10 Cara Merawat Kulit Tubuh dengan Baik yang Wajib Dilakukan

Dalam merawat kulit, tidak hanya kulit wajah namun kulit tubuh atau badan juga wajib dirawat. Karena kulit tubuh yang sehat juga mulus akan membuat penampilan menjadi lebih percaya diri. Ada beberapa cara merawat kulit tubuh dengan baik yang sangat mudah diikuti, antara lain adalah:

1. Mandi dengan teratur

Mandi merupakan perawatan dasar yang digunakan sebagai cara merawat kulit tubuh. Mandi akan membersihkan kulit dari polusi, bakteri dan keringat yang menempel setelah beraktivitas. Namun, mandi terlalu banyak mandi juga tidak baik karena dapat menghilangkan kelembaban alami kulit. Cukup mandi 2 kali sehari secara teratur, setiap sebelum dan setelah beraktivitas.

2. Melakukan scrub secara rutin

Membersihkan tubuh tidak cukup hanya dengan mandi. Scrub diperlukan untuk merontokkan daki, kulit mati dan sisa kotoran yang menempeli dan menyumbat pori-pori kulit. Cukup menggunakan scrub secara teratur 1-2 kali dalam seminggu, sebagai cara merawat kulit tubuh dan cerah.

3. Menggunakan lotion setiap setelah mandi

Kulit yang tidak ternutrisi dan dehidrasi, akan mengakibatkan datangnya berbagai permasalahan kulit. Kulit tubuh akan menjadi kering, kusam, bersisik dan terlihat menggelap. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, selalu gunakan lotion tubuh untuk menjaga kulit tetap lembab dan ternutrisi.

4. Meminimalisir terpapar sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung ke kulit dapat menjadi penyebab kulit susah putih. Untuk mengatasinya, cukup gunakan tabir surya atau lotion mengandung SPF untuk melindungi kulit tubuh menggelap dam rusak.

5. Hindari polusi, rokok dan asap rokok, serta minuman beralkohol

Polusi, rokok, asap rokok dan minuman beralkohol dapat menjadi penyebab kulit tubuh mengalami tanda penuaan dini. Kulit akan menjadi cepat keriput, kusam dan rusak. Selain berbahaya bagi kulit, beberapa hal tersebut juga berbahaya bagi kesehatan.

6. Banyak mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih juga merupakan salah satu cara merawat kulit tubuh dengan baik. Kulit yang kering dan bersisik disebabkan karena kulit mengalami dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut, minum air putih sesuai anjuran yaitu 8 gelas sehari untuk menjaga kulit tetap lembab dari dalam.

7. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, tapi juga berguna sebagai cara merawat kulit tubuh secara alami dari dalam. Kandungan zat yang terkandung dalam buah dan sayuran akan menutrisi kulit, sehingga kulit dapat menjadi lebih sehat dan lembab.

8. Berolahraga secara rutin

Tidak hanya menjaga tubuh tetap bugar, berolahraga juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini disebabkan olahraga akan membuat pasokan oksigen yang masuk dalam aliran darah meningkat. Lakukan olahraga secara rutin, untuk mencegah tanda penuaan dini, menjaga agar tetap lembab dan selalu tampak segar.

9. Mengatur waktu beristirahat

Cara merawat kulit tubuh dengan baik selanjutnya adalah dengan beristirahat teratur. Begadang dapat mengundang datangnya masalah kulit seperti jerawat, kusam dan tampak tua. Dengan kualitas tidur yang cukup dan teratur dapat mencegah berbagai macam permasahan kulit tersebut.

10. Merawat kulit selagi tidur

Malam hari adalah waktu kulit untuk melakukan regenerasi. Untuk menambah nutrisi masuk ke kulit, gunakan lotion atau pelembab alami seperti minyak zaitun sebelum tidur. Secara bertahap, kulit akan menjadi lebih lembab, sehat dan cerah.

Nah, lakukan cara di atas secara rutin sebagai perawatan kulit kering . Semoga bermanfaat.