10 Cara Mengatasi Wajah Terkelupas Akibat Cream dengan Cepat

Maraknya produk kecantikan berupa cream wajah tidak lepas dari keinginan para wanita untuk mendapatkan kulit yang mulus. Klaim para produsen mengenai keampuhan suatu cream mampu memancing keinginan untuk mencoba, belum lagi dengan pengaruh dari para beauty blogger yang wajahnya menjadi semakin mulus setelah menggunakan krim tertentu. Tentunya Anda tidak akan mau mengeluarkan uang untuk suatu produk yang menyebabkan wajah bereaksi buruk, namun di sisi lain efek produk tersebut tidak akan benar – benar diketahui sampai kita mencobanya sendiri.

Itulah resiko dari menggunakan cream kecantikan baru, yang belum pernah Anda gunakan sama sekali dan tidak diketahui reaksi kulit Anda terhadapnya. Mencoba cream wajah baru memang terkesan seperti proses trial dan error, dimana kemungkinan bahwa produk tersebut cocok untuk wajah kita sulit dipastikan. Apabila ternyata cream tersebut tidak cocok dengan kulit wajah Anda, maka reaksi yang timbul sudah tentu akan merusak kulit wajah seperti peradangan, kemerahan, gatal, dan mengelupas.

Mengatasi Efek Buruk Cream Wajah

Untuk melakukan cara mengatasi wajah terkelupas akibat cream, Anda juga perlu dapat membedakan reaksi apa yang terjadi pada wajah Anda. Jika kulit terasa terbakar, pada umumnya itu merupakan indikasi dari iritasi kulit. Sedangkan jika kulit terasa gatal, kemungkinan besar Anda mengalami reaksi alergi. Cara mengatasi wajah terkelupas akibat cream antara lain:

1. Hentikan pemakaian

cream wajah yang tidak cocok bisa menjadi penyebab kulit mengelupas di sekitar hidung. Lakukan cara mengatasi wajah terkelupas akibat cream yang paling penting yaitu hentikan pemakaian produk apapun yang Anda curigai menyebabkan reaksi pada kulit wajah Anda. Bermain aman merupakan cara paling baik untuk menghentikan apapun yang menyebabkan wajah terkelupas tersebut. 

2. Biarkan kulit beristirahat

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan setelah mengalami kulit wajah mengelupas karena cream adalah untuk memberi kulit wajah kesempatan beristirahat. Jangan menambahkan produk apapun walaupun itu diklaim dapat menenangkan kulit untuk cara mengatasi kulit mengelupas. Biarkan satu atau dua hari terlewati tanpa menggunakan produk lain agar kulit punya waktu untuk memulihkan diri.

3. Coba krim Hidrokortison

Jika Anda mengalami kulit yang kemerahan, membengkak, mengelupas atau gatal dan dicurigai sebagai reaksi alergi, menggunakan krim hidrokortison dengan kandungan 1% biasanya akan menjadi cara mengatasi wajah terkelupas akibat cream yang disarankan dokter. Walaupun hidrokortison ini dapat dibeli bebas untuk cara mengatasi kulit wajah mengelupas akibat kosmetik, sebaiknya Anda tidak menggunakan krim ini tanpa berkonsultasi dengan dokter ahli kulit untuk menghindari kondisi kulit yang semakin memburuk.

4. Melakukan penguapan untuk wajah

Untuk menyembuhkan kulit yang meradang dan teriritasi, Anda dapat mencoba penguapan pada wajah. siapkan air panas di baskom dan hadapkan wajah Anda ke uap yang keluar dari baskom tersebut. Tambahkan beberapa herbal ke dalam air agar uapnya memiliki beberapa tambahan manfaat untuk menyembuhkan kulit wajah. Uap akan menjadi cara mengatasi kulit wajah mengelupas dan perih.

5. Jangan berganti produk

Ketika Anda sudah menemukan produk yang cocok untuk kulit setelah mengalami reaksi buruk, sebaiknya tetaplah menggunakannya setidaknya sampai kulit Anda benar – benar sembuh. Apapun yang Anda lakukan sebelumnya, misalnya menggunakan produk yang Anda tahu tidak akan menimbulkan reaksi, sebaiknya kembali digunakan selama kulit memulihkan diri. Jangan mencoba cara menghilangkan kulit wajah terkelupas dengan cepat menggunakan produk – produk lain yang belum Anda ketahui khasiatnya.

6. Kembali ke perawatan dasar

Cara terbaik untuk mengatasi kulit  yang mengelupas adalah dengan kembali menggunakan perawatan dasar yang biasa Anda lakukan sebelumnya. Jangan dulu melakukan perawatan wajah komplit yang biasa Anda lakukan setiap hari. Kembali melakukan perawatan wajah dasar memungkinkan Anda untuk menghindari komplikasi baru akibat produk lainnya. 

7. Gunakan produk alami

Produk alami dan non comedogenic seharusnya aman untuk digunakan selama kulit Anda sedang memulihkan diri. Misalnya, gunakan minyak jojoba untuk kulit kering daripada pelembab. Atau gunakan produk yang ditujukan untuk kulit sensitif, karena biasanya bebas dari bahan yang menyebabkan alergi atau iritasi untuk cara mengatasi kulit wajah mengelupas dan gatal.

8. Gunakan masker alami

Cara mengatasi wajah mengelupas karena cream secara alami adalah dengan menggunakan masker alami yang berasal dari tanaman lidah buaya. Campur tiga sendok makan jus  lidah buaya dengan satu sendok makan gel lidah buaya dan dua tetes minyak mawar. Oleskan pada seluruh area wajah yang mengelupas dan bilas setelah 20 menit. Lidah buaya akan banyak membantu kulit Anda untuk memulihkan diri setelah mengalami reaksi apapun terhadap produk kecantikan.

9. Jangan mengelupas kulit

Mungkin Anda berpikir melakukan pengelupasan kulit akan mempercepat penyembuhan. Yang akan terjadi justru sebaliknya. Kondisi kulit wajah akan semakin parah karena pengelupasan yang dilakukan secara paksa, karena itu jangan sekali – sekali melakukan manfaat eksfoliasi wajah jika kulit Anda sedang mengalami reaksi pada cream tertentu.

10. Gunakan pelembab
Kulit yang mengelupas perlu segera diatasi agar tidak meradang dan menimbulkan masalah lebih lanjut. Anda bisa membantu mengembalikan kondisi kulit dengan menggunakan pelembab. Lebih baik lagi jika kandungan pelembab tersebut aman bagi kulit wajah. Anda dapat menggunakan pelembab wajah untuk kulit kering yang cocok.

Cara mengatasi wajah mengelupas karena cream dapat Anda lakukan selama menunggu kulit wajah memulihkan diri. Hal terpenting untuk meminimalkan reaksi buruk kulit terhadap cream wajah adalah dengan meneliti kandungannya lebih dulu dengan seksama. Anda perlu mengetahui dengan pasti isi cream tersebut dan jangan menggunakannya sekaligus dalam jumlah banyak. Lakukan tes alergi lebih dulu, atau jika memungkinkan mintalah sampel pada counter yang menjual cream tersebut. Jika kondisi kulit tidak kunjung membaik, segera konsultasikan kepada dokter.