6 Cara Membuat Masker Lidah Buaya Untuk Kulit Kering Agar Lembab Kembali

Tanaman lidah buaya mungkin terlihat mengancam dengan bentuknya yang bersudut lancip tetapi bukan penampilan luarnya yang membuatnya istimewa. Isi dalam tanaman lidah buaya mengandung gel yang kaya akan nutrisi, enzim aktif, vitamin, mineral dan asam amino. Tidak heran jika gel lidah buaya sering digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati berbagai masalah dan kondisi kulit. Lidah buaya menjadi bahan favorit yang sering digunakan untuk masker wajah buatan rumahan. Ayurveda, sistem penyembuhan kuno India telah menggunakan tanaman ini sejak 1750 SM, bahkan dikatakan pernah menjadi bagian dari perawatan kecantikan rutin dari Ratu Cleopatra dan Nefertiti. Cara membuat masker lidah buaya untuk kulit kering di rumah bisa Anda lakukan dengan sangat mudah menggunakan beberapa bahan tambahan lainnya.

1. Minyak Almond dan Lidah Buaya

Cara membuat masker lidah buaya untuk kulit kering dengan campuran minyak almond dan lidah buaya ini berguna untuk melembapkan dan menghidrasi kulit yang kering dan mengelupas, dan menghindari bahaya kulit kering.

  • Siapkan gel lidah buaya secukupnya, minyak almond dan pisang.
  • Hancurkan pisang dengan sebuah garpu di dalam sebuah mangkok.
  • Tambahkan dua sendok makan gel lidah buaya.
  • Aduk rata sampai ramuan tercampur.
  • Tambahkan tiga sendok teh minyak almond, lalu aduk kembali sampai menjadi pasta.
  • Bersihkan wajah dan leher Anda lebih dulu dengan air hangat dan pembersih bebas minyak.
  • Oleskan masker ke seluruh bagian wajah Anda, leher dan garis leher.
  • Biarkan mengering selama 15 menit.
  • Bilas kulit wajah dengan air hangat untuk menghilangkan masker dan keringkan.

2. Basil dan Lidah Buaya

Cara membuat masker lidah buaya untuk kulit kering menggunakan campuran daun basil ini berguna untuk membunuh kuman, mencegah breakout, melembabkan dan mengencangkan kulit yang lelah. Cara membuat masker wajah untuk kulit kering ini adalah:

  • Siapkan segenggam daun basil, daun indian lilac dan lidah buaya.
  • Hancurkan kedua jenis daun menggunakan ulekan.
  • Tambahkan satu sendok makan air, aduk sampai airnya tercampur.
  • Tambahkan satu sendok makan gel lidah buaya.
  • Campur sampai gelnya menutupi semua bahan yang berasal dari daun.
  • Setelah mencuci wajah dan leher, oleskan masker secara merata.
  • Biarkan masker mengering selama 15 menit. Perhatikan bahwa masker bisa rontok ketika mengering.
  • Bilas wajah Anda dengan air hangat lalu dengan air dingin, lalu keringkan.

3. Mentimun dan Lidah Buaya

Untuk merawat kulit Anda yang kusam dan kering dan cara mengatasi kulit wajah kering dan kasar, gunakan lidah buaya dan mentimun. Tambahkan beberapa air perasan lemon lalu aduk semuanya sampai merata. Aplikasikan pasta ini pada kulit Anda dan biarkan selama 20 menit sebelum dibilas menggunakan air. Semua bahan yang digunakan ini akan membantu menghidrasi kulit Anda dengan baik jika digunakan secara teratur agar dapat menjadi cara mengatasi kulit wajah  kering Anda.

4. Madu, Pisang dan Lidah Buaya

Melembabkan kulit kering Anda sedikit sulit dilakukan ketika musim panas karena kulit Anda bisa menjadi sangat berminyak dan mudah berkeringat. Cara membuat masker lidah buaya untuk kulit kering ini dapat menjadi pelembab yang bagus untuk musim panas. Anda hanya membutuhkan gel lidah buaya, madu dan pisang secukupnya. Campur semua bahan pada kulit dan pijat perlahan. Bilas dengan air hangat dan keringkan kulit Anda. Pisang dan madu dianggap sebagai pelembab alami yang bisa membuat kulit menjadi glowing di musim panas.

5. Minyak Zaitun dan Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit  wajah kering bisa didapatkan dengan tambahan minyak zaitun. Cara membuat masker lidah buaya untuk kulit kering ini sangat cocok apabila Anda memiliki jenis kulit yang sangat kering. Anda hanya cukup menambahkan minyak zaitun dengan gel lidah buaya secukupnya dan campur dengan merata. Cara menggunakan masker lidah buaya ini langsung dioleskan pada kulit Anda dan biarkan semalaman. Bilas dengan air, kulit Anda akan terasa kenyal dan lembut.

6. Minyak Zaitun, Madu Murni dan Lidah Buaya

Gel lidah buaya mengandung mineral air yang dapat menghidrasi kulit secara mendalam. Madu murni adalah humektan alami yang akan menyimpan kelembapan dalam kulit dan mencegahnya menjadi kering. Minyak zaitun adalah bahan non komedogenik yang dapat menutrisi kulit dan membuka sumbatan di pori – pori, juga merupakan masker untuk kulit kering mengelupas.

  • Siapkan gel lidah buaya sebanyak dua sendok makan, madu murni sebanyak 1 sendok makan, minyak zaitun ekstra virgin sebanyak setengah sendok makan.
  • Campur semua bahan sampai rata, bersihkan wajah Anda dan keringkan.
  • Gunakan pasta pada wajah Anda dan biarkan selama 30 menit.
  • Bilas dengan air biasa dan seka sisa masker yang tertinggal dengan kapas.
  • Anda dapat menggunakan cara membuat masker lidah buaya untuk kulit kering ini dua kali seminggu.

Untuk cara membuat masker lidah buaya untuk kulit kering, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya siap pakai yang bisa dibeli di toko jika tidak memiliki tanaman lidah buaya sendiri. Selalu aplikasikan masker setelah membersihkan wajah Anda. Gunakan masker ini dengan kesabaran karena membutuhkan waktu untuk mengeringkannya dan melihat efeknya pada kulit Anda. Anda juga bisa mempersiapkan masker ini dalam jumlah besar dan menyimpannya di dalam lemari es untuk digunakan kembali, gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan sisa masker agar tahan lama dan tidak terkontaminasi udara.