Sponsors Link

16 Manfaat Pepaya Untuk Kulit

Sponsors Link

Pepaya merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis berwarna orange kemerahan segar. Buah ini sangat disukai orang karena banyak alasan. Salah satunya karena pepaya mengandung vitamin A, C, E dan K yang kaya dan memiliki manfaat anti oksidan. Selain itu pepaya juga mengandung magnesium, potasium, niasin, karoten, protein, fiber dan enzim yang disebut papain yang menyediakan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. (Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen  , Manfaat Ginseng untuk Kecantikan)

ads

Dalam buah pepaya yang teksturnya lembut dan mudah dikunyah ini terkandung sejumlah manfaat bagi kecantikan. Selain manfaat pepaya untuk rambut ada pula termasuk manfaatnya untuk kulit wajah dan tubuh. Karena itu banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstrak pepaya di dalamnya. Bagi Anda yang menggunakan produk kecantikan mengandung ekstrak pepaya, sesekali bisa mencoba manfaat langsung dari buah pepaya untuk kecantikan kulit.

Manfaat Pepaya Untuk Kulit

Apa saja manfaat pepaya untuk kecantikan kulit yang bisa digunakan sebagai bahan perawatan kulit? Beberapa manfaat masker pepaya bagi kulit adalah seperti berikut ini:

  1. Mencerahkan Warna Kulit

Tips membuat kulit putih adalah dengan menggunakan pepaya. Salah satu manfaat dari pepaya bagi kulit adalah memutihkan warna kulit. Pepaya memiliki bahan pemutih kulit yang alami, jadi pepaya bisa dijadikan tips agar kulit menjadi putih secara alami. Selain itu khasiatnya sebagai pembersih juga dapat membantu membersihkan noda – noda pada kulit. Kandungan vitamin C didalamnya juga membantu melindungi sel kulit dari terpaan sinar matahari. Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan pepaya yaitu:

  • Gosokkan daging buah pepaya yang telah dipotong tipis ke wajah, tangan, leher dan kaki. Biarkan mengering kemudian cuci bersih dengan air. Lakukan perawatan ini tiga atau empat kali seminggu.
  • Manfaat masker wajah dengan menggunakan setengah cangkir dari potongan pepaya yang telah dihancurkan dicampur dengan air perasan dari satu butir jeruk lemon. Gosokkan campuran tersebut ke wajah dan leher. Biarkan selama setengah jam sebelum membilasnya dengan air dingin, lakukan seminggu sekali.
  • Ramuan berikut adalah dengan mencampurkan satu cangkir pepaya dengan satu sendok teh minyak vitamin E, madu dan yogurt tawar menjadi campuran seperti pasta. Perlahan gosokkan ke kulit sambil dipijat. Biarkan selama sepuluh sampai lima belas menit, lalu cuci dengan air dingin.
  1. Melembabkan Kulit

Pepaya adalah buah yang kaya kandungan airnya sehingga bisa menjaga kulit tetap lembut, halus dan lembab. Pepaya dapat menjadi cara mengatasi kulit wajah kering dengan dibuat menjadi masker untuk kulit kering dan flek hitam. Cara menggunakan pepaya untuk melembabkan kulit yaitu:

  • Hancurkan satu cangkir pepaya yang telah dipotong – potong.
  • Tambahkan sejumlah madu secukupnya.
  • Gosokkan ke leher dan wajah.
  • Biarkan selama lima belas menit lalu bilas dengan air dingin.
ads
  1. Mencegah Tanda Penuaan

Kandungan vitamin A dalam pepaya bisa meluruhkan sel kulit mati dan menjaga kulit tetap lembut serta lentur. Fungsi AHA untuk kulit dalam pepaya membantu membersihkan sel kulit mati untuk cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa mencegah tanda penuaan seperti keriput dan garis halus pada kulit. Vitamin C dan E dalam pepaya membantu meremajakan kulit dan membantu Anda memiliki kulit tampak lebih muda. Cara menggunakan pepaya untuk mencegah tanda penuaan yaitu:

  • Hancurkan setengah cangkir pepaya yang telah dikupas.
  • Tambahkan beberapa tetes madu dan satu sendok makan susu.
  • Pakailah dikulit wajah dan leher Anda.
  • Biarkan selama lima belas menit lalu bbilas dengan air dingin.
  • Gunakan masker ini sekali atau dua kali seminggu.
  1. Mengurangi Jerawat

Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya memiliki manfaat membersihkan kulit yang bisa membantu membersihkan pori – pori yang tersumbat. Manfaat eksfoliasi wajah dari buah pepaya juga bisa membantu membersihkan pori – pori dari sel kulit mati yang menyumbat. Pepaya juga dapat menjadi cara menghilangkan komedo secara alami dan Cara menggunakan pepaya untuk mengurangi jerawat yaitu:

  • Siapkan beberapa potong pepaya mentah
  • Gunakan kapas untuk mengoleskan airnya ke wajah.
  • Biarkan selama sepuluh menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Gunakan ramuan ini sekali sehari setiap hari
  1. Menyamarkan Noda

Pepaya juga memiliki manfaat untuk menyamarkan noda di kulit dan menjadi cara menghilangkan belang di kaki serta cara menghilangkan noda hitam di wajah karena kandungan beberapa enzim di dalamnya. Pepaya bisa membantu merawat noda hitam, noda bekas jerawat, juga kulit yang hitam di siku dan lutut. Pepaya dapat memperbaiki warna kulit dan meratakan warna kulit. Cara membuat pepaya untuk menyamarkan noda yaitu:

  • Campur seperempat cangkir pepaya yang sudah dihancurkan, satu sendok teh air perasan lemon, dan setengah sendok makan madu.
  • Pakai pada bagian kulit yang bermasalah.
  • Biarkan mengering, kemudian cuci bilas dengan air hangat,
  • Gunakan masker wajah ini tiga atau empat kali seminggu untuk mengurangi noda jenis apapun.
  1. Merawat Keriput di Wajah

Pepaya bisa digunakan untuk merawat keriput di kulit termasuk juga keriput di sekitar mata dengan cara menghaluskan kulit wajah. Manfaat antioksidan dari pepaya bisa membantu mengurangi keriput di sekitar mata dan juga keriput di sekitar mulut dan dahi. Selain itu pepaya juga bisa menjadi cara menghaluskan wajah dan Cara membuat ramuan pepaya untuk merawat keriput yaitu :

  • Gosokkan sepotong kecil pepaya di area sekitar mata selama lima menit sekali sehari untuk menyingkirkan keriput. Biarkan selama sepuluh menit lalu cuci dengan air dingin. Berhati – hatilah agar pepaya tidak masuk ke dalam mata.
  • Campurkan satu sendok makan pepaya dengan minyak zaitun secukupnya. Pakaikan ke area yang mengalami keriput dan biarkan selama dua puluh menit. Cuci dengan air dingin dan pakaikan pelembab setelahnya. Bisa diulangi setiap hari.
  1. Merawat Kulit Kaki yang Pecah – Pecah

Kulit kaki yang retak atau pecah menyebabkan banyaknya kulit yang menyerpih, mengelupas, bahkan berdarah dan terasa sakit. Pepaya bisa merawat kulit kaki yang kering dan mengelupas karena memiliki khasiat melembabkan dan dapat menjadi cara menghaluskan kulit kaki. Pepaya bahkan dapat menjadi cara menghilangkan flek hitam di kaki. Cara menggunakan pepaya untuk kulit kaki adalah:

  • Hancurkan satu cangkir pepaya sampai lembut
  • Pakaikan ke kulit kaki yang baru dibersihkan dan biarkan selama lima belas menit.
  • Bilas kaki dengan lembut menggunakan air hangat dan tepuk – tepuk sampai kering
  • Gosokkan sedikit minyak zaitun dan gunakan kaus kaki setiap malam
  • Lakukan perawatan ini sehari sekali setiap hari dan lihatlah hasilnya berupa kulit kaki yang halus.
  1. Menghilangkan Rambut di Wajah

Cara menghilangkan bulu di wajah bisa Anda lakukan dengan menggunakan pepaya. Jika digunakan secara teratur, enzim di dalam pepaya akan melemahkan folikel rambut di wajah yang pada akhirnya akan mencegah rambut kembali tumbuh. Sebaiknya gunakan pepaya mentah karena mengandung enzim yang lebih tinggi daripada pepaya matang. Cara menghilangkan rambut di wajah menggunakan pepaya yaitu :

  • Campur setengah cangkir pepaya mentah dan setengah sendok teh bubuk kunyit.
  • Pakaikan campuran tersebut di area yang ingin dihilangkan rambut atau bulunya
  • Biarkan mengering sendiri
  • Kelupas campuran dari kulit, cuci wajah dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan ini sekali seminggu
  1. Menghilangkan Kapalan di Tangan dan Kaki

Getah pepaya dapat digunakan untuk menghilangkan kapalan atau penebalan kulit di area tangan dan kaki. Gunakan getah pepaya yang muncul ketika dipotong dan gosokkan ke bagian kaki atau tangan yang kapalan. Jika Anda melakukan hal ini setiap hari, tangan dan kaki Anda akan terasa lembut kembali. Pepaya juga bisa menjadi cara menghilangkan bintik hitam di kaki agar kulit kaki kembali mulus.

  1. Menghilangkan Selulit

Cara merawat kulit tubuh juga bisa dilakukan dengan menggunakan pepaya. Pepaya bisa menghilangkan selulit pada kulit yang sangat mengganggu penampilan. Cara menggunakannya bisa dengan dimakan sehari – hari atau digosokkan ke bagian kulit yang mengalami selulit. Ada kandungan enzim dalam pepaya yang dapat membantu merangsang pembentukan kolagen dan memecah lapisan lemak pada kulit untuk membantu Anda mendaptkan kulit lebih halus dan mulus. (Baca Juga: Bahaya Suntik Kolagen , Manfaat Suntik Kolagen Bagi Kulit)

  1. Merawat Bekas Luka

Pepaya dapat menjadi cara menghilangkan bekas luka pada kulit dengan baik. Jika Anda memiliki bekas luka yang tidak kunjung hilang, Anda bisa menggunakan pepaya yang dihancurkan untuk dioleskan ke bekas luka. Atau Anda bisa membuat semacam tapal untuk ditempelkan ke bekas luka tersebut.

  1. Melindungi Kulit

Pepaya dapat mengatasi penyebab kulit hitam karena sengatan sinar matahari dan juga cara menghilangkan kulit belang yang juga ditimbulkan dari ekspos sinar matahari. Gunakan pepaya sebagai pelindung kulit dari sengatan sinar matahari atau Anda bisa menggunakan pelembab yang mengandung ekstrak pepaya agar terhindar dari kulit yang terbakar sinar matahari.

  1. Menyembuhkan Kurap

Cairan dari pepaya mengandung karoten yang bila dikonsumsi setiap hari bisa menjadi berguna untuk mengobati infeksi kurap. Pepaya bisa mengatasi infeksi kurap karena mengandung anti inflamasi yang bisa mengurangi radang dan kemerahan akibat infeksi kurap.

Sponsors Link

  1. Mengencangkan Kulit

Pepaya sangat baik untuk mengencangkan kulit baik dengan cara dimakan ataupun digunakan sebagai masker wajah. Kulit yang kencang akan membuat kita terlihat awet muda. Cara mengencangkan kulit dengan pepaya yaitu:

  • Hancurkan pepaya secukupnya, bisa juga ditambahkan susu.
  • Gunakan pada wajah dan biarkan mengering sekitar sepuluh menit
  • Cuci wajah dengan air dingin.

(Baca Juga: Cara Mengencangkan Paha , Cara Mengencangkan Bokong)

  1. Meremajakan Kulit

Untuk meremajakan kulit, pepaya bisa digunakan dengan campuran tepung beras dan yogurt. Yogurt memberikan efek mendinginkan kulit dan bisa menjadi cara mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Cara menggunakan pepaya untuk meremajakan kulit yaitu:

  • Siapkan 1/3 cangkir pepaya
  • Siapkan juga tiga sendok teh tepung beras dan yogurt, serta 1/4 cangkir madu yang dihangatkan
  • Campur semuanya sampai merata lalu tambahkan yogurt
  • Aduk semuanya sampai menjadi lembut dan berwarna pink
  • Oleskan tipis ke wajah dan biarkan selama dua puluh menit
  • Gunakan air hangat – hangat kuku untuk mencuci wajah.

(Baca Juga: Manfaat Madu Untuk Bibir , Manfaat Madu Untuk Masker Wajah)

  1. Mendapatkan Kulit yang Sempurna

Campuran pepaya, manfaat pisang untuk kulit dan manfaat timun untuk wajah dapat mengelupas kulit dan merangsang sirkulasi darah di kulit sehingga akan mendapatkan kulit yang sempurna dan bebas noda. Cara membuat ramuan pepaya untuk mendapatkan kulit yang sempurna yaitu:

  • Siapkan seperempat pepaya matang, setengah buah pisang dan seperempat ketimun,
  • Hancurkan ketiganya dalam blender sampai halus
  • Pakailah ke wajah dan biarkan beberapa menit sampai mengering
  • Bilas dengan air hangat setelah lima belas menit, lalu gunakan air dingin

(Baca Juga: Manfaat Timun untuk Mata dan Wajah , Manfaat Timun untuk Rambut)

Manfaat dari ramuan pepaya untuk kulit sangat besar apabila digunakan secara rutin dan telaten. Anda bisa menggunakan pepaya mentah atau pepaya matang untuk membuat ramuan ini. Sebelum menggunakan pepaya pada kulit wajah, sebaiknya bersihkan dan uapkan dulu wajah agar semakin efektif pemakaiannya, juga gunakan madu murni daripada madu olahan. Pastikan untuk mencuci wajah secara menyeluruh setelah memakai masker pepaya. Juga biasakan untuk mengonsumsi pepaya sehari – hari agar mendapatkan asupan gizinya ke dalam tubuh.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 11th, November 2016 / 00:38 Oleh :
Kategori : Buah Sehat