13 Cara Membuat Wajah Nampak Awet Muda Secara Alami

Memiliki wajah yang selalu nampak awet muda tentu menjadi dambaan setiap orang. Tidak perlu ke salon atau menggunakan produk mahal, untuk menjadikan wajah awet muda anda bisa menggunakan cara alami dan mudah,  mulai dari menjaga pola hidup sehat, pola makan,  rutin melakukan perawatan kulit.  Nah, bagi  anda yang ingin memiliki kulit wajah awet muda, anda bisa simak  cara membuat wajah nampak awet muda di  bawah.

1. Melakukan Perawatan Kulit

Rutin merawat kulit menjadi langkah penting sebagai cara merawat wajah agar awet muda. Anda dapat merawat kulit seperti membersihkan kulit dengan baik dan benar, menyegarkan kulit juga menjaga kelembaban kulit. Rutin membersihkan kulit akan menghilangkan semua kotoran seperti minyak atau debu yang menempel  pada kulit wajah.

2. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk membuat wajah menjadi awet  muda. Seperti yang disarankan, kita harus minum sebanyak  kurang lebih 8 gelas dalam setiap harinya.

3. Menjaga Pola Makan

Mulai dari sekarang cobalah untuk mejaga asupan makanan anda. Anda dapat mengkonsumsi makanan sehat seperti makanan yang mengandung antioksidan dan asam  lemak untuk menjaga keadaan tubuh anda, serta kesehatan kulit sehingga dapat mencegah wajah terlihat tua. Penting juga untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

4. Melakukan  Pengelupasan Kulit

Melakukan pengelupasan kulit sangat bermanfaat untuk mengatasi semua kotoran yang  menempel pada kulit wajah, serta sel kulit mati akan hilang. Sebaiknya  lakukan pengelupasan kulit dengan teratur. Sebagai scrub wajah anda bisa menggunakan  bahan-bahan alami.

5. Mencukupi Waktu Istirahat

Kulit akan menjadi lebih segar jika kebutuhan istirahat anda terpenuhi. Jika anda kurang istirahat atau tidur maka kulit wajah anda akan menjadi kusam.

6. Hindari Stress

Siapa bilang  stress hanya berpengaruh pada kesehatan? Selain kesehatan,  kecantikan juga akan terkena dampak jika anda stress.  Stress akan menjadikan wajah  anda nampak lebih tua meskipun usia masih muda. Oleh  karena itu, sebagai cara membuat wajah nampak awet muda anda harus dapat  mengelola  stress.

7. Melakukan Pijat  dan Senam  Wajah

Melakukan senam dan pijat wajah  akan membuat kulit menjadi kencang dan kenyal, serta mampu menunda  proses penuaan dini. Dengan melakukan pemijatan pada wajah maka otot wajah anda yang tegang  akan menjadi lebih rileks  sehingga dengan begitu sirkulasi darah akan lancar dan wajahpun akan nampak muda.

8. Menjaga Kelembaban  Kulit

Agar  kulit tetap terhidrasi, maka penting untuk menjaga kelembaban kulit. Salah satu ciri  kulit awet muda yaitu keadaannnya yang lembab. Untuk menjaga agar kulit  selalu lembab, caranya sangat mudah. Anda cukup mengaplikasikan cream pelembab pada wajah anda.

9. Scrub Madu

Menggunakan alami alami juga dapat membantu anda agar wajah nampak  awet muda. Salah satu bahan alami yang  bisa dijadikan masker yaitu madu. Madu kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, mineral, enzim dan asam amino sehingga manfata madu untuk kulit  sangat baik untuk melembabkan kulit wajah. Salah satu manfaat madu untuk wajah yaitu dapat menstimulasi regenerasi sel-sel kulit yang baru, sehingga kulit akan nampak awet muda.

  • Caranya yaitu campurkan satu sdm madu dengan 2 sdm garam batu yang sudah dihancurkan.
  • Gunakan ramuan ini sebagai bahan untuk  scrub wajah anda agar sel kulit mati hilag.

10. Kunyit

Beberapa manfaat masker kunyit untuk wajah yaitu dapat membantu membersihkan noda, mengatasi keriput dan garis halus serta lain sebagainya. Cara membuat masker kunyit bisa dilihat di bawah ini.

  • Campurkan satu sdm madu dan satu sdm kunyit. Aduk sampai membentuk pasta.
  • Kemudian anda bisa mengaplikasikan  pada wajah atau dijadikan sebagai scrub.

11. Oatmeal

Kandungan lemak pada oatmeal baik sebagai pelembab alami. Yuk simak cara menggunakan oatmeal untuk kulit awet muda.

  • Campurkan oatmeal sebanyak dua sdm, kuning telur yang sudah dikocok satu butir, minyak zaitun 1 sdm serta jus jeruk segar. Aduk merata.
  • Aplikasikan pada wajah anda yang sudah bersih. Diamkan beberapa saat. Baru setelah itu anda bisa membilasnya.

12. Lemon

Manfaat lemon untuk kulit dan wajah  memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Kandungan yang terdapat pada lemon berkhasiat untuk melawan  radikal  bebas yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini.

  • Siapkan air perasan jeruk lemon.
  • Kemudian aplikasikan pada wajah menggunakan kapas.
  • Lemon dapat membantu mengatasi noda hitam dan keriput.

13. Pisang

Tak  hanya bermanfaat untuk kesehatan, pisang juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Pisang dapat menjadikan wajah nampak  lebih awet muda. Yuk simak caranya di bawah ini.

  • Hancurkan pisang yang sudah anda siapkan sampai lembut.
  • Kemudian aplikasikan pada wajah anda.
  • Tunggu beberapa saat atau kurang lebih 14 menit. Jika sudah anda bisa membersihkannya dengan air dingin.

Itulah beberapa cara membuat wajah nampak awet muda mulai dari melakukan pola hidup sehat, perawatan kulit dan bahan alami. Semoga bermanfaat.