8 Cara Membersihkan Wajah yang Benar Sebelum Tidur

Sesudah beraktivitas selama satu hari penuh, tentunya tubuh dan juga wajah tidak hanya kelelahan namun juga sangat kotor ditambah dengan make up, polusi udara serta minyak yang menutup pori wajah. Untuk itulah membersihkan wajah menjadi sangat penting agar bisa tidur dalam keadaan bersih dan tidak membuat wajah terlihat semakin kusam. Jika anda tidur dalam keadaan kulit wajah yang kotor, maka tidak hanya menjadi penyebab kusam, namun bisa juga menyebabkan kulit iritasi, jerawat dan masalah kulit lainnya sehingga mencuci muka menjadi hal wajib yang dilakukan saat malam sebelum tidur baik untuk wanita dan juga pria. Meski terdengar sepele, namun beberapa dari anda mungkin ada yang belum mengetahui tentang bagaimana cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur. Agar anda bisa melakukannya dengan benar, silahkan simak ulasan singkat yang kami berikan kali ini sebagai panduan.

  1. Gunakan Pembersih yang Tepat

Untuk memilih pembersih wajah atau cleanser yang tepat, maka baca dengan baik keterangan pada label kemasan dan sesuaikan dengan jenis kulit anda untuk menurunkan risiko penyebab alergi kulit wajah. Untuk anda yang memiliki kulit kombinasi, maka sebaiknya pilih cleanser yang tidak membuat kulit kering namun tetap bisa memberikan kelembaban pada wajah anda.

  1. Pakai Air Hangat

Membasuh wajah dengan air hangat sangat baik untuk membuka pori pori sehingga segala kotoran, minyak dan sel kulit mati penyumbat pori bisa terangkat secara mudah namun jangan terlalu panas karena bisa menjadi penyebab kulit cepat keriput. Sesudah membasuh wajah memakai air hangat, anda bisa melanjutkan dengan menggosok cleanse pada tangan hingga berbusa dan usapkan ke seluruh wajah memakai gerakan melingkar sambil memijat kulit agar sirkulasi darah bisa lancar.

  1. Jangan Hanya Menggunakan Tisu Make Up

Tisu make up yang beredar saat ini memang dirancang khusus untuk membersihkan kulit wajah dengan praktis khususnya bagi anda yang sering terburu buru. Akan tetapi, menggunakan tisu make up ini masih bisa meninggalkan sisa make up dan kotoran pada kulit yang menjadi penyebab kulit kering dan kusam sehingga harus dilanjutkan dengan membersihkan wajah memakai produk pembersih favorit anda.

  1. Gunakan Micellar Water

Membersihkan wajah dengan air keran bukan menjadi satu satunya cara untuk membersihkan atau mencuci wajah anda, namun anda bisa menggunakan micellar water yang merupakan produk perawatan kulit terkini lengkap dengan gelembung kecil misel untuk mengangkat kotoran hingga tuntas. Selain itu, micellar water ini juga bisa melembabkan, aman digunakan untuk kulit sensitif dan mudah dalam penggunaannya dengan tekstur sama seperti air.

  1. Pilih Pembersih Berbahan Dasar Minyak

Pembersih wajah berbahan dasar minyak sangat baik digunakan untuk membersihkan make up dan kotoran sebelum tidur karena sedikit lembab yang bahkan bisa menghilangkan riasan mata susah dihilangkan seperti maskara tahan air dan merk lipstik waterproof. Anda hanya cukup mengoleskan pembersih wajah ini kemudian dibilas untuk membersihkan wajah secara menyeluruh.

  1. Hindari Menggunakan Sabun Biasa

Saat anda ingin membersihkan wajah, maka hindari memakai sabun biasa karena bisa membuat kulit wajah semakin kering. Untuk itu, pastikan sabun pembersih yang anda gunakan adalah sabun khusus pembersih wajah serta sesuaikan juga dengan jenis kulit anda seperti sabun pembersih wajah yang bisa menghilangkan flek.

  1. Lakukan Pengelupasan Kulit

Pengelupasan kulit, cara menghilangkan sel kulit mati di wajah atau eksfoliasi juga sangat penting untuk dilakukan setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Anda tidak harus menggunakan produk scrub komersil, namun anda bisa memakai scrub alami ringan seperti gula, garam atau gula dan bahkan bisa dilakukan dengan sikat perawatan kulit lembut untuk mengangkat sel kulit mati beserta kotoran hingga tuntas.

  1. Gunakan Masker

Anda juga bisa menggunakan masker perawatan wajah yang mengandung asam ringan seperti asam alfa hidroksi atau asam beta hidroksi untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa dilakukan beberapa kali dalam seminggu sebelum tidur agar kulit anda bebas dari penumpukan minyak dan kotoran untuk pencegahan jerawat, cara menghilangkan komedo putih di hidung dan berbagai masalah kulit wajah lain.

Demikian ulasan singkat namun penting yang bisa kami berikan kali ini tentang cara membersihkan wajah yang benar sebelum tidur untuk memastikan kulit dalam keadaan bersih dan terbebas dari segala sisa make up, kotoran, debu dan juga minyak sehingga bisa bangun di esok pagi dengan tampilan wajah lebih segar.