12 Penyebab Wajah Hitam dan Berminyak Paling Fatal

Wajah yang terlihat berminyak dan hitam bisa dialami semua jenis kulit yang sangat mengganggu penampilan. Ada begitu banyak hal yang bisa menjadi penyebab wajah hitam dan berminyak baik karena faktor dalam tubuh maupun luar. Seperti bagian tubuh yang lain, kulit juga membutuhkan suplai nutrisi serta perawatan teratur untuk menjaga penampilan dan tekstur kulit agar selalu terlihat sempurna. Seberapa banyak anda melakukan perawatan kulit, namun tampilan kulit berminyak dan menghitam bisa saja terjadi saat ada hal penting lain yang seharusnya dilakukan namun tidak anda kerjakan dengan teratur. Berikut ini akan kami berikan beberapa penyebab wajah hitam dan berminyak paling umum yang penting untuk anda ketahui.

  1. Faktor Genetik

Kelenjar minyak yang terdapat dalam lapisan dermis kulit juga menjadi salah satu gen yang bisa diturunkan orang tua pada anak. Jika orang tua memiliki kandungan minyak alami pada kelenjar yang sangat besar, maka gen tersebut juga akan diturunkan pada anak sehingga memicu kulit berminyak dan terlihat hitam.

  1. Stres Berlebihan

Stres terlalu berlebihan dan banyak pikiran juga bisa memicu produksi minyak terlalu berlebihan, penyebab kerutan, penyebab wajah bruntusan, hitam dan kusam. Meski memang tidak langsung berhubungan dengan kulit, akan tetapi jaringan saraf juga bisa memicu sistem metabolisme jadi tidak beraturan dan kondisinya semakin buruk.

  1. Dehidrasi

Ketika tubuh kekurangan cairan yang disebut dengan dehidrasi, maka hal ini juga bisa menjadi penyebab wajah hitam, penyebab wajah gatal, berminyak dan juga terlihat kusam sebab respirasi sel yang terhambat. Untuk itulah banyak ahli kesehatan yang sangat menyarankan untuk minum air sebanyak 8 gelas per hari.

  1. Mengkonsumsi Banyak Makanan Berminyak

Mengkonsumsi makanan berminyak banyak disukai orang karena lezat, renyah dan juga terjangkau. Akan tetapi perlu diketahui jika makanan berminyak bisa menyebabkan banyak masalah tidak hanya penyakit seperti kolesterol tinggi dan jantung namun juga bisa memperburuk kondisi kulit sehingga terlihat berjerawat, berminyak sekaligus kusam.

  1. Tidak Membersihkan Wajah Dengan Teratur

Meskipun terlihat sederhana, namun membersihkan wajah secara teratur untuk menjaga kecantikan kulit. Jika anda tidak membersihkan wajah secara teratur, maka segala polusi, debu dan berbagai kotoran semakin menumpuk pada kulit yang akhirnya memicu produksi minyak dan mengakibatkan wajah terlihat kusam, penyebab kulit kering dan keriput serta berminyak karena penumpukkan kotoran pada kulit tersebut.

  1. Penggunaan Kosmetik

Kosmetik memang menjadi cara cepat dan praktis untuk menutupi noda pada wajah, penyebab kulit kering dan kusam, jerawat dan juga berbagai flek hitam. Akan tetapi, penggunaan kosmetik terlalu berlebihan dan sering ditambah dengan cara membersihkan yang salah hanya akan meningkatkan produksi minyak kulit yang kemudian membuat kulit terlihat kusam dan lebih hitam.

  1. Perubahan Hormon

Wanita yang sedang dalam masa menstruasi akan mengalami ketidakstabilan hormon yang juga berpengaruh pada produksi minyak di wajah. Wanita akan lebih sering stress selama menstruasi karena perubahan hormon tersebut sehingga mengakibatkan peningkatan minyak alami yang kemudian juga membuat area wajah terlihat tidak bernyawa sekaligus hitam dan juga penyebab kulit mengelupas di sekitar hidung.

  1. Perubahan Suhu Terlalu Tinggi

Perubahan suhu yang terlalu tinggi akan membuat tubuh semakin cepat lelah dan dehidrasi. Intensitas cahaya matahari yang terlalu kuat akan mempengaruhi kondisi minyak alami kulit semakin banyak dan membuat wajah anda terlihat lebih hitam dan kusam.

  1. Perawatan Kulit Terlalu Berlebihan

Meski perawatan kulit memang sangat dibutuhkan, namun ketika dilakukan terlalu berlebih maka juga bisa menyebabkan kulit terlihat hitam, penyebab kulit keriput di usia muda dan berminyak. Segala perawatan kulit terlalu berlebihan seperti menghilangkan jerawat dan komedo, mengatasi kerutan dan pengangkatan sel sel kulit mati inilah yang nantinya merangsang produksi minyak kulit berlebihan dan mengubah warna kulit terlihat lebih gelap.

  1. Tidak Melakukan Eksfoliasi

Mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari memang sangat penting dilakukan. Namun jika anda tidak melakukan pengelupasan kulit, maka tampilan kulit tetap tidak terlihat sempurna. Tidak hanya masalah kulit kering yang bisa menyebabkan tampilan kulit terlihat hitam dan kusam, namun kondisi kulit berminyak akibat penumpukan kotoran dan sel kulit mati juga menjadi penyebab kulit anda terlihat kusam. Untuk itu, pastikan anda melakukan eksfoliasi kulit secara teratur selain juga mencuci wajah anda sebanyak 2 kali sehari.

  1. Efek Samping Obat Obatan

Obat kontrasepsi dan juga obat obatan pengganti hormon juga menjadi salah satu penyebab meningkatkan produksi minyak karena efek samping yang juga berhubungan dengan penggunaan steroid jenis tertentu. Beberapa jenis obat obatan lain juga tidak hanya menyebabkan kulit dehidrasi dan penyebab wajah kusam yang kemudian meningkatkan produksi minyak namun membuat tampilan kulit terlihat menghitam dari hari ke hari.

  1. Melakukan Diet yang Buruk

Jika anda mengkonsumsi makanan secara sembarang  seperti segala produk susu, karbohidrat olahan dan makanan yang mengandung gula, maka sebaiknya anda berhati hati sebab beberapa jenis makanan tersebut juga bisa menyebabkan produksi sebum semakin aktif dan menambah kilau minyak pada wajah sekaligus membuatnya terlihat lebih hitam, penyebab muka kasar dan berbintik meskipun beberapa makanan tersebut memang lezat untuk dikonsumsi.

Ada begitu banyak penyebab wajah hitam dan berminyak baik dari faktor dalam, luar, keturunan dan berbagai hal lain yang sangat buruk efeknya untuk wajah bahkan bisa mempercepat timbulnya tanda tanda penuaan dini sehingga sebisa mungkin harus anda hindari untuk mendapatkan kulit bersih terawat lebih lama. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan diterapkan dalam hidup anda sehari hari dengan mudah.