13 Cara Membersihkan Wajah Kusam Agar Putih dengan Alami

Memiliki kulit wajah cerah dan berseri tentu menjadi dambaan setiap orang. Hanya saja, terkadang masalah kulit wajah tidak bisa dihindari. Berbagai faktor bisa menyebabkan kulit wajah kusam dan berminyak seperti tidak terawat. Oleh karena itu, diperlukan kiat-kiat khusus untuk membersihkan wajah kusam untuk mendapatkan kulit wajah cerah seperti yang didambakan.

Tidak perlu pergi ke klinik kecantikan atau menggunakan produk mahal, untuk membersihkan wajah kusam anda bisa menggunakan cara alami. Cara alami diketahui lebih aman karena tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Selain itu, cara alami lebih hemat karena anda cukup menyiapkan bahan-bahan alami yang sudah tersedia.

Nah, untuk anda yang sudah tidak sabar ingin mengetahui cara membersihkan wajah kusam dengan alami, anda bisa langsung saja simak pada pembahasan di bawah ini.

1. Bersihkan Wajah dengan Rutin

Membersihkan wajah dengan rutin akan menghilangkan minyak penyebab wajah kusam. Maka dari itu, disarankan untuk membersihkan wajah dengan rutin.

2. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit dan manfaat lidah buaya untuk kecantikan tidak bisa kita ragukan lagi. Selain memiliki manfaat yang baik untuk rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk kecantikan wajah. Anda bisa meminum jus lidah buaya setiap pagi atau mengoleskan gel lidah buaya yang telah dicampurkan dengan madu pada wajah anda.

3. Lemon

Manfaat lemon untuk kulit sudah tidak bisa kita ragukan lagi. Lemon mengandung vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan sebagai cara mencegah penuaan dini. Maka dari itu, lemon sering digunakan sebagai cara mengatasi kulit kusam dengan alami. Caranya yaitu dengan mencuci wajah menggunakan air lemon. Selain itu, anda juga bisa menggunakan kulit lemon yang digosokan pada wajah untuk menghilangkan noda hitam.

4. Gula

Anda bisa menggunakan scrub gula sebagai cara membersihkan wajah kusam dengan alami. Caranya yaitu :

  • Campurkan 1 sdm gula putih dan 1 sdm gula merah. Aduk keduanya sampai merata.
  • Kemudian aplikasikan pada wajah anda sambil diberikan pijatan lembut dengan gerakan melingkar.

5. Madu

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun untuk kecantikan, termasuk manfaat madu untuk wajah. Madu juga dapat dijadikan sebagai cara mengatasi wajah kusam. Simak caranya di bawah. Campurkan air lemon sebanyak 1 sdm dan madu sebanyak 1 sdm. Kemudian oleskan pada wajah anda dengan lembut. Diamkan selama 10 menit. Lalu cuci wajah dengan menggunakan air sampai bersih.

6. Mentimun dan Jeruk

Mentimun dapat menghidrasi kulit wajah, sedangkan jeruk akan memenuhi kebutuhan antioksidan. Campurkan 2 sdm jeruk dan mentimun dengan tepung beras sebanyak 1 sdm. Aduk semua bahan sampai merata. Lalu gunakan campuran ini sebagai scrub untuk membuang sel kulit mati yang menjadi penyebab wajah kusam.

7. Yogurt

Yogurt sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit. Yogurt juga bisa digunakan untuk mengatasi wajah kusam.

  • Caranya yaitu dengan mencampurkan yogurt sebanyak 1 sdm dan madu secukupnya, juga pisang sebanyak 1 buah. Aduk merata.
  • Aplikasikan pada wajah anda. Diamkan beberapa saat lalu bilas wajah sampai bersih.

8. Nanas

Cara memanfaatkan nanas untuk menghilangkan kulit kusam bisa simak cara berikut ini.

  • Buat jujus nanas secukupnya saja.
  • Kemudian aplikasikan jujus nanas pada wajah anda dengan menggunakan kapas. Tunggu sampai kering. Lalu bilas hingga bersih.

9. Minyak Kelapa

Kulit yang tidak terhidrasi akan terlihat kusam. Anda bisa menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan cara berikut.

  • Panaskan minyak kelapa secukupnya saja. Lalu biarkan dingin. Gunakan minyak kelapa untuk membuat kulit tetap lembab.
  • Campurkan minyak kelapa dengan madu sebanyak 2 sdm. Lalu oleskan pada wajah anda dan diamkan selama 15 menit. Terakhir bilas dengan air hangat.

10. Almond

Cara memanfaatkan almond untuk perawatan kulit wajah yaitu.

  • Hancurkan kacang almond yang sudah dikupas dengan cara digiling. Lalu campurkan dengan susu cair. Aduk merata.
  • Oleskan pada wajah dan leher anda pada pagi hari. Tunggu beberapa saat, lalu anda bisa mencuci wajah dengan air dingin.

11. Perbanyak Cairan Tubuh

Tubuh membutuhkan banyak cairan tubuh. Selain sehat, juga baik untuk kecantikan kulit. Karena seperti itu disarankan untuk minum dengan jumlah yang cukup. Sebaiknya kurangi konsumsi teh dan kopi karena akan menjadikan kulit kusam.

12. Olahraga

Manfaat olahraga untuk kecantikan yakni dapat memperbaiki kondisi kulit yang kusam. Melakukan olahraga dengan teratur dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah pada tubuh sehinggi tubuh dapat menyerap nutrisi yang baik dan pengeluaran keringat juga menjadi lebih baik.

13. Eksfoliasi

Melakukan scrub pada wajah akan menjadikan kulit wajah cerah. Untuk scrub wajah anda bisa menggunakan masker dengan bahan dasar alami atau krim khusus untuk scrub wajah.

Demikian cara membersihkan wajah kusam agar putih dengan alami. Selamat mencoba di rumah semoga bermanfaat.