13 Cara Membuat Masker Bengkoang dan Putih Telur Praktis

Kulit wajah yang bersih, sehat dan tampak muda adalah idaman setiap wanita. Tidak ada wanita yang ingin mengalami keriput di wajah, jerawat, ataupun berbagai kondisi lainnya yang dapat merusak penampilan wajahnya. Penyebab wajah terlihat tua di usia muda dan penyebab wajah cepat tua sangat dihindari oleh para wanita yang memperhatikan perawatan wajahnya. Banyak wanita yang menggunakan produk perawatan wajah modern agar praktis dan cepat tanpa perlu memakan banyak waktu.

Segi negatifnya, biaya untuk menggunakan produk – produk mutakhir tersebut tentunya tidak ringan. Padahal sejak dulu ada bahan – bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat wajah agar terbebas dari masalah kulit dan membuat wajah menjadi putih berseri bebas jerawat, minyak serta komedo. Untuk Anda yang ingin beralih mencoba berbagai produk perawatan wajah berbahan kimia ke bahan alami, ada masker wajah yang terbuat dari bengkoang dan putih telur.

Manfaat Bengkoang untuk Wajah

Bengkoang banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan produk kecantikan. Kandungan nutrisinya yang lengkap membuat bengkoang sangat baik untuk digunakan dalam perawatan kulit, misalnya kandungan vitamin C yang tinggi didalamnya. Manfaat bengkoang untuk kulit wajah antara lain:

  • Mencegah penuaan dini, menghilangkan garis halus dan keriput di wajah karena radikal bebas.
  • Menyegarkan kulit wajah karena kandungan airnya yang sangat tinggi karena itu ada cara membuat masker bengkoang dan putih telur untuk perawatan kulit.
  • Mencerahkan kulit yang kusam dan sebagai pencerah wajah alami berkat kandungan vitamin C didalamnya, juga meratakan warna kulit dan menghilangkan noda di kulit wajah, juga cara menghilangkan flek hitam di pipi.
  • Manfaat bedak dingin untuk wajah menggunakan bengkoang untuk mendinginkan kulit yang terkena sengatan sinar matahari.
  • Melembabkan kulit wajah yang kering dan kusam agar tidak bersisik dan kusam.
  • Menghilangkan jerawat di wajah yang mengganggu penampilan dengan cara membuat masker untuk kulit berminyak menggunakan bengkoang.

Kebaikan Putih Telur untuk Wajah

Putih telur telah digunakan sebagai resep masker wajah sejak zaman dulu khususnya di Asia untuk mendapatkan kondisi kulit wajah yang sempurna. Penelitian menyatakan bahwa protein dalam putih telur sangat baik untuk menjaga elastisitas kulit. Dalam sebutir telur terkandung sekitar 69 jenis protein berbeda yang mempunyai khasiat ajaib sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah dengan putih telur dan cara mengencangkan wajah dengan putih telur untuk mengurangi garis – garis halus dan juga keriput yang dalam. Putih telur tinggi akan kolagen dan vitamin A yang sangat penting untuk digunakan dalam produk penyembuh bekas luka atau bekas luka bakar.

Selain itu putih telur juga bagus untuk memutihkan kulit dan meratakan warna kulit dan bekerja dengan mengagumkan untuk kulit berminyak dengan mengecilkan pori – pori yang besar di permukaan kulit wajah, dengan demikian juga mengurangi produksi sebum yang berlebihan. Pori – pori yang besar juga merupakan ladang potensial untuk pertumbuhan bakteri yang menyebabkan berbagai sumbatan di wajah. Kandungan Lysozyme di dalam putih telur juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara Membuat Masker Bengkoang dan Putih Telur

Penggunaan bengkoang saja sebagai bahan untuk masker wajah sebenarnya sudah cukup, akan tetapi tambahan putih telur dapat memberikan khasiat yang lebih baik lagi. Cara membuat masker bengkoang dan dikombinasikan dengan cara membuat masker putih telur yaitu:

  1. Siapkan bengkoang yang segar dan matang secukupnya.
  2. Kupas dan cuci sampai bersih, lalu parut.
  3. Ambil sari bengkoang dengan memeras parutan bengkoang tersebut.
  4. Pisahkan ampas dan sari bengkoang lalu masukkan sarinya ke dalam wadah.
  5. Diamkan sari bengkoang beberapa saat sampai terbentuk endapan.
  6. Buang sisa air sari bengkoang yang berwarna bening, simpan endapannya.
  7. Tambahkan putih telur yang sudah dikocok rata ke dalam endapan bengkoang.
  8. Aduk kedua bahan sampai merata.
  9. Bersihkan wajah terlebih dulu seperti biasanya, keringkan wajah.
  10. Gunakan masker bengkoang dan putih telur ke wajah.
  11. Tunggu sampai mengering dengan sendirinya
  12. Bersihkan masker dengan lap handuk yang lembut dan air hangat
  13. Bilas dengan air dingin, keringkan wajah dengan ditepuk menggunakan handuk.

Kandungan Nutrisi dalam Putih Telur

Putih telur mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting untuk perawatan kulit, terutama kulit wajah. Kandungan nutrisi dalam putih telur tersebut yaitu:

  • Protein – Bermanfaat untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan, mendorong kulit yang kuat dan bebas keriput.
  • Potassium – Zat ini dapat menghidrasi dan melembabkan kulit, memelihara kelembaban dalam sel kulit.
  • Riboflavin – Menghilangkan racun dan radikal bebas yang merusak sel kulit penyebab keriput di wajah, menjadi cara mengatasi muka tua karena keriput yang muncul lebih awal.
  • Magnesium – Bermanfaat untuk kulit yang tampak bersinar dan awet muda, juga memperlambat proses penuaan pada kulit wajah.

Ketika menggunakan masker wajah dari bahan bengkoang dan telur, pastikan untuk menghindari area mata, lubang hidung dan mulut. Juga hindari untuk menggosok wajah dengan keras agar tidak menimbulkan iritasi. Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal maka lakukanlah perawatan ini dengan rutin dan telaten. Manfaat menggunakan masker bengkoang setiap hari atau minimal dua hari sekali sudah cukup.