7 Manfaat Garam Untuk Wajah Wanita Agar Cantik

Garam, dikenal juga sebagai garam meja atau garam batu adalah mineral alami terbuat dari kristal putih berbentuk kubus yang terdiri dari sodium dan klorin. Garam pada dasarnya adalah komponen kimia. Sodium klorida memiliki formula kimia NaCl mengandung 40 persen sodium dan 60 persen klorin, ditemukan secara alami pada air laut dan sekitar 3,5 persen dari lautan di dunia. Ketika air laut menguap akan meninggalkan kristal – kristal garam dalam jumlah banyak. Kristal ini tembus pandang, tidak berwarna dan tidak berbau, namun memiliki rasa dan karakteristik yang khusus. Selain itu garam juga dapat dihasilkan dari proses penambangan.

Garam meja dan garam industri didapatkan melalui penambangan. Garam yang digunakan dirumah umumnya adalah garam meja atau refined salt, garam laut / sea salt (unrefined salt), dan garam yodium (iodized salt). Selain untuk keperluan memasak, garam juga digunakan untuk bidang kecantikan wanita, terutama garam laut. Tubuh kita mengandung konsentrasi yang sama dari mineral dan nutrisi yang ada pada garam laut, sehingga tidak aneh jika garam laut adalah sekutu alami untuk menyeimbangkan, melindungi, dan memulihkan tubuh serta kulit, dan memiliki khasiat garam untuk wajah. Sehingga garam laut sering digunakan dalam manfaat garam untuk wajah wanita.

1. Pembersih pori

Garam laut akan membantu membersihkan pori – pori di kulit Anda, menyeimbangkan produksi minyak dan mendapatkan kelembapan dari dalam. Manfaat garam untuk wajah wanita berasal dari kandungan anti bakteri yang mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat serta breakout. Manfaat air garam untuk wajah dapat menjadi cara mengecilkan pori – pori dengan garam.

2. Eksfoliasi Wajah

Manfaat eksfoliasi wajah sangat perlu dilakukan untuk menghilangkan ciri – ciri sel kulit mati. Tekstur kasar garam akan membantu dalam proses eksfoliasi. Garam laut akan mengeksfoliasi kulit secara alami dan mineralnya akan menutrisi kulit. Garam laut akan menggosok jauh kotoran dan debu sekaligus memijat kulit. Cara ini akan mengembalikan kesegaran kulit sehingga terasa lebih segar , muda dan kenyal. Buatlah pasta kental yang mengandung lebih banyak garam daripada air, lalu gunakan untuk memijat wajah dengan lembut.

3. Sebagai toner wajah

Jika digunakan dalam botol atau kaleng semprot, manfaat garam untuk wajah wanita bisa berguna sebagai toner penyerap minyak dan semprotan wajah yang menghidrasi. Garam adalah cara yang alami dan lembut untuk menghidrasi dan menyegarkan kulit. Bagian yang paling baik adalah, Anda bisa mempersiapkannya dengan mudah di rumah dan menyimpannya untuk dibawa bepergian.

4. Masker wajah

Garam laut tidak hanya dapat menyerap kelebihan minyak dari kulit tetapi juga menyediakan jumlah hidrasi yang tepat untuk kulit wajah. Menggunakan masker garam akan membantu menyeimbangkan produksi minyak dan menghidrasi bahkan hingga ke lapisan paling dalam kulit. Cara membuat masker garam juga akan membantu kulit wajah untuk tetap tampak bersinar dan sehat, jika Anda melakukan cara menggunakan masker garam dengan benar.

5. Mengurangi jerawat

Manfaat penyembuhan dari air garam akan membantu mengurangi banyak masalah kulit wajah. Jika Anda khawatir terhadap jerawat maka Anda dapat menambahkan sejumput garam laut pada secangkir air. Gunakan campuran ini pada wajah menggunakan kapas, biarkan mengering dan bilas wajah setelahnya. Perhatikan juga adanya efek samping garam untuk wajah jika digunakan berlebihan.

6. Sebagai facial steamer

Manfaat garam untuk wajah wanita berfungsi sebagai steamer wajah. Menguapi wajah dengan air garam sebelum di eksfoliasi akan membuka pori – pori. Didihkan sepertiga cup garam laut dalam panci kecil berisi air dan tuangkan ke alam mangkuk. Tutup kepala Anda dengan handuk diatas mangkuk atau baskom tersebut dan uapi wajah selama sekitar 10 menit. Cara ini akan memberikan manfaat garam bagi wajah yang berminyak.

7. Pemutih gigi

Garam dan baking soda keduanya adalah bahan abrasif yang akan membantu menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Garam juga mengandung sumber alami fluoride yang menjadi bonus untuk gigi serta gusi Anda. Campur satu sendok teh garam dan dua sendok teh baking soda. Celupkan sikat gigi basah ke dalam campuran dan gosok gigi seperti biasa. Jika rasanya terlalu kuat, coba tambahkan pasta gigi sedikit pada sikat sebelum mencelupkannya ke dalam ramuan.

Jenis – jenis Garam

Ada banyak varietas garam selain garam laut yang masing – masingnya memiliki tipe kristal berbeda dan kegunaan yang berbeda juga. Ukuran kristalnya serta warna akan bervariasi tergantung pada keberadaan mineral  yang berbeda pula. Beberapa jenis garam  yaitu:

  • Garam yodium – Jenis garam ini pada dasarnya adalah garam meja yang ditambahkan yodium dan penting bagi para penderita tiroid. Karena termasuk garam meja, butirannya halus dan biasanya digunakan untuk konsumsi di rumah.
  • Garam kosher – Ini adalah garam yang bebas penambah rasa bertekstur kasar yang dibuat dengan memadatkan butiran garam lain, sering digunakan untuk memasak karena rasanya lebih lembut daripada garam meja.
  • Garam hitam – Dikenal juga dengan nama ‘kala namak’ atau ‘ sanchal’, garam hitam adalah garam berwarna yang memiliki rasa sulfur kuat karena tambahan lava yang dimurnikan.

Salah satu perbedaan besar utama antara garam laut dan garam biasa adalah kandungan mineralnya yang akan memberikan manfaat garam untuk wajah wanita secara berbeda pula. Garam laut banyak mengandung mineral termasuk magnesium, kalsium, sodium, dan potasium yang penting untuk kesehatan kulit dan fungsi sel. Ketika keseimbangan mineral di kulit Anda kurang, maka akan muncul gejala seperti kering, kusam, iritasi dan bebercak terlebih lagi ketika cuaca mendingin dan kering. Menggunakan garam laut dalam perawatan kecantikan akan membantu memperbaiki keseimbangan dan memperbaiki hidasi, memperkuat perlindungan kulit, dan memulai komunikasi antar sel yang mulai melambat seiring pertambahan usia.