Cara Membuat Masker Bengkoang Bubuk Untuk Memutihkan Wajah yang Benar

Dengan banyaknya produk pemutih kulit yang dijual di pasaran, para wanita yang ingin memutihkan kulit akan memiliki beragam pilihan. Akan tetapi semua produk tersebut tentunya berbahan kimia yang dapat memiliki efek samping untuk kesehatan jika digunakan dalam jangka waktu lama. Karena itu sekarang telah banyak wanita yang beralih kepada bahan – bahan alami untuk merawat wajahnya, dan salah satunya adalah bengkoang. Bengkoang bermanfaat untuk digunakan dalam perawatan wajah, salah satunya sebagai masker untuk memutihkan kulit wajah.

Di dalam bengkoang ada banyak zat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan, antara lain vitamin C yang dapat memudarkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu juga ada vitamin A, E dan K, B kompleks seperti folat, riboflavin, pyridoxin, asam pantothenat, thiamin dan masih banyak lagi. Bengkoang memiliki nama ilmiah Pachyrzus Erossus, yang tumbuh di iklim tropis dan semi tropis. Tanaman ini memiliki umbi – umbian yang dapat memiliki berat sampai 5 kg dan berbentuk bulat yang biasanya digunakan sebagai salad, acar, dan masker untuk wajah.

Manfaat Bengkoang Untuk Wajah

Anda dapat menggunakan manfaat memakai masker bengkoang  setiap hari dengan aman dengan kadar yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya bagi kulit wajah. Beberapa manfaat bengkoang untuk kulit wajah antara lain:

  • Menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat akan membuat para wanita khususnya merasa tidak percaya diri karena walaupun mudah mengatasi munculnya jerawat, namun orang yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif akan mudah berjerawat dan itu berarti membuat resiko bekas jerawat meningkat. Noda – noda hitam bekas jerawat biasanya muncul di pipi dan membuat wajah tampak tidak mulus. Cara membuat masker bengkoang bubuk selain lebih praktis juga berguna untuk membantu menghilangkan bekas jerawat tersebut. Kandungan Pachyrzon, rotenon, vitamin B1 dan C dalam bengkoang akan membantu menghilangkan flek hitam di wajah serta bekas jerawat yang sulit hilang.

  • Menyegarkan kulit wajah

Cara membuat masker bengkoang bubuk akan menjadi bantuan yang sangat berguna bagi dunia perawatan kecantikan karena akan membuat wajah terlihat segar dan tidak kusam. Semua ini berkat kandungan vitamin A dan B1 yang menutrisi sel kulit wajah sehingga mudah beregenerasi agar tampak mulus, cerah dan juga segar, jauh dari kekusaman.

  • Mengatasi kulit kusam dan kering

Cara mengatasi wajah kusam dan kering bisa dilakukan melalui cara membuat masker bengkoang bubuk. Dengan penggunaan secara teratur, Anda akan terhindari dari masalah yang membuat hampir semua wanita merasa tidak nyaman akan penampilan kulit wajahnya. Dengan kandungan air tinggi sejumlah 80-90%, bengkoang sangat cocok digunakan untuk menjaga kadar air dalam kulit. Kadar air yang terjaga akan membuat kulit wajah selalu tampak kenyal dan tidak tampak mengendur.

  • Memutihkan kulit wajah

Konon bengkoang sudah digunakan para wanita zaman dulu sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan kulit wajah. Karena itulah bengkoang dapat menjadi salah satu pilihan alami yang tepat untuk cara membuat wajah putih bersih secara alami dan cepat. Penggunaan bengkoang secara teratur sebagai masker wajah akan turut membantu sebagai cara mencegah penuaan dini. Bengkoang memiliki kandungan antioksidan tinggi berupa vitamin C yang akan berfungsi sebagai anti penuaan yang mengatasi keriput dan garis halus.

Pembuatan Masker Bengkoang Bubuk

Bengkoang dapat dibuat menjadi bubuk agar lebih mudah untuk disimpan dan digunakan kapan saja. Cara membuat masker bengkoang bubuk yang benar  untuk memutihkan wajah yaitu:

A. Cara 1

  • Pilih bengkoang yang sudah tua lalu kupas kulitnya lebih dulu dan cuci bersih.
  • Kemudian iris – iris tipis sekitar lima milimeter dan jemur sampai benar – benar sudah kering.
  • Untuk memastikan sudah benar – benar kering, Anda bisa memasukkannya dalam oven agar semua sisa airnya menguap.
  • Tumbuk bengkoang yang sudah kering dengan menggunakan alat bernama stemper atau ulekan yang bersih sampai menjadi bubuk.
  • Simpan bubuk bengkoang ke dalam wadah yang kering dan kedap udara agar dapat digunakan kapan saja untuk masker wajah.

B. Cara 2

  • Siapkan bengkoang yang sudah matang secukupnya lalu kupas dan cuci sampai bersih.
  • Potong atau iris tipis – tipis dan haluskan dengan parutan atau blender.
  • Saring ampasnya menggunakan kain penyaring dan pisahkan.
  • Tutup cairan hasil penyaringan tersebut hingga terdapat pemisahan endapan yang terbentuk di bagian bawah cairan.
  • Pisahkan air dan endapannya, lalu jemur endapan tersebut hingga benar- benar kering.
  • Simpan bubuk bengkoang untuk digunakan sebagai masker wajah kapan saja.

Setelah itu, Anda bisa mencampurkan bubuk bengkoang dengan bahan – bahan alami lainnya seperti air mawar, minyak zaitun, jeruk nipis, madu, cara membuat masker bengkoang dan putih telur,  dan banyak lagi. Jangan lupa untuk membersihkan wajah dan tangan sebelum mengaplikasikan masker bengkoang bubuk ke kulit wajah Anda.

Tips Dalam Menggunakan Masker Bengkoang

Proses pemakaian masker bengkoang setelah Anda melakukan cara membuat masker bengkoang bubuk tidak hanya sekedar mengoleskan ke wajah saja. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menggunakan bengkoang bubuk sebagai masker wajah. Aturan pemakaian masker bengkoang bubuk, cara memakai masker bengkoang yang benar dan cara menggunakan masker bengkoang di rumah yaitu:

  • Pastikan wajah bersih sebelum dioleskan masker tersebut, bebas kotoran, sisa make up atau keringat. Masker tidak dapat meresap dengan sempurna pada kulit wajah yang kotor.
  • Gunakan handuk halus yang dibasahi air hangat untuk membersihkan wajah setelah menggunakan masker agar kulit wajah tidak menjadi iritasi.
  • Anda dapat mengeringkan masker di wajah dengan mengangin – anginkannya di udara terbuka atau dengan menggunakan kipas tangan.
  • Gunakan masker setelah mandi dan dalam skala yang rutin agar dapat segera terlihat efeknya pada kulit wajah.

Cara membuat masker bengkoang bubuk bisa Anda lakukan untuk membuat wajah tampak lebih putih dan bersih. Gunakan bengkoang dalam kadar yang secukupnya dan jangan sampai berlebihan hanya agar bisa mendapatkan hasil yang cepat. Perawatan menggunakan bahan alami akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menunjukkan efeknya, karena itu Anda tidak dapat memaksakan hasilnya dan perlu kesabaran untuk menunggu. Masker bengkoang memang dapat digunakan setiap hari, namun berhati- hatilah agar tidak menggunakannya secara berlebihan.