14 Cara Membuat Masker Wajah untuk Menghilangkan Jerawat dan Penyebabnya

Punya jerawat bisa jadi menganggu penampilan. Karena menganggu penampilan, banyak yang berusaha untuk menghilangkannya. Namun, terkendala karena takut makin parah dan harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Sebenarnya, untuk menghilangkan jerawat, kita bisa menggunakan bahan-bahan yang bersifat alami. Bahan-bahan itu bisa ditemukan di sekitar kita. Dengan demikian, Anda bisa melakukan cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami tanpa bahan kimia. Selain itu, untuk menghilangkan jerawat, Anda bisa membuat masker kefir karena ada banyak khasiat masker kefir untuk kulit berjerawat.

Jerawat tidak termasuk penyakit kulit yang ganas dan berbahaya. Tapi, tetap saja, memiliki jerawat bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri kita. Bahkan, ketika jerawat sudah mulai hilang, akan datang jerawat yang baru. Karena jengkel, banyak yang menyentuhnya dengan tangan. Justru menyentuhnya akan membuatnya tumbuh semakin banyak. Jadi, pastikan tangan Anda tidak menyentuh jerawat-jerawat di wajah.

Penyebab Jerawat

Untuk mengatasinya, Anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

1. Sering mencuci wajah

Banyak yang memiliki pemikiran bahwa penyebab dari timbulnya jerawat adalah jarang mencuci muka. Karena punya anggapan seperti itu, akhirnya banyak yang memutuskan untuk mencuci wajah 3 sampai 4 kali sehari. Sebenarnya, Anda hanya perlu mencuci wajah 1-2 kali dalam satu hari dengan memakai produk pembersih wajah yang ringan dan cocok dengan tipe kulit Anda. Dalam hal ini, Anda bisa mengikuti cara mencuci muka yang benar agar jerawat bisa menghilang. Selain itu, hindari juga kesalahan mencuci muka agar jerawat tidak timbul.

2. Pemakaian make up yang berlebihan

Pada umumnya, perempuan sangat suka memakai make up. Tapi, ini akan menjadi masalah jika Anda memakai make up secara berlebihan tanpa rutin membersihkan make up pada wajah. Hal ini bisa memicu timbulnya jerawat.

3. Pubertas

Beberapa orang mengalami masalah jerawat pada masa remaja atau masa pubertas. Pada saat itu kelenjar minyak menghasilkan sebum lebih banyak. Selain itu, hal ini juga dipengaruhi dengan meningkatnya hormon testoteron.

4. Perubahan hormon

Sebenarnya, jerawat tidak hanya dialami oleh remaja saja, namun juga bisa dialami orang dewasa. Ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormon. Wanita dewasa bisa memiliki jerawat karena menstruasi atau mengalami kehamilan. Jerawat bisa timbul pada saat menjelang menstruasi atau 3 bulan pertama masa hamil.

5. HP/ponsel yang kotor

Banyak orang masih belum mengetahui fakta di balik ponsel. Sebenarnya, ponsel yang sering kita pakai cenderung kotor. Bahkan, ponsel dikatakan memiliki 18 kali lebih banyak bakteri dibandingkan pemegang pintu toilet umum. Salah satu penyebab bersarangnya bakteri pada ponsel kita adalah perpindahan bakteri dari tangan yang kotor ke ponsel kita. Biasanya setelah memegang benda yang kotor, kita langsung memegang ponsel. Hal ini memindahkan bakteri dari tangan ke ponsel.

6. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak juga dapat mendorong kelenjar di wajah memproduksi banyak sebum yang bisa memicu timbulnya jerawat.

7. Menyentuh bahkan memencet jerawat

Karena merasa risih dengan keberadaan jerawat pada wajah kita, biasanya kita cenderung ingin menyentuh bahkan memencet jerawat pada wajah. Namun, ini bukan solusi yang tepat. Mengapa? Karena tangan yang kotor justru semakin memperparah jerawat. Dengan memencet jerawat artinya kita menekan sumbatan pori semakin dalam yang bisa menyebabkan timbulnya bekas jerawat,

Cara Membuat Masker Wajah untuk Menghilangkan Jerawat

Sebenarnya, dalam menghilangkan jerawat tidak harus menggunakan produk berbahan kimia. Kita juga bisa menggunakan bahan-bahan yang bersifat alami. Bahan yang alami lebih aman, lebih murah, dan lebih terjamin kehigenisannya. Kita bisa menggunakan bahan alami untuk membuat masker wajah untuk kulit yang berjerawat.

1. Masker yoghurt dan madu

Yoghurt bisa membantu Anda mengatasi jerawat. Yoghurt dipercaya mampu menghilangkan sel-sel kulit mati yang berpotensi menyumbat pori-pori Anda.

Cara melakukannya:

  1. Siapkan 1 sdm madu dan 2 sdm yoghut.
  2. Campurkan kedua bahan, aduk sampai rata.
  3. Oleskan pada wajah Anda.
  4. Tunggu seperempat jam.
  5. Bilas menggunakan air yang bersih dan hangat.

2. Masker pisang dan kunyit

Pisang kaya akan kandungan antioksidan, vitamin E, lektin, dan potasium. Kandungan-kandungan yang ada pada pisang bisa membantu Anda untuk mencerahkan wajah, melembabkan wajah, dan mengusir bakteri penyebab jerawat. Kunyit membantu Anda mengatasi bagian wajah yang meradang karena jerawat.

Cara melakukannya:

  1. Sediakan satu buah pisang, 1/2 sdm soda kue, dan 1/2 sdm bubuk kunyit.
  2. Campurkan ketiga bahan yang sudah disiapkan sampai rata.
  3. Balurkan pada wajah yang sudah dibersihkan.
  4. Tunggu sampai sekitar 15 menit.
  5. Bilas menggunakan air hangat.
  6. Setelah pakai masker, jangan lupa menggunakan pelembab.

3. Masker lidah buaya

Lidah buaya mengandung polifenol yang dikenal sebagai anti bakteri. Polifenol pada lidah buaya ini bisa membantu mengatasi jerawat.

Cara melakukannya:

  1. Siapkan lidah buaya, ambil dagingnya.
  2. Haluskan daging lidah buaya sampai menjadi gel,
  3. Oleskan gel pada wajah Anda.
  4. Tunggu sampai setengah jam.
  5. Bilas pakai air yang hangat.
  6. Lakukan secara rutin sampai jerawat hilang.

4. Masker kulit jeruk

Banyak orang menganggap kulit jeruk sebagai limbah yang harus segera dibuang. Namun, ternyata kulit jeruk mempunyai manfaat untuk wajah. Kulit jeruk diklaim mampu mengecilkan pori-pori, menghilangkan noda dan sel-sel kulit mati, sehingga menyegarkan kembali kulit wajah yang kusam.

Cara melakukannya:

  1. Siapkan kulit jeruk secukupnya.
  2. Kulit jeruk dijemur di bawah sinar matahari.
  3. Tumbuk atau blender sampai halus.
  4. Campurkan kulit jeruk yang sudah ditumbuk dengan air.
  5. Oleskan masker pada wajah.
  6. Tunggu selama 15 menit.
  7. Bilas dengan air yang hangat.

5. Masker daun pepaya

Selain dagingnya, daun pepaya juga punya manfaat. Daun pepaya mengandung senyawa yang mampu melawan mikroorganisme yang tidak diinginkan kulit. Dengan demikian, daun pepaya bisa dijadikan pilihan untuk membantu Anda menghilangkan jerawat.

Cara melakukannya:

  1. Siapkan 4 lembar daun pepaya.
  2. Jemur daun pepaya di bawah sinar matahari.
  3. Haluskan daun pepaya yang sudah dijemur.
  4. Campurkan dengan air secukupnya saja sampai membentuk pasta.
  5. Oleskan masker daun pepaya ini pada wajah Anda.
  6. Diamkan masker selama setengah jam.
  7. Bilas menggunakan air yang hangat.

6. Masker cuka sari apel

Apel merupakan salah satu buah favorit sejuta umat. Kandungan gizinya cukup tinggi. Selain itu, apel juga mengandung vitamin, mineral, dan serat. Apel biasanya dijadikan bahan dasar untuk membuat cuka apel. Cuka apel punya kandungan asam asetat yang cukup tinggi.

Cara melakukannya:

  1. Siapkan cuka apel.
  2. Tuang cuka apel pada kapas yang bersih.
  3. Oleskan kapas pada wajah secara menyeluruh.
  4. Tunggu sampai 20 menit.
  5. Bilas menggunakan air yang hangat.

7. Masker pepaya

Pada pepaya terdapat enzim papain yang bisa mengatasi sel kulit mati, mencerahkan wajah, mengatasi wajah yang meradang karena jerawat, dan lain-lain.

Cara melakukannya:

  1. Siapkan buah pepaya.
  2. Blender pepaya sampai menjadi bubur.
  3. Tambahkan 1 sdm madu. Madu juga bisa diganti dengan lemon.
  4. Oleskan masker pepaya ini pada wajah.
  5. Tunggu 20 menit.
  6. Bersihkan muka dengan air hangat.

Inilah beberapa masker wajah yang Anda bisa aplikasikan pada kulit yang berjerawat. Namun, untuk menerapkannya, Anda tidak bisa mengharapkan hasil insan yang didapat hanya dalam waktu singkat. Hasilnya akan tampak ketika Anda melakukannya secara teratur. Jangan lupa juga gunakan air hangat, karena ada berbagai manfaat air hangat untuk wajah berjerawat.