5 Cara Mencuci Muka dengan Air Hangat yang Benar Untuk Sehari-Hari

Apakah anda sering mencuci muka dengan menggunakan air hangat? Sudahkah anda tahu cara mencuci muka dengan air hangat yang benar? Kebanyakan orang tidak mengetahui seperti  apa  cara membersihkan muka dengan air hangat yang benar sehingga tidak mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. Oleh karena itu, berikut ini kami sajikan cara mencuci muka dengan air hangat yang benar.

  • Menuci wajah dengan air hangat memang memberikan manfaat untuk kulit wajah. Anda sebaiknya memperhatikan suhu air yang digunakan untuk mencuci  wajah. Jangan gunakan air terlalu panas karena akan berakibat pecahnya pembuluh darah.
  • Meskipun mencuci wajah dengan menggunakan air hangat baik, hanya saja sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan air hangat. Untuk  hasil yang terbaik anda bisa mencuci wajah dengan air hangat-hangat kuku sekali dalam sehari.
  • Jika telah membersihkan wajah, anda bisa  menggunakan air dingin.
  • Setelah itu tepuk-tepuk wajah anda dengan menggunakan handuk bersih.
  • Baru setelah itu gunakan krim  malam atau pelembab untuk melembabkan wajah.

Manfaat Mencuci Muka dengan Air Hangat

Manfaat air hangat untuk wajah memang baik untuk anda yang sedang mengalami masalah kulit. Berikut ini beberapa manfaat cuci muka dengan air hangat.

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami oleh banyak orang. Jerawat disebabkan oleh berbagai macam faktor, termasuk kurang menjaganya kebersihan wajah. Kotoran serta debu yang menumpuk pada kulit wajah anda akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori sehingga dengan begitu timbulah jerawat.

Masalah wajah yang satu ini tentunya akan membuat anda merasa tidak percaya diri. Selain itu, jika dibiarkan bisa saja jerawat mengalami peradangan. Terlebih lagi dipicu karena sering dipegang atau dipecahkan dengan menggunakan  tangan. Nah, anda bisa memanfaatkan air hangat untuk masalah jerawat yang anda alami. Sebab air hangat bisa membantu mengurangi  radang dan mengecilkan jerawat.

2. Memiliki Efek Relaksasi

Sering kali kulit wajah lelah dan  otot wajah tegang. Untuk merilekskan keadaan tersebut anda bisa memanfaatkan air hangat. Air hangat memiliki efek untuk melemaskan otot-otot dan melancarkan peredaran darah pada wajah, sehingga dengan begitu wajah tidak akan mengalami berbagai masalah seperti komedo, jerawat, cara mengatasi wajah kering ataupun keriput.

3. Membersihkan Komedo

Selain  jerawat, komedo menjadi masalah pada kulit wajah yang menjengkelkan. Komedo biasanya muncul di area hidung, dahi dan dagu. Sebab di bagian inilah paling banyak minyak. Sebagai cara menghilangkan komedo secara alami anda bisa melakukannya di rumah sendiri dengan menggunakan air  hangat. Setelah itu anda bisa  membersihkannya dengan menggunakan alat pembersih komedo.

Untuk mendapatkan manfaat dari air hangat, selain dengan mencuci wajah anda bisa melakukanya dengan beberapa cara di bawah ini.

  • Menggunakan  Air Hangat Sebagai Uap

Masukan air hangat, pada wadah. Kemudian dekatkan wajah anda pada wadah  tersebut hingga uap air mengenai wajah anda. Agar uapnya tidak menyemar dan langsung mengenai wajah, anda bisa menutup kepala dengan menggunakan handuk. Selanjutnya anda bisa langsung membersihkan wajah dengan sabun wajah. Kemudian cuci kembali wajah anda dengan air dingin.

  • Campurkan Air Hangat dengan Garam

Anda bisa mencampurkan air hangat dengan garam secukupnya saja. Lalu gunakan air  hangat yang sudah dicampur garam untuk mencuci wajah. Selain itu, anda bisa mencelupkan kapas pada air hangat, lalu tempelkan pada jerawat yang sedang meradang. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan manfaat mengompres wajah dengan air hangat.

Itulah cara mencuci muka dengan air hangat yang benar, beserta manfaat air hangat untuk wajah. Semoga bermanfaat.