alami yang ada pada kulit kepala bisa pulih kembali dan menyegarkan rambut secara alami.

2. Mengikuti tips mencuci rambut

Ada beberapa tips yang perlu diikuti ketika Anda mencuci rambut yang sudah rusak. Pertama, turunkan suhu air yang digunakan, sebab mencuci rambut dengan air panas dapat lebih membawa kerusakan daripada perbaikan pada rambut. Juga pastikan untuk tidak menggunakan sampo dengan kemasan yang mencantumkan kata ‘clarifying’ yang kerap kali merupakan produk yang lebih keras kandungan bahannya daripada sampo lainnya. Carilah sampo yang mencantumkan manfaat ‘nourishing’ yang merupakan pilihan yang lebih baik.

3. Menggunakan kondisioner 

Manfaat kondisioner rambut adalah membantu memberi kelembaban pada kulit kepala yang kering. Jika  kulit kepala masih terasa kering walaupun telah diberi kondisioner, saatnya untuk mengganti kondisioner Anda dengan kondisioner khusus. Gunakan kondisioner khusus ini setiap kali keramas, dan juga dalam setiap kesempatan diikuti denggan perawatan mingguan dengan masker rambut yang melembabkan.

4. Keringkan dengan benar

Penting untuk tidak mengeringkan rambut dengan handuk karena rambut yang masih basah berada dalam keadan rapuh, dan menggosoknya dengan kasar akan membuatnya semakin buruk. Anda bisa mengeringkan rambut secara alami dengan mengeksposnya pada udara segar atau menggunakan blow dryer berbahan ceramic ion, yang dapat mengeringkan rambut sekaligus mempertahankan kelembaban kulit kepala.

5. Hindari bahan yang membuat rambut kering

Perlu diketahui, produk rambut yang Anda gunakan pun bisa saja turut menyumbang pada kerusakan yang dialami.  Dalam penggunaan produk rambut, sebaiknya hindari bahan yang akan membuat rambut semakin kering. Bahan – bahan tersebut adalah pewangi buatan dan alkohol. Gunakan kondisioner non akohol untuk rambut yang sudah rusak agar tidak memperburuk kondisinya.

6. Berhenti mengecat rambut

Memberi warna pada rambut memang akan membuat Anda tampak trendy dan up to date dalam hal penampilan. Walaupun begitu, ada bahaya cat rambut bagi kesehatan karena pewarnaan rambut seperti ini bisa turut menyumbang kerusakan pada rambut yang cukup buruk, terlebih lagi jika dilakukan dengan sembarangan. Jadi, jika rambut Anda sudah terasa sangat kering dan kaku, sebaiknya hentikan dulu pengecatan rambut untuk sementara. Untuk lain kesempatan, cobalah dulu beberapa merk pewarna rambut yang halal  yang  bisa Anda pilih.

7. Menjaga asupan makanan

Setiap hal yang kita masukkan ke dalam tubuh akan mempunyai pengaruh terhadap penampilan kita termasuk makanan. Untuk mendapatkan rambut yang lembut alami, cobalah untuk banyak mengonsumsi lemak sehat seperti omega 3 yang ada pada ikan seperti salmon dan mackerel, dan juga alpukat. Konsumsi telur juga akan membantu dengan kandungan biotin di dalamnya, yang akan membantu pertumbuhan rambut dan perbaikan kulit kepala.

Merawat Rambut Mati Pria Secara Alami

Menggunakan perawatan berbahan alami untuk memelihara rambut adalah pilihan terbaik bagi Anda yang telah mengalami kerusakan berupa rambut mati. Bahan alami ini akan merawat rambut Anda dengan lebih aman dan lembut, terhindar dari bahan kimia untuk sementara.

1. Masker Madu

Cara menghilangkan flek hitam  di wajah dengan madu lebih dikenal sebagai salah satu khasiatnya.  Masker yang terbuat dari madu sangatlah penting untuk rambut kering dan rontok. Siapkan dua hingga tiga sendok teh madu dan larutkan dengan air sebanyak dua hingga tiga sendok. Anda cukup mengaplikasikannya pada rambut dan biarkan selama sepuluh menit, gunakan madu murni. Cuci bersih setelahnya. Manfaat madu untuk rambut akan melembutkan dan melembabkan rambut secara alami.

2. Masker Telur

Telur mungkin saja lengket tapi manfaat telur untuk rambut sangat efektif untuk merawat rambut mati yaaitu dengan melembabkan dan memberi tekstur berkilau. Manfaat putih telur untuk rambut atau manfaat putih telur untuk rambut rusak dapat Anda gunakan bagi rambut yang mati. Cara menggunakan telur untuk rambut mati pria yaitu:

  • Pecahkan satu butir telur dalam sebuah mangkuk
  • Oleskan ke seluruh rambut secsra merata
  • Biarkan selama satu jam lalu cuci rambut dengan sampo.

3. Bir

Rambut yang sehat dan lebat pun terkadang tidak memiliki kilau dan tekstur yang alami. Bir dapat memberi kilau alami pada rambut sekaligus mengatasi kerusakannya. Cara menggunakan bir untuk rambut mati pria yaitu:

  • Siapkan setengah cangkir bir dan gunakan setelah keramas.
  • Biarkan selama tiga sampai lima menit lalu bilas.
  • Anda akan melihat kilau alami pada rambut.

4. Lemon

Manfaat lemon untuk rambut juga sudah lama digunakan untuk merawat rambut yang rusak dan mati. Air perasan lemon sangat baik untuk membalikkan kerusakan rambut dan membuat rambut pria menjadi bersinar alami. Cara menggunakan lemon untuk mengatasi rambut mati pria yaitu:

  • Peras sebuah lemon dan tampung airnya dalam mangkuk
  • Tambahkan satu cangkir air
  • Tuangkan campuran ini ke rambut dan biarkan tiga puluh detik
  • Bilas dengan air bersih.

5. Biji Fenugreek

Fenugreek dapat merawat rambut rusak dengan efektif, itulah manfaat fenugreek untuk rambut rusak parah.  Berikut cara menggunakan fenugreek untuk rambut mati pria:

  • Siapkan dua cangkir biji fenugreek, rendam semalaman
  • Hancurkan biji fenugreek tersebut keesokan harinya dengan digiling.
  • Campur dengan satu cangkir dadih sampai rata
  • Balurkan pada seluruh kulit kepala
  • Biarkan selama dua jam
  • Bilas dengan sampo atau air bersih saja jika memungkinkan.
  • Ulangi perawatan ini sekali seminggu

6. Lidah Buaya

Manfaat aloe vera untuk rambut banyak sekali. Antara lain ada cara menyuburkan rambut dengan lidah buaya dan cara menghitamkan rambut dengan lidah buaya. Untuk rambut mati, lidah buaya sangat bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan, caranya sebagai berikut:

  • Potong tanaman lidah buaya secukupnya, cuci dan kupas, ambil gel yang berada di dalamnya.
  • Oleskan gel ke seluruh rambut dan kulit kepala sampai rata
  • Biarkan sampai mengering lalu bilas sampai bersih.
  • Lakukan perawatan dengan lidah buaya dua kali seminggu.

7. Minyak Esensial

Anda bisa menggunakan manfaat argan oil untuk rambut, manfaat minyak mustard, minyak zaitun, minyak almond an juga banyak minyak lainnya yang esensial untuk memijat kulit kepala secara rutin yang akan memberi manfaat menutrisi kulit kepala dan menjadikannya tetap sehat. Campur dua macam minyak pilihan Anda lalu aplikasikan kepada kulit kepala dan rambut. Pijat perlahan menggunakan ujung jari lalu biarkan semalaman, cuci bersih keesokan harinya.

8. Alpukat

Manfaat buah alpukat untuk rambut yaitu karena alpukat mengandung asam lemak esensial yang baik untuk perbaikan rambut rusak. Cara menggunakan manfaat masker alpukat untuk rambut yaitu:

  • Siapkan buah alpukat matang yang sudah dibuang bijinya
  • Campur dengan satu butir telur
  • Oleskan pada kulit kepala dan rambut sampai merata
  • Biarkan selama dua puluh menit lalu bilas beberapa kali sampai bersih.
  • Lakukan perawatan dengan alpukat satu kali seminggu untuk rambut rusak dan satu kali sebulan untuk rambut sehat.

9. Mentega

Tidak hanya ada manfaat mentega untuk alis, akan tetapi rambut yang kering dan rusak bisa juga dirawat dengan menggunakan mentega.

  • Ambil sedikit mentega dan oleskan pada rambut.
  • Biarkan selama setengah jam, tutup dengan shower cup.
  • Bilas dengan sampo hingga bersih.

10. Teh

Bukan hanya sebagai minuman yang dapat melegakan tenggorokan, Anda juga dapat menggunakan manfaat teh untuk rambut. Teh juga dapat digunakan untuk merawat rambut yang rusak akibat matinya folikel, misalnya menggunakan manfaat teh hijau untuk rambut. Cara menggunakan teh sederhana saja, Anda cukup menyeduh teh tanpa gula dan digunakan untuk membilas rambut setelah keramas.  Untuk Anda yang berambut gelap bisa menggunakan teh hitam,  sedangkan rambut terang cocok menggunakan teh chamomile.

11. Cuka Apel

Manfaat cuka untuk rambut bisa diambil dari cuka putih dan juga manfaat cuka apel untuk rambut. Cara membuat armuan cuka apel untuk rambut mati pada pria yaitu:

  • Satu sendok teh cuka apel,  dua sendok makan minyak zaitun dan tiga butir putih telur
  • Aduk semua bahan hingga tercampur
  • Gunakan pada kulit kepala dan rambut
  • Biarkan selama setengah jam, bungkus kepala dengan shower cap
  • Bilas sampai bersih.

Rambut pria memang mempunyai tekstur yang berbeda dengan rambut wanita, karena itu cara perawatannya pun tidak bisa disamakan. akan tetapi bagaimanapun perawatan rambut menjadi suatu hal yang sangat perlu dilakukan untuk menjaga agar rambut tetap dalam kondisi prima, yaitu sehat dan kuat. Terutama karena pria zaman sekarang juga gemar menata rambut mengikuti trend terbaru, tidak kalah dengan kaum wanita. Anda bisa mengikuti beberapa tips diatas untuk memelihara kesehatan rambut atau juga untuk mengatasi rambut mati pada pria yang disebabkan karena kurangnya pemeliharan yang dilakukan untuk rambut pria.