Manfaat Cuci Muka dengan Air Garam Sebelum Tidur

Garam merupakan salah satu bumbu dasar di masyarakat kita.Biasanya garam ditambahkan untuk masakan sehingga menambahkan cita rasa masakan. Selain itu ternyata garam juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan wajah. Garam mempunyai beberapa manfaat yang mampu mengatasi masalah kulit wajah.

Manfaat Cuci Muka dengan Air Garam

Mencuci muka merupakan hal wajib yang dilakukan untuk menjaga kebersihan wajah den menjaga kesehatan kulit wajah. Biasanya masyarakat hanya mencuci muka menggunakan air biasa, lalu bagimana dengan manfaat mencuci muka menggunakan garam. Berikut mengenai manfaat cuci muka menggunakan air garam.

1. Mampu Membersihkan Wajah

Peran air garam untuk kecantikan wajah salah satunya yaitu untuk membersihkan wajah,air garam mampu mengangkat kotoran yang ada di kulit wajah sehingga memudahkan kita untuk membersihkan wajah. Cara memanfaatkan air garam untuk membersihkan wajah ini juga sangatlah mudah , cukup membasuh muka dengan air garam lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu basuh dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan secara teratur minimal 3 hari sekali. (Baca juga : Cara Membuat Masker Pisang untuk Rambut )

2. Mencerahkan Wajah

Manfaat garam bagi wajah yang kedua yaitu mampu mencerahkan wajah secara alami. Masalah wajah yang kusam dan cenderung gelap akan mengganggu penampilan seseorang. Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat memanfaatkan air garam. Hanya dengan membasuh muka dengan air garam, lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Maka masalah wajah yang gelappun teratasi sehingga wajah menjadi lebih cerah. (Baca juga : Cara Membuat Masker Pisang Tanpa Campuran )

3. Menghilangkan Jerawat

Masalah jerawat di wajah merupakan hal yang sangat dibenci oleh wanita. Jerawat di wajah disebabkan oleh beberapa faktor seperti hormon, jenis kulit berminyak, paparan sinar matahri dan penggunaan kosmetik yang tidak sesuai. Masalah jerawat di wajah apabila tidak segera diatasi maka akan membuat asalah tersebut lebih parah dan membuat penampilan seseorang menurun. Masalah tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan air garam. Caranya sangat mudah , cukup basuhlah muka dengan air garam lalu diamkan selama kuranglebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat , lalu air dingin. Apabila dilakukan secara rutin maka masalah wajah pun akan lebih cepat teratasi , sehingga wajah terbebas dari jerawat.( Baca juga: Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah Pria )

4. Mencegah Munculnya Jerawat

Selain mengatasi jerawat yang membandel di wajah , air garam juga dapat mencegah munculnya jerawat kembali. Biasanya seseorang merasa sudah aman dari jerawat apabila jerawat yang sebelumnya sudah hilang. Justru seseorang yang mempunyai jerawat akan lebih beresiko tinggi munculnya jerawat kembali.Untuk mencegah hal tersebut maka kita dapat memanfaatkan air garam ini untuk membasuh muka.Penggunaan air garam untuk mencuci muka secara teratur akan memberikan hasil yang maksimal sehingga kita terbebas  dari masalah jerawat. (Baca juga : Penyebab Bintik Hitam Pada Wajah )

5. Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan salah satu masalah kulit wajah yang banyak dialami oleh wanita maupun pria. Meskipun masalah ini cenderung tidak terlihat akan tetapi dapat menurunkan aura kecantikan kulit wajah seseorang. Maka dari itu walaupun masalah komedo tergolong masalah yang tidak terlihat tetap harus diperhatikan dan diatasi. Cara mengatasi masalah komedo ini bisa memanfaatkan air garam sebagai cara alami menghilangkan komedo. Cukup membasuh muka dengan air garam secara rutin maka komedo yang muncul akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi kita tetap harus konsisten dalam penggunaan air garam ini tidak boleh berlebihan. Karena penggunaan air garam untuk cuci muka secara berlebihan pun tidak baik, bisa menimbulkan iritasi sehingga hidung terasa perih. (Baca juga : Penyebab Bintik Hitam Pada Wajah )

6. Menghaluskan Kulit Wajah

Mempunyai kulit wajah yang halus merupakaan dambaan setiap orang. banyak orang yang melakukan perawatan disalon untuk mendapatkan kulit yang halus dan terbebas dari kulit kasar. Padahal untuk mendapatkan kulit yang halus juga dapat melakukan perawatan sendiri di rumah yaitu dengan cara memanfaatkan air garam. Air garam untuk cuci muka merupakan salah satu perawatan wajah secara alami, yang penggunaannya mudah dan praktis juga dapat dilakukan dirumah. Caranya cukup basuhlah muka menggunakan air garam slama 7 menit , setelah itu bilas menggunakan air bersih. Lakukan kebiasaan mencuci muka dengan ar garam ini secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang halus. (Baca juga : Cara Agar Rambut Keriting Menjadi Lurus Permanen )

7. Mengatasi kulit Kering

Masalah kulit kering dan bersisik sangat tidak disukai oleh wanita. Apalagi pada saat keadaan cuaca yang sangat panas maka akan lebih beresiko kulit menjadi kering dan bersisik . Apabila tidak segera diatasi dan dicegah akan menyebabkan masalah kulit yang lebih serius.Untuk mengatasinya kita dapat melakukan perawatan di salon ataupun di rumah secara alami.Pemanfaat air garam sebagai perawatan alami di rumah sangatlah cocok karena mudah dan ekonomis. Cukup membasuh muka secara rutin dan konsisten dalam penggunaannya maka akan teratasilah masalah kulit wajah yang kering dan bersisik. ( Baca juga :  Khasiat Kopi Untuk Wajah)

8. Menjaga Kelembaban Kulit

Banyak yang mengatakan bahwa air garam dapat menjaga kelembaban kulit wajah, meskipun belum ada penelitian lebih lanjut akan tetapi banyak orang yang percaya. Jika kulit kita terjaga kelembabannya maka secara otomatis kulit kita terbebas dari masalah kulit pecah-pecah, kulit kasar dan kulit kering.Memanfaatkan air garam ini cukup mudah cukup dengan membasuh muka dengan air garam lalu diamkan selama kuranglebih 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangt dan selanjutnya air dingin hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin agar mendapatkan kulit wajah yang selalu lembab. (Baca Juga : Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tidak Rontok )

9.  Menghilangkan Noda Hitam

Masalah wajah yang sering kita temui yaitu noda hitam mebandel akibat jerawat ataupun bukan jerawat. Noda yang lama membandel akan sulit sekali untuk dihilangkan butuh berbulan-bulan untuk bersih seperti sebelumnya. Akan tetapi untuk membantu proses menghilangkan noda yang membandel kita dapat memanfaatkan air garam. Air garam mempunyai khasia menyamarkan noda hitam pada kulit , caranya mudah cukup basuh muka menggunakan air garam lalu diamkan selama kurang lebih 7 menit bilas menggunakan air bersih. Pastikan melakukan kebiasaan ini secara rutin agar noda hitam yang terdapat di wajah cepat memudar. (Baca juga : Cara Membuat Rambut Halus Alami )

10. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain mengangkat kotoran pada kulit wajah, ternyata mencuci muka dengan air garam juga dapat mengangkat sel-sel  kulit yang sudah mati. Setiap harinya kulit melakukan regenerasi untuk menyeimbangkan kesehatan kulit , sel kulit yang telah mata akan diganti dengan sel kulit yang baru lagi. Hal ini akan terjadi terus menerus, sel kulit yang telah mati perlu kita bersihkan dari wajah.Maka pemanfaatan air garam untuk mencuci muka sangat cocok untuk membantu membersihkan atau mengangkat sel kulit yang telah mati. (Baca juga : Cara AgarRambut Mudah Diatur untuk Pria )

11.Membuat Rileks pada Kulit

Ternyata air garam juga mampu membuat kulit wajah kia lebih rileks. Karena air garam ini mengandung beberapa unsur yang dapat membuat otot-otot wajah menjadi rileks. Caranya mudah cukup basuhlah muka menggunakan air garam , kemudian pijatlah secara perlahan kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan cucilah wajah menggunaka sabun pencuci wajah. (Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Mengembang dengan Bahan Alami )

12. Mengencangkan Wajah

Manfaat Air garam untuk kesehatan kulit wajah yang terakhir yaitu , garam mampu mengenjangkan wajah sehingga akan mengurangi kerutan pada wajah. Setiap usia kita bertambah maka akan berkurang juga kualitas kesehatan kulit kita. Seperti wajah terlihat keriput , terdapat kerutan di beberapa are. Untuk meminimalisir hal tersebut, kita dapat memanfaatkan air garam. Cukup dengan mmencuci muka menggunakan air garam secara teratur. (Baca juga : Cara menghilangkan bintik-bintik putih di wajah )

Baca juga :

Penjelasan diatas merupakan manfaat garam untuk kesehatan kulit terutama dapat wajah. Meskipun air garam mempunyai sejuta manfaat , tetap saja dalam penggunaannya pun tetap harus bijaksana sesuai dosisi. Apabila berlebihan dalam penggunaannya justru akan menimbulkan masalah pada wajah yang lainnya.