6 Cara Membersihkan Wajah Agar Mulus dan Bebas Kusam

Salah satu kunci utama untuk memiliki kulit wajah yang mulus dan bebas kusam adalah melakukan hal yang paling dasar dengan baik, yaitu membersihkan wajah. Membersihkan wajah merupakan langkah paling dasar sebagai cara merawat kulit agar tetap sehat dan bersih, sehingga perlu dilakukan dengan baik dan benar.

Membersihkan wajah tidak hanya sekedar mencuci wajah dengan sabun saja, namun perlu diperhatikan beberapa cara agar kulit bersih dengan maksimal. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa cara membersihkan wajah agar mulus dan bebas kusam yang perlu diperhatikan. Simak pembahasannya berikut ini ya.

1. Bersihkan wajah dua kali dalam sehari

Membersihkan wajah idealnya dilakukan sebanyak dua kali sehari, tidak perlu sesering mungkin yaitu ketika pagi sebelum beraktivitas dan malam hari setelah atau setelah beraktivitas. Terlalu sering mencuci wajah bisa membuat kulit kering karena kehilangan kelembaban alaminya. Pilih facial wash yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit, jika wajah bermasalah atau sensitif sebaiknya gunakan jenis sabun untuk kulit sensitif. Hindari juga facial wash yang terlalu banyak mengandung sabun, gunakan yang bersifat lembut atau ‘gentle’.

2. Membersihkan sisa make up dan kotoran

Make up dan kotoran yang menempel di wajah tidak akan bersih jika hanya dibersihkan dengan facial wash saja. Terkadang penggunaan make up remover dapat menimbulkan iritasi kulit karena kandungan alkohol atau lainnya. Salah satu cara membersihkan wajah agar mulus dan bebas kusam, juga agar wajah bersih sempurna dan mencegah iritasi lebih baik digunakan bahan alami seperti menggunakan VCO, minyak zaitun atau cleanser ringan/organik yang sekarang ini banyak beredar di pasaran.

3. Gunakan air suam-suam kuku

Mencuci wajah setelah beraktivitas sebaiknya menggunakan air hangat, karena cara mencuci muka dengan air hangat bisa membantu membuka pori-pori. Hal ini akan membantu kulit mengeluarkan kotoran, minyak atau sisa make up yang menumpuk dan menyumbat pori-pori. Air yang dipakai adalah air suam-suam kuku, bukan air yang terlalu hangat karena akan mengakibatkan kulit menjadi lebih kering.

4. Memanfaatkan bahan alami

Menggunakan bahan-bahan alami juga dapat membuat kulit lebih mulus, karena dapat membersihkan sekaligus menutrisi. Bahkan untuk kulit sensitif atau bermasalah, bahan-bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping. Sebagai cara menghilangkan wajah kusam agar dapat digunakan bahan alami seperti tomat, oatmeal, air lemon, minyak zaitun dan lain sebagainya yang bisa dipakai untuk membersihkan wajah sekaligus sebagai masker.

5. Melakukan pemijatan lembut

Saat membersihkan atau mencuci wajah, biasanya hanya sekedar mengusap-usap sebentar lalu dibilas dengan air. Agar membersihkan wajah lebih maksimal sebaiknya dilakukan dengan sambil memijat lembut wajah, dengan gerakan memutar selama sekitar 30 detik sebelum dibilas dengan air. Metode ini sangat direkomendasikan untuk kulit yang cendering berminyak dan untuk membersihkan make up yang tebal.

6. Menghindari menggosok wajah dengan handuk

Salah satu penyebab wajah gatal dan merah adalah mengeringkan wajah dengan cara menggosoknya dengan handuk. Handuk atau tisu sebaiknya digunakan dengan cara menepuk-nepuknya saja, karena dengan menggosok bisa menyebabkan kulit iritasi dan semakin kering. Sebaiknya gunakan handuk yang seratnya lembut atau tisu yang halus, aplikasikan skincare selanjutnya setelah wajah benar-benar kering.

Demikian pembahasan mengenai beberapa cara membersihkan wajah agar mulus dan bebas kusam yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat.