25 Cara Agar Rambut Mudah Diatur dan Tidak Mengembang Terampuh

Rambut merupakan mahkota seorang wanita ,yang merupakan daya tarik tersendiri untuk membuat penampilannya lebih menarik.Akan tetapai 8 : 10 wanita memiliki beberapa masalah rambut diantaranya rambut rusak , kusam , kasar dan mengembang sehingga sulit untuk diatur.

Penyebab dari hal ini adalah kebiasaan buruk yang selalu dilakukan seperti melakukan pencatokan berlebihan , terkena terik matahari secara langsung yang berlebihan sehingg mudah sekali rambut kita rapuh dan tidak sehat. Selain masalah-masalah tersebut biasanya masalah yang sering dijumpai wanita yaitu rambut yang sulit diatur dan mengembang.

Cara Agar Rambut Mudah Diatur dan Tidak Mengembang

Rambut merupakan salah satu bagian dari tubuh yang wajib kita rawat agar tetap sehat. Akan tetapi sering kali para wanita melupakan hal-hal kecil dalam kebiasaan buruknya yang nantinya akan menyebabkan masalah-masalah pada rambut seperti rambut mengembang. Cara mengatasi rambut mengembang seperti singa dapat dilakukan 2 cara yaitu dengan menghindari kebiasaan buruk yang dilakukan dan melakukan cara merawat rambut mengembang menjadi lurus sehingga akan mudah diatur.

1. Jangan Keramas tiap Hari

Memang menjaga kesehatan rambut dengan keramas sangat penting , akan tetapi jika keramas setiap hari justru akan membuat rambut kehilangan minyak alaminya. Minyak alami merupakan minyak yang dihasilka oleh rambut. Apabila rambut kekurangan minyak alami makan akan menyebabkan rambut mengembang dan susah diatur. Maka dianjurkan untuk keramas dengan teratur minimal 1 kali per 3 hari ataupun 1 kali per 2 hari . Jika kita melakukan kebiasaan tersebut maka rambut akan mudah diatur.(Baca juga : Akibat Rambut Bercabang )

2. Pilihlah Shampoo yang Sesuai

Tidak semua jenis shampoo cocok dengan kita , hanya beberapa saja yang sesuai dengan jenis rambut kita . Antara rambut kering , rambut rontok dan rambut mengembang pasti berbeda-beda. Karena setiap rambut mempunyai kecocokan masing-masing, memilih shampoo yang salah akan menyebabakan masalah rambut salah satunya rambut mengembang dan sulit diatur. Maka dianjurkan untuk memilih jenis shampoo yang cocok untuk rambut ataupun bisa di konsultasikan dengan pakarnya secara langsung.(Baca juga : Cara merawat rambut keriting agar tidak mengembang )

3. Jangan Mengikat Rambut Keadaan Basah

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan setelah kita keramas adalah mengikatnya dalam keadaan basah. Hal ini justru akan menyebabkan rambut keita akan menjadi kaku,kering dan kusam sehingga saat kering akan mengembang dan susah untuk di atur. Cara mengatasi rambut kaku tebal dan mengembang dapat dilakukan dengan tidak melakukan kebiasaan buruk ini.

4. Jangan Tidur saat Keadaan Rambut Basah

Selain kebiasaan buruk diatas , kebiasaan lainnya yang menyebabkan rambut kita mengembang dansulit untuk diatur adalah tidur saat masih dalam keadaan rambut basah. Biasanya seseorang ang mandi malem lebih tinggi untuk melakukan kebiasaan buruk ini . Maka dari itu hindarilah kebiasaan buruk tidur saat rambut masih keadaan basah. (Baca juga: Penyebab Rambut Beruban )

5. Jangan Menggosok Rambut saat Keramas

Biasanya saat kramas kita menggosok-gosok rambut terlalu sering dan keras. Hal ini iakan menyebabkan rambut kusam dan sulit diatur.Selain itu masalah yang terjadi yaitu membuat rambut bercabang , rontok dan mengembang. Saat keramas perhatikan gerakan untuk membersihkan rambut usahakan 1 arah dan pelan-pelan. (Baca juga : Vitamin Rambut Anak )

6. Jangan Menggosok Rambut dengan Handuk

Biasanya setelah kramas ,kita tentu ingin rambut kita cepat kering. Sering kalikita menggosoknya dengan handuk agar cepat kering,meskipun cepat kering akan tetapi justru mengakibatkan rambut kita kusam , kasar dan mengembang sehingga sulit untuk diatur. Maka dari itu agar mudah mengaturrambut yang mengembang disarankan untuk tidak menggosok rambut dengan handuk setelah keramas. (Baca juga : Cara Menumbuhkan Rambut Pitak )

7. Menyisir Dengan Benar

Mungkin hal menyisir banyak yang menyepelekan , biasanya kita menyisir rambut dengan sembarang arah. Menyisirdengan arah yang benar ternyata mempengaruhi rambut kita muda diatur dan tidak mengembang. Arah menyisiryang benar adalah gerakan searah , dari atas ke bawah . Maka dari itu untuk mebuat rambut mudah di atur yang mengembang usahakan melakukan menyisir rambut dengan gerakan yang benar. (Baca juga : shampoo yang cocok untuk rambut kering )

8. Hindari Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari memang sangan bermanfaat bagi kesehatan tubuh , terutama kesehatan tulang. Akan tetapi terpapar sinar matahari secara langsung dan berlebihan dapat merusak rambut dan membuatnya mengembang. Maka dari itu disarankan saat terpapar sinar matahari menggunakan pelindung contohnya memakai topi saat keluar.(Baca juga : Shampoo untuk Rambut Mengembang )

9. Gunakan Kondisioner yang Cocok

Penggunaan konisioner yang sesuai dengan kondisi rambut juga akan membuat rambut mudah diatur dan tidak mengembang. Kondisioner mengandung bahan yang mamp menjaga rambut tetap halus dan mudah diatur sehingga tidak mengembang. Akan tetapi kondisioner setiap jenis rambut juga berbeda-beda , maka gunakan kondisioner yang tepat. (Baca juga : Penyebab Rambut Rontok pada Wanita Berjilbab )

10. Potongan Rambut yang Tepat

Ternyata jenis potongan rambut juga mempengaruhi mudah tidaknya ambut kita diatur.Apabila salah memilih jenis potongan rambut , akan mengakibatkan rambut susah diatur dan tidak rapi. Jenis rambut yang identik kering dan kusam apabila salah memilih jenis potongan maka akan membuat rambut tampak mengembang seperti singa sehingga mudah untuk diatur. (Baca juga : Penyebab muka kasar dan berbintik )

11. Rutin Memotong Rambut

Tidak hanya pria saja yang harus rutin memotong rambut , ternyata wanita juga dianjurkan untuk memotong rambut 1 bulan 1 kali. Ini guna mengurangi rambut bercabang yang nantinya membuat rambut kita mengembang. Usahakan memotong rambut setiap 1 bulan sekali kurang lebih 1 cm setiap pemotongan. Hal ini akan membuat rambut tetap sehat dan terhindar dari masalah rambut bercabang , kering , kusam dan mengembang. (Baca juga : Cara mengatasi wajah berminyak dengan bahan alami )

12. Hindari Pewarnaan Rambut

Memang pewarnaan rambut sanga marak sekali dilakukan apalagi bagi anak remaja , karena beranggapan akan terlihat menarik. Akan tetapi pewarnaan rambut mempunyai efaak antaa lain membuat rambut kering , kusam, bercabang dan mengembang sehingga sulit untuk diatur. Apalagi jika kita sering bergonta-ganti warna rambut maka akan beresiko lebih tinggi membuat rambut semakin rusak. (Baca juga : Cara Tradisional Merawat Rambut Bercabang )

13. Gunakan Catok Rambut

Penggunaan catok rambut juga dapt membantu mengaturrambut yang susah diatur dan mengembang. Akan tetapi saat menggunakan catok rambuk usahakan dengan suhu yang pas dan tidak terlalu panas. Karena apalagi menggunakan catol berlebihan akan menimbulkan efek pada rambut yang tidak baik, seperti rusak dan bercabang. (Baca juga : Cara menghilangkan bulu ketiak secara alami tanpa cukur )

14. Gunakan Vitamin

Perawatan dari luar rambut itu sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut kita , salah satunya yaitu dengan cara penggunaan vitamin dari luar. Selain untuk menjaga kesehatan rambut , vitamin rambut ini juga dapat membantu kita mengaur rambut yang susah diatur dan mengembang.(Baca juga : Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan putih telur )

15. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Nutrisi sangat penting bagi kita , karena dari nutrisi tubuh kita menjadi sehat.Manfaat dari nutrisi antara lain menjaga kesehatan tubuh, menjaga kesehatan kulit, serta menjaga kesehatan rambut. Rambut mengembang salah satunya disebabkan oleh pemenuhan nutrisi yang kurang.Maka dari itu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi sehingga rambut kita terjaga kesehatannya.(Baca juga :  Cara menghilangkan muka merah akibat sinar matahari)

16. Minyak Rambut

Salah satu cara untuk membuat rambut tidak mengembang yaitu dengan menggunakan minyak rambut setelah keramas. Gunakan merek minyak rambut apa saja yang penting cocok untuk rambut masing-masing.Gunakan minyak rambut setelah keramas dalam keadaan rambut setengah kering , lalu oleskan secara merata. (Baca juga : Cara Memutihkan Tangan dengan Cepat )

17. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak alami yang mempunyai banyak khasiat , antara lain untuk kulit , tubuh dan rambut. Ada beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut anak serta orang dewasa. Minyak zaitun dapat membantu rambut  untuk menghasilkan minyak alami yang membuat rambut mudah diatur dan tidak mengembang. Caranya cukup oleskan minyak zaitun secukupnya secara merata di rambut , dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dan keramaslah.

18. Minyak Jarak

Selain dapat menggunakan minyak zaitun , ternyata minyak jarak juga dapat dimanfaatkan untuk masker rambut. Khasiatnya tidak jauh berbeda dengan minyak zaitun dalam menjaga kesehatan rambut. Oleskan minyak jarak secukupnya secara merata ke rambut , lalu diamkan sampai meresap dan bilaslah menggunakan shampoo. (Baca juga : Penyebab Rambut Kaku dan Kasar )

19. Minyak Kelapa

Selain dimanfaatkan untuk menggoreng makanan ,ternyata minyak kelapa juga dapat digunakan untuk membantu rambut mudah diatur dan tidak mengembang. Cukup oleskan minyak kelapa secara menyeluruh ke rambut , diamkan hingga meresap dan keramaslah. (Baca juga : Manfaat Bulu Halus di Wajah )

20. Minyak Kemiri

Selain digunakan untuk menyuburkan rambut, minyak kemiri juga berperan untuk membuat trambut halus sehingga tidak mengembang. Maka minyak kemiri sangat cocok untuk mengatur rambut kita yang susah diatur dan mengembang. Caranya sama dengan penggunaan masker hot oil treatment yaitu mengoleskan minyak kemiri menyeluruhke rambut ,lalu bungkus dengan handuk hangat ,diamkan kurang lebih 20 menit. Setelah benar-benar meresap keramaslah menggunakan shampoo. (Baca juga : Cara melembutkan rambut kering )

21. Alpukat

Penggunaan masker alpukat tidak hanya digunakan pada wajah saja , akan tetapi pada rambutpun juga dapat menggunakan masker alpukat. Masker alpukat mengandung banyak nutrisi dan viamin E yang baik untuk rambut. Cukup siapkan alpukat yang suudah dihaluskan ,lalu oleskan secara merata diamkan dengan membungkusnya dengan handuk selama 30 menit. Setelah semuanya selesai bilas hingga bersih menggunakan sampah. (Baca juga : Cara menghilangkan leher hitam pada orang gemuk )

22. Kuning Telur

Kuning telur juga banyak mengandung nutrisi dan lemak yang baik untuk  menjaga kesehatan rambut serta ketahui juga manfaat telur untuk rambut yang lainnya. Selain untuk membuat rambut kuat dan tidak mudah rontok juga dapat membantu rambut lebih halus dan mudah diatur. Siapkan 3 buah kuning telur , kocok sebentar lalu oleskan secara merata padda rambut , diamkan selama 30 \dengan rambut yang dibungkus oleh handuk agar meresap.Yang terakhir bilas dengan air bersih dan keramaslah.

23. Yogurt

Selain rasanya yang enak dan lezat untuh campuran makanan ternyata yogur dapat dimanfaatkan untuk masker rambut. Siapkan yogur secukupnya , oleskan hingga merata diamkan dengn handuk hangat sampai  meresap , jika sudah keramaslah. (Baca juga : Penyebab Rambut Beruban Di usia 20an )

24. Madu

Manfaat madu untuk rambut sangat banya sekali mulai mampu menjaga kehalusan hingga merawat kulit kepala. Madu merupakan salah satu cara untuk merawat rambut mdnngembang , karena madu mampu menutrisi rmbut agar tidak kering dan kusam. Oleskan madu secara menyeluruh , diamkan selama 20 menit,bilas dengan menggunakan air bersih dan shampoo.

25. Mayonaise

Mayones selain untuk toping makanan ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk masker rambut , caranya sangat mudah hanya cukup oleskan mayoaise secukupnya ke rambut , diamkan selama 30 menit dengan dibungkus anduk hangat , setelah slesai bilas menggunakan air bersih dan keramaslah.

Baca juga :

Ternyata mengatur rambut mengembang yang susah ditata sangatlah mudah. Selalu jaga rambut kita tetap sehatdengan cara melakukan perawatan-perawatan seperti diatas.