5 Cara Membersihkan Wajah yang Baik Tanpa Sabun Paling Mudah

Salah satu cara perawatan wajah sehari-hari yang paling dasar dan harus dilakukan adalah membersihkan wajah. Apalagi setelah melakukan aktivitas di luar ruangan pasti kulit wajah akan terpapar polusi, seinar matahari, debu, kotoran dan tertempel makeup seharian. Sekarang ini sudah banyak merek facial wash yang beredar di pasaran yang dapat digunakan untuk berbagai jenis kulit dan berbagai jenis kandungan yang bermanfaat untuk kulit. Namun tidak jarang juga yang tidak cocok menggunakan merek tertentu dan akhirnya malah menimbulkan masalah kulit wajah. Tahukah Anda bahwa cukup dengan menggunakan air saja juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah?

Sebagian besar orang mungkin beranggapan bahwa kulit wajah tidak akan bersih hanya menggunakan air saja dan harus menggunakan sabun. Padahal jika Anda melakukan cara membersihkan wajah yang baik tanpa sabun dengan benar, tidak hanya bersih tapi juga dapat meningkatkan kualitas kulit dengan alami. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membersihkan kulit wajah dengan air yang benar:

1. Mengaplikasikan minyak zaitun

Sebelum mencuci wajah dengan air sangat disarankan untuk mengaplikasikan minyak zaitun terlebih dahulu. Selain sebagai cara melembabkan kulit wajah dengan bahan alami, minyak zaitun juga akan membantu membersihkan sisa kotoran atau makeup, serta membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan maupun pori-pori kulit. Aplikasikan minyak zaitun secara merata lalu diamkan kurang lebih 15 menit, sebelum dibilas dengan air.

2. Gunakan air matang

Air yang bening dan tidak ada kotoran belum tentu bersih, karena tetap ada bakteri yang tidak terilihat di dalamnya apalagi air kran atau sumur. Cara membersihkan wajah yang baik tanpa sabun adalah menggunakan air mineral atau air matang, sehingga dapat dipastikan bahwa bakteri di dalam air sudah bersih atau mati.

3. Perhatikan temperatur air

Walaupun banyak manfaat mencuci muka dengan air es atau air dingin untuk kulit, jika digunakan untuk membersihkan wajah setiap hari atau rutin malah dapat membuat menjadi kering karena bisa menghilangkan kelembaban alami kulit. Begitu juga dengan air yang terlalu panas, sehingga untuk mencuci wajah secara rutin sebaiknya digunakan air hangat-hangat kuku agar tidak merusak kulit.

4. Tambahkan garam

Salah satu manfaat cuci muka dengan air garam adalah karena garam dapat berfungsi sebagai antibakteri yang alami. Sehingga dapat membantu mengatasi macam-macam permasalahan kulit seperti jerawat, juga dapat membantu toning dan eksfoliasi kulit. Dengan menambahkan sedikit garam ke dalam air hangat untuk membersihkan muka, Anda akan mendapatkan manfaat yang hampir sama dengan facial wash biasa.

5. Tambahkan gula pasir

Selain menambahkan garam, gula pasir juga dapat ditambahkan sesekali. Tambahkan 1 sdm gula pasir pada air yang akan digunakan, untuk membantu mengangkat sel kulit mati secara optimal. Cukup lakukan penambahan gula ini 2 kali seminggu secara rutin, kulit akan terasa lebih halus dan mulus.

Mudah bukan? Selain mudah dan murah untuk dicoba, ada beberapa manfaat atau efek cuci muka tanpa sabun yang bisa didapatkan, yaitu:

  • Menjaga keseimbangan pH kulit.
  • Sebagai detoksifikasi kulit sekaligus mencegah kulit bermasalah akibat penggunaan facial wash.
  • Menyehatkan dan meminimalisir kulit terkena masalah.
  • Membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat secara optimal.
  • Menjaga kelembaban kulit alami.

Demikian informasi mengenai cara membersihkan wajah yang baik tanpa sabun, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.