11 Manfaat Masker Pepaya dan Putih Telur Untuk Mengatasi Penuaan Dini

Untuk mendapatkan kulit wajah yang terlihat sempurna tanpa cela memang bukan perkara mudah untuk dilakukan. Apabila ingin menempuh cara cepat, maka bisa melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan. Sementara untuk cara yang lebih aman, murah dan mudah maka bisa menggunakan perawatan di rumah memakai beberapa bahan dari alam. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Namun salah satu cara paling aman adalah dengan memakai bahan alami sebagai masker wajah anda seperti manfaat masker pepaya dan putih telur untuk perawatan wajah dan menjadi solusi terbaik dalam mengatasi beberapa masalah di kulit wajah.

Pepaya yang memiliki nama Latin Carica Papaya ini memiliki begitu banyak manfaat untuk kecantikan. Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, mengatasi berbagai masalah penuaan dini dan banyak kegunaan lain. Sedangkan dalam putih telur mengandung protein, vitamin E, zat besi dan beberapa nutrisi lain yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan yang akan kami berikan kali ini mengenai khasiat dari kombinasi masker pepaya dan putih telur untuk wajah.

  1. Mengatasi Jerawat

Jerawat bisa terjadi karena sekresi sebum berlebihan yang terjadi pada permukaan kulit dan umumnya dialami oleh kulit berminyak. Kombinasi antara enzim papain dalam buah pepaya dan juga putih telur sangat baik untuk mencegah dan mengatasi jerawat yang meradang. Selain itu, manfaat putih telur untuk wajah yang mengandung asam amino dan protein dalam telur akan mempercepat penyembuhan jerawat meradang di wajah.

  1. Mengecilkan Pori Pori

Pori pori wajah yang besar akan membuat kotoran menumpuk di dalam pori pori tersebut sehingga timbul komedo dan jerawat. Untuk mengecilkan ukuran pori pori ini bisa dilakukan dengan memakai masker pepaya serta putih telur secara teratur. Dalam telur mengandung zat astringent yang berguna untuk membentuk jaringan biologis mengalami kontraksi sehingga mengecilkan pori pori. Putih telur juga mengandung enzim lysozyme yang sering ditemukan pada bahan pengawet alami untuk mencegah pembusukan sehingga selain ampuh mengecilkan pori juga ampuh untuk menjaga keelastisitasan kulit dan mengencangkan pori pori. Sedangkan manfaat pepaya untuk kulit yang mengandung enzim papain, vitamin A dan vitamin C akan bertindak juga sebagai pengecil pori pori yang sangat ampun sekaligus menutrisi kulit.

  1. Membersihkan Kulit

Sisa make up yang tidak dibersihkan secara sempurna akan menjadi penyebab timbulnya banyak masalah pada kulit wajah sebab akan menyumbat pori pori wajah. Kandungan enzim dalam pepaya memiliki sifat anti bakteri yang bisa membunuh banyak bakteri di wajah sekaligus mengangkat sel kulit mati. Sedangkan putih telur yang mengandung zat perekat tinggi akan mengangkat kotoran yang menyumbat pori lebih sempurna dan menyeluruh. Cara membuat masker pepaya dan putih telur juga sangat mudah yakni dengan menghaluskan buah pepaya dan campur dengan putih telur.

  1. Memutihkan Wajah dan Leher

Dalam buah pepaya juga mengandung zat untuk memutihkan kulit secara alami dan juga aman digunakan. Sementara telur yang memiliki kandungan protein dan vitamin E akan membantu meregenerasi sel kulit mati karena terbakar matahari sehingga warna alami kulit akan kembali dalam waktu yang cepat. Kombinasi kedua bahan ini sangat baik digunakan sebagai cara memutihkan leher dengan cepat dan wajah.

  1. Melembabkan Kulit

Cara melembabkan wajah yang kering dan kusam bisa dilakukan dengan memakai masker pepaya dan putih telur sangat baik untuk melembutkan, melembabkan dan mengembalikan kekenyalan kulit. Enzim dalam pepaya akan menghilangkan masalah kulit kering dan terkelupas sebab akan menghidrasi kulit dengan sangat baik. Selain itu, pepaya juga memiliki banyak kandungan air sehingga ampuh untuk menghaluskan sekaligus melembabkan kulit. Sementara putih telur yang bersifat menarik kelebihan minyak pada wajah juga tidak akan membuat kulit kering karena mengandung protein tinggi didalamnya.

  1. Mengurangi Keriput

Penyebab kulit keriput bisa terjadi karena banyak alasan seperti pola makan buruk, polusi dan terlalu banyak memakai bahan kimia dalam kosmetik. Buah pepaya bisa digunakan untuk mengurangi tanda tanda penuaan seperti munculnya keriput pada wajah. Enzim dalam pepaya akan mengeluarkan sel kulit mati dari permukaan kulit sekaligus membantu menghilangkan keriput serta bintik hitam yang juga menjadi tanda dari penuaan dini. Sementara putih telur memiliki sifat mengencangkan kulit yang kendur karena keriput di bagian pipi dan di area sekitar mata.

  1. Menenangkan Kulit Sensitif

Kulit sensitif terbilang cukup sulit dalam urusan perawatannya. Kandungan dalam daging buah pepaya sangat baik untuk menyembuhkan dan menenangkan dan baik digunakan sebagai cara merawat kulit sensitif. Sementara putih telur akan menghilangkan kotoran, mengatasi minyak berlebih dan menenangkan kulit serta aman digunakan untuk kulit sensitif dan mencegah timbulnya radang.

  1. Menyembuhkan dan Menyamarkan Luka Bakar

Buah pepaya memang memiliki kekuatan penyembuhan yang sangat luar biasa. Enzim papain dalam pepaya yang jumlahnya sangat berlimpah akan mengatasi dan menenangkan luka bakar dan sangat aman karena tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Sedangkan kandungan protein dalam telur akan membantu produksi kolagen untuk mengembalikan tekstur awal kulit sehingga juga baik digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Sedangkan cara mencegah kulit terbakar bisa dilakukan dengan menghindari sinar matahari yang terik di siang hari

  1. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Penyebab wajah berminyak dan berjerawat adalah karena mengkonsumsi makanan yang kurang baik, faktor turunan, gaya hidup tidak sehat atau karena jenis kulit itu sendiri. Kandungan protein dalam putih telur sangat baik untuk menyerap kelebihan minyak pada permukaan kulit sekaligus membuat wajah menjadi kencang dan segar namun tidak mengkilap. Sementara buah pepaya yang mengandung vitamin C tinggi juga akan mengurangi produksi minyak berlebih pada area wajah anda.

  1. Menghilangkan Komedo

Perpaduan dari pepaya dan putih telur sangat baik untuk mengecilkan pori pori, mengurangi produksi minyak dan juga kotoran. Masker ini juga sangat baik digunakan untuk menghilangkan komedo hitam dan putih dan kandungan protein dalam telur akan membantu proses penyembuhan serta memberikan nutrisi untuk kulit. Cara menghilangkan komedo dengan putih telur dan pepaya juga cukup mudah yakni dengan mencampur kedua bahan ini hingga menjadi pasta dan terapkan pada area wajah yang berkomedo.

  1. Menghilangkan Bulu Halus di Wajah

Selain menggunakan krim penghilang bulu, anda juga bisa menghilangkan bulu halus di wajah dengan kombinasi masker ini. Sifat lengket yang ada dalam telur akan mengangkat seluruh bulu halus yang ada di wajah seperti di atas bibir dan di kening. Sedangkan kandungan dalam buah pepaya yang juga lengket dan mengandung enzim papain akan membantu pengangkatan rambut halus tersebut.

Demikian ulasan lengkap dari kami mengenai manfaat masker pepaya dan putih telur untuk segala masalah pada wajah khususnya yang berhubungan dengan penuaan dini seperti keriput, bintik hitam dan garis halus sehingga tampilan wajah akan terlihat lebih awet muda.