Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur Paling Ampuh

Sponsored Links

Komedo adalah kata yang menyebalkan bagi sebagian besar wanita. Bagaimana tidak, jika keberadaan komedo ini mengganggu kesempurnaan kulit wajah kita. Setiap wanita pastinya senang tampil sebaik – baiknya agar kecantikan wajahnya menonjol dan mendorong rasa percaya dirinya juga. Bayangkan saja kalau sedang asyik berkaca dan berhias, tiba – tiba ada noda yang mengganggu penampilan kulit wajah yang terlihat dengan jelas pula dari jarak dekat. Biasanya komedo terlihat pada area yang paling berminyak di kulit wajah, yaitu area T : dahi, hidung dan dagu. Paling banyak dan jelas adalah di hidung yang akan tampak dari jarak dekat.

Jenis Komedo

Salah satu noda pada wajah itu adalah komedo. Sebenarnya apa komedo tersebut dan bagaimana komedo bisa muncul di wajah? Komedo itu adalah pori -pori kulit yang tersumbat, bisa oleh kotoran, sel kulit mati, ataupun minyak berlebih di wajah. Komedo ada dua jenis, yaitu akan dijelaskan berikut ini:

  • Whitehead: Whitehead atau komedo putih adalah komedo yang tertutup lapisan kulit dan akan terlihat seperti tonjolan putih kecil – kecil di wajah. Minyak dan bakteri yang terperangkapdi bawah lapisan kulit lama kelamaan akan mengeras dan membentuk tonjolan putih di wajah.
  • Blackhead: Blackhead adalah komedo yang terlihat seperti pori – pori yang berwarna hitam dan membesar. Warna hitam itu terjadi karena pori – pori mengalami oksidasi sehingga berubah warna menjadi hitam atau kecoklatan.

Komedo tidak terasa sakit karena tidak mengalami peradangan seperti jerawat. Akan tetapi jika digaruk atau dipencet – pencet, bisa saja peradangan itu terjadi. Apalagi kalau sampai terjadi luka pada kulit.

Penyebab Komedo

Umumnya komedo terjadi karena kulit memproduksi minyak yang berlebihan sehingga menyumbat pori – pori kulit. Keadaan inilah yang membuat wajah jadi makin beresiko mengalami komedo. Faktor yang menyebabkan resiko komedo pada wajah adalah:

  • Hormon: Kondisi hormon yang tidak stabil akan menyebabkan kulit memproduksi kelenjar minyak secara berlebihan. Faktor pencetusnya adalah masa remaja, penggunaan alat kontrasepsi, kehamilan, keadaan menjelang menstruasi, dan pengunaan obat – obatan yang mengandung hormon.
  • Bakteri: Peningkatan jumlah bakteri penyebab jerawat pada kulit akan menyebabkan kulit wajah menjadi berkomedo. Hal ini bisa terjadi jika kulit wajah jarang dibersihkan atau tidak tuntas saat membersihkannya, sehingga wajah menjadi kotor dan menjadi tempat yang baik untuk bakteri berkembang biak.
  • Iritasi: Sel kulit mati tidak rontok secara teratur karena folikel rambut pada kulit mengalami iritasi.
  • Make Up: Penggunaan make up berat setiap hari akan membuat kulit wajah lelah dan sulit dibersihkan karena menumpuknya sisa – sisa make up di kulit.
  • Gaya Hidup: Pola makan yang tidak teratur, merokok, minum alkohol, juga kebiasaan tidur larut, semuanya itu akan memberi dampak buruk pada kondisi kulit.
  • Stress: Tekanan pikiran atau beban psikologis juga akan terlihat dampaknya pada kulit, menjadi kusam, kotor dan keluar komedo.
  • Makanan Berminyak: Kesukaan pada makanan berminyak atau goreng – gorengan bisa membuat wajah menjadi semakin berminyak dan pada akhirnya membuat komedo tumbuh subur karena minyak yang berlebih.

Bahan putih telur telah lama diketahui sangat baik untuk perawatan wajah yaitu, salah satunya untuk cara menghilangkan komedo dengan putih telur. Komedo ini tak lain adalah Bintik hitam di wajah. Berikut ini cara menghilangkan komedo secara alami di wajah dengan masker putih telur:

1. Putih Telur Saja

sponsored links
Oleskan seluruh wajah dengan putih telur dan diamkan sampai agak mengering atau selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Cara ini juga bisa dilakukan setiap hari sampai komedo tidak tampak lagi. Selain masker putih telur, ada juga manfaat masker kuning telur dan manfaat telur untuk rambut.

2. Putih Telur dan Madu

Ambil putih telur dan pisahkan dari kuningnya, kemudian campur putih telur itu dengan sedikit madu. Setelah tercampur rata, oleskan ke seluruh bagian wajah secara merata. Biarkan sekitar 15 menit lalu bilas sampai bersih dengan air hangat. Manfaat madu untuk masker wajah telah banyak diketahui bisa memutihkan, mengurangi minyak, menyembuhkan jerawat dan menghilangkan komedo. Selain itu juga ada manfaat madu untuk bibir, dan manfaat madu untuk rambut.

3. Putih Telur dan Tisu

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur bisa dikombinasikan dengan tisu wajah. Bersihkan wajah terlebih dulu, kemudian siapkan putih telur dan tisu wajah. Oleskan putih telur ke kulit wajah seluruhnya sampai rata, lalu tempelkan tisu ke wajah yang telah diolesi putih telur tersebut. Biarkan sampai kering atau diamkan sampai 30 menit. Lepaskan tisu dari wajah, lihatlah apakah komedo sudah terangkat, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat. Bisa dilakukan setiap hari sampai wajah bersih dari komedo.

4. Putih Telur dan Jeruk Lemon

Manfaat jeruk lemon untuk wajah sangat baik digunakan mengatasi jerawat dan kulit wajah berminyak yang juga menjadi penyebab komedo. Campur putih telur dan perasan air jeruk lemon sampai merata, lalu pakailah di kulit wajah. Biarkan dulu selama 20 hingga 30 menit. Kemudian bersihkan menggunakan air hangat, lalu lanjutkan dengan air dingin. Cara ini juga bisa dilakukan setiap hari agar komedo hilang. Ada pula manfaat lemon untuk rambut selain untuk perawatan kulit.

5. Putih Telur dan Lidah Buaya

Perawatan tradisional untuk kulit wajah sudah lama menggunakan manfaat lidah buaya untuk kecantikan, salah satunya manfaat lidah buaya untuk kulit dan manfaat lidah buaya untuk kulit wajah. Gunakan campuran putih telur dan lidah buaya untuk mengatasi komedo. Caranya dengan mencampur putih telur dan gel lidah buaya secukupnya sampai merata,lalu oleskan ke wajah selama 15-20 menit. Kemudian bilas sampai bersih.

6. Putih Telur dan Alpukat

Manfaat buah alpukat untuk rambut yaitu digunakan sebagai masker rambut, sama halnya dengan manfaat alpukat untuk kulit. Ambil buah alpukat matang lalu kupas dan potong daging buahnya, kemudian haluskan. Setelah halus campurkan dengan putih telur secukupnya. Pakailah di wajah sampai agak mengering, lalu bilas dengan air hangat, setelah itu basuh dengan air dingin.

7. Putih Telur dan Mentimun

Gunakan mentimun ukuran sedang, kemudian cuci bersih dan parut. Campurkan putih telur dan parutan mentimun sampai rata, lalu oleskan ke wajah secara merata. Setelah didiamkan selama beberapa menit, cuci wajah sampai bersih. Manfaat mentimun untuk wajah adalah mengatasi wajah yang berminyak, berjerawat serta berkomedo. Selain itu timun juga menjadi cara alami menghilangkan mata panda akibat kurang tidur.

8. Putih Telur dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam di kaki. Selain itu juga bisa untuk menghilangkan flek atau komedo di wajah. Peras air jeruk nipis secukupnya, lalu campurkan dengan putih telur. Oleskan ke seluruh wajah sampai rata, kemudian biarkan selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih sesudahnya. Coba juga manfaat jeruk nipis untuk rambut yang bisa membersihkan, mengangkat ketombe, mengurangi minyak di kulit kepala dan banyak lagi.

Mengapa Putih Telur?

Diantara banyak bahan alami yang lain, masker putih telur merupakan salah satu bahan yang efektif untuk mengangkat komedo di wajah dan masalah kulit wajah lainnya karena beberapa zat yang terkandung di dalamnya. Kandungan di dalam putih telur yaitu:

  • Protein : Kandungan proteinnya membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mencerahkan warna kulit wajah. Putih telur adalah salah satu bahan yang digunakan dalam tips membuat kulit putih.
  • Kolagen : Garis halus dan kerutan bisa diminimalkan dengan kandungan kolagen dalam telur yang mempunyai fungsi sebagai cara mencegah kerutan di wajah. Putih telur juga menjadi masker untuk mengencangkan kulit wajah.
  • Kalium : Kelembaban kulit wajah dapat terjaga dengan kandungan kalium dalam putih telur.
  • Riboflavin: Membantu sebagai cara mencegah penuaan dini yang ditunjukkan oleh keriput di wajah, yang disebabkan oleh radikal bebas yang merusak kulit wajah.
  • Magnesium : Membantu memperlambat proses penuaan pada kulit wajah dan mengatasi penyebab kulit keriput di usia muda.

sponsored links

Manfaat Lain Masker Putih Telur Untuk Kulit

Selain untuk membersihkan dan mengangkat komedo, masker putih telur mempunyai banyak manfaat lain untuk kulit wajah, diantaranya:

  1. Putih Telur Dapat Mengecilkan Pori  – Pori Kulit: Pori – pori kulit dapat diperkecil dengan kandungan asam amino dan enzim dalam putih telur yang bekerja dengan mengecilkan ukuran folikel yang akan mempengaruhi tekstur kulit.
  2. Putih Telur Bisa Membersihkan Kulit –  Ada kandungan bio enzim bernama lisosim dalam lutih telur yang dapat membantu membersihkan kulit secara lebih mendalam, dengan begitu kebersihan kulit terjamin tuntas karena kotoran dan endapan dalam kulit bisa terangkat semuanya.
  3. Putih Telur Mengencangkan Kulit –  Dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, putih telur bisa membantu mengencangkan kulit dan mengurangi garis halus, keriput atau tanda penuaan lainnya pada wajah.
  4. Putih Telur Mengatasi Kulit Berminyak – Karena sifatnya yang mengeringkan, putih telur bisa membantu mengatasi kulit berminyak dengan menyerap kelebihan minyak pada kulit melalui pemakaian yang teratur. Sehingga masalah jerawat dan komedo pun akan berkurang dengan sendirinya.

Cara Mencegah Komedo

Walaupun ada cara-cara menghilangkan komedo dengan putih telur seperti dibahas sebelumnya, namun bila faktor pencetusnya tidak kita jauhi maka komedo akan datang lagi dan lagi merusak kemulusan kulit wajah. Cara – cara untuk mencegah komedo di kulit wajah yang bisa dilakukan yaitu:

  • Bersihkan Wajah – Perlunya membersihkan wajah secara teratur akan sangat baik manfaatnya untuk kesehatan kulit wajah. Bersihkan minimal dua kali sehari, hindari membersihkan berlebihan karena justru bisa membuat wajah mengalami iritasi.
  • Cermat Memilih Kosmetik – Hindari kosmetik yang makin memperburuk kondisi kulit berminyak, pilih yang memang diformulasikan untuk kulit berminyak agar tidak mengacaukan kondisi kulit wajah kita.
  • Rajin Cuci Rambut – Minyak dari rambut juga bisa mengotori wajah dan menyumbat pori – pori wajah, karena itu usahakan selalu mencuci rambut dengan teratur minimal dua hari sekali agar rambut selalu dalam keadaan bersih.
  • Peeling – Manfaat eksfoliasi wajah yaitu untuk membersihkan kotoran yang bandel di kulit wajah dan membersihkan sel kulit mati yang tidak bisa dibersihkan dengan pembersih biasa. Lakukan scrub wajah secara teratur misalnya dengan melakukan prosedur chemical peeling secara berkala di klinik kecantikan yang terpercaya.

Jika ingin mencegah komedo agar tidak muncul berulang di kulit wajah memang agak susah, karena bagaimanapun pasti akan ada satu atau dua komedo yang tampak. Yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari faktor – faktor penyebabnya dan merawat wajah dengan baik, termasuk perawatan yang dilakukan sehari – hari dan perawatan berkala dengan menggunakan masker wajah.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 24th, August 2016 / 04:18 Oleh :
Kategori : Wajah