20 Cara Membuat Wajah Awet Muda dan Kencang Secara Alami Hanya Waktu 2 Minggu

Area wajah menjadi titik fokus yang paling diperhatikan orang khususnya ketika berinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi dengan semakin bertambahnya usia, maka kulit wajah juga akan semakin berubah seperti mulai muncul keriput, kerutan dan berbagai tanda tanda penuaan dini pada wajah. Sebenarnya ada banyak cara yang masih bisa dilakukan untuk mengembalikan tampilan wajah lebih awet muda seperti merubah gaya hidup yang buruk, melakukan berbagai perawatan medis, menggunakan beberapa bahan alami dan juga beberapa gerakan yang semuanya sangat baik untuk wajah. Agar lebih jelas, anda bisa mempraktekkan cara membuat wajah awet muda dan kencang secara alami dalam artikel dibawah ini.

  1. Melakukan Eksfoliator

Kulit mati dan juga serpihan yang menempel pada pori, garis halus dan juga kerutan bisa membuat wajah terlihat lebih tua dan mengendur. Melakukan eksfoliator dengan teratur sangatlah penting untuk membersihkan wajah, mencegah jerawat, cara mengatasi kerutan di wajah dan mengencangkan wajah anda. Pili eksfoliator yang mengandung bulir sintetis atau alami agar bisa meminimalisir iritasi dan juga bisa menggunakan kain lap lembut untuk mengelupas kulit tanpa menyebabkan luka.

  1. Hidrasi Tubuh Dengan Baik

Minum cairan dalam jumlah yang cukup juga menjadi cara termudah sekaligus terbaik untuk membuat wajah terlihat kencang sekaligus awet muda. Air merupakan bagian dari tubuh yang paling banyak hingga mencapai 65% dari tubuh. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka otomatis juga akan merusak kulit sehingga terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya.

  1. Gunakan Oatmeal

Ketika oatmeal dicampur dengan air, maka teksturnya akan berubah seperti gelatin karena mengandung polisakarida. Ini sangat baik untuk melindungi lapisan kulit anda, mencegah kulit menjadi kering, mengatasi penyebab wajah cepat tua dan juga bersisik. Lemak sehat yang terkandung dalam oatmeal nantinya juga berguna sebagai pelembab alami, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, membersihkan sekaligus menjaga kulit agar tetap awet muda.

  • Campur 2 sendok makan oatmeal dengan 1 kuning telur, 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan jus jeruk segar.
  • Aplikasikan campuran ini pada kulit dan diamkan selama 20 menit kemudian bersihkan.
  • Ulangi cara ini sebanyak 2 kali seminggu untuk menghambat penuaan.
  1. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiseptik, anti bakteri dan juga anti inflamasi yang sangat baik untuk melawan infeksi, meningkatkan sirkulasi, membersihkan noda, mencegah garis halus dan juga kerutan sehingga bisa digunakan untuk mengencangkan kulit sekaligus membuat kulit terlihat awet muda. Berikut cara membuat masker kunyit selengkapnya.

  • Campur 1 sendok teh kunyit bubuk dengan 1 sendok teh madu dan sedikit susu hingga menjadi pasta yang agak kasar.
  • Pakai campuran ini sebagai scrub wajah dan diamkan selama 15 menit.
  • Bilas sampai bersih dan lakukan dengan teratur.
  1. Anggur

Anggur mengandung Alpha Hydroxy Acids yang bisa meningkatkan pembaharuan sel kulit sekaligus memproduksi kolagen. Kandungan vitamin C dalam anggur juga nantinya bisa memproduksi kolagen yang bisa menjaga kulit agar tetap elastis dan kencang.

  • Haluskan beberapa buah anggur dan pijat wajah serta leher memakai jus anggur tersebut.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bilas bersih dengan air.
  1. Madu

Cara merawat wajah dengan madu sangat kaya akan antioksidan, asam amino, mineral, vitamin dan juga enzim sehingga bisa digunakan untuk meregenerasi sel kulit wajah dan mengatasi peradangan untuk tampilan kulit lebih kencang dan awet muda. Sifat humektik dari madu ini juga bisa menghidrasi kulit dengan baik.

  • Campur 1 sendok makan madu dengan 2 sendok teh garam.
  • Gunakan untuk menggosok kulit mati pada wajah secara lembut.
  • Campur juga 1 sendok teh madu dengan 30 ml jus gooseberry murni yang dikonsumsi setiap pagi hari.
  1. Tidak Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari sebab bisa menyebabkan kerutan, pigmentasi dan juga tampilan kulit wajah yang terlihat tua. Untuk mendapatkan kulit yang terlihat kencang dan tampil awet muda, maka hindari merokok dan jika memang anda perokok maka bisa dihentikan mulai dari sekarang untuk mendapatkan tampilan wajah yang terlihat segar dan awet muda.

  1. Yogurt

Yogurt yang memiliki rasa asam ini sangat baik untuk mencegah kulit kering yang bahkan bisa mengatasi efek buruk akibat sinar matahari, menghilangkan bintik gelap, cara mengencangkan kulit leher serta wajah dan menutrisi kulit wajah anda.

  • Campur 1 sendok teh yogurt dengan 1 sendok teh kunyit bubuk untuk scrub wajah.
  • Campur juga 1 sendok teh yogurt dengan 1 sendok teh jus lemon serta 1/2 sendok teh madu yang digunakan sebagai masker wajah.
  1. Minyak Kelapa

Selain banyak manfaat minyak kelapa untuk alis, mengaplikasikan minyak kelapa pada wajah sangat penting untuk menjaga kelembutan wajah dan memberikan tampilan kulit yang terlihat bercahaya. Aplikasikan minyak kelapa pada wajah dan pijat lembut selama 30 menit sebelum mandi untuk mendapatkan tampilan wajah yang awet muda sekaligus kencang dalam waktu cepat.

Minyak kelapa juga mengandung asam laurat serta anti mikroba yang bisa membersihkan kulit dari sisa make up. Sedangkan kandungan lemak sehat dalam minyak kelapa berguna sebagai antioksidan sehingga bisa menghambat proses penuaan sekaligus menjaga kulit dari kerusakan radikal bebas.

  1. Lemon

Perasan lemon segar bisa membantu kulit terbebas dari noda dan bintik hitam. Kandungan vitamin C dalam lemon bisa menangkal radikal bebas, menjaga kerusakan kulit dan menampilan kulit yang terlihat awet muda. Cara membuat masker lemon untuk wajah juga sangat mudah seperti berikut ini.

  • Aplikasikan 1 sendok teh jus lemon langsung pada area bintik hitam dan kerutan.
  • Cara kedua, campur madu dengan jus lemon memakai perbandingan sama banyak untuk dipakai sebagai masker sehingga bisa mengurangi penuaan dan mempertahankan tampilan awet muda pada wajah anda.
  1. Coklat Hitam

Coklat hitam bisa digunakan untuk membuat kulit wajah terlihat awet muda dan juga mengandung antioksidan sebagai agen anti penuaan. Sedangkan flavonoid dalam coklat hitam berguna untuk mempertahankan elastisitas dan kelenturan kulit wajah.

  • Campur 2 sendok makan coklat hitam bubuk dengan gula, minyak kelapa dan minyak almond.
  • Aplikasikan pasta kasar tersebut untuk scrub wajah selama beberapa menit dan bilas hingga bersih memakai air hangat.
  1. Kopi

Kandungan antioksidan dan anti inflamasi dalam kopi sangat baik digunakan untuk mengelupas kulit, mempertahankan elastisitas kulit sekaligus menjaga kekenyalan kulit.

  • Untuk cara membuat crub kopi, campur 2 sendok makan bubuk kopi dengan 2 sendok teh bubuk coklat, 1 sendok makan madu dan beberapa tetes susu hingga membentuk pasta.
  • Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.
  1. Jeruk Nipis

Manfaat buah jeruk nipis untuk wajah sangat kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bisa mengatasi jerawat, mengatasi minyak berlebih, mempercepat penyembuhan jerawat, mengangkat sel kulit mati pada wajah dan juga mengencangkan kulit wajah. Anda hanya perlu mengaplikasikan perasa jeruk nipis ini pada wajah selama 15 menit lalu bilas sampai bersih yang dilakukan 2 kali seminggu untuk hasil terbaik.

  1. Kulit Jeruk

Tidak hanya bagian daging buah, namun kulit jeruk juga tinggi akan vitamin C yang sangat penting untuk mengencangkan kulit wajah sehingga bisa mempertahankan tampilan awet muda pada wajah.

  • Jemur kulit jeruk hingga benar benar kering lalu blender hingga halus.
  • Campur dengan sedikit air hingga menjadi pasta dan aplikasikan pada wajah.
  • Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.
  1. Lidah Buaya

Mengaplikasikan gel lidah buaya pada wajah sangat baik untuk menyegarkan kulit wajah, mencerahkan sekaligus mengencangkan kulit yang bahkan juga bisa menyamarkan tanda tanda penuaan dini seperti bintik hitam, kerutan dan garis halus di wajah dan masih banyak manfaat lidah buaya untuk kulit wajah lainnya.

  • Aplikasikan gel lidah buaya langsung pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih.
  1. Pepaya

Manfaat pepaya untuk kulit mengandung enzim papain yang bisa meregenerasi kulit wajah anda. Sedangkan vitamin A, C dan juga E bekerja sebagai antioksidan sehingga bisa menutrisi dan melembabkan kulit. Menggunakan pepaya nantinya bisa menghilangkan sel kulit mati pada wajah, membersihkan sekaligus mengencangkan wajah dalam waktu yang bersamaan.

  • Haluskan daging buah pepaya matang hingga membentuk pasta.
  • Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih.
  1. Alpukat

Manfaat alpukat untuk kulit sangat baik digunakan untuk melindungi kulit dari keriput dan juga tanda penuaan dini karena kandungan karotenoid, vitamin E, antioksidan dan juga vitamin C. Vitamin E dalam alpukat berguna untuk mencegah penuaan dini akibat sinar matahari. Sementara vitamin C sangat penting untuk membuat kolagen dan elastin agar kulit wajah bisa tetap kenyal. Alpukat juga sangat baik digunakan sebagai masker untuk menutup pori pori besar pada wajah sekaligus mengencangkan kulit wajah anda.

  • Haluskan 1/2 buah alpukat matang dengan susu murni dan madu secukupnya.
  • Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 45 menit.
  • Bilas bersih dengan air dingin yang dilakukan 2 kali sehari.
  1. Pisang

Pisang juga mengandung vitamin C yang baik untuk mengencangkan kulit wajah dan memberikan tampilan awet muda. Haluskan 1 buah pisang dan tambahkan 1 sendok makan madu lalu gunakan sebagai masker wajah secara teratur.

  1. Stroberi

Dalam buah stroberi mengandung ellagic yang bisa mengangkat kotoran dan menyingkirkan sel kulit mati pada wajah sehingga tampilan wajah bisa terlihat lebih kencang. Anda hanya perlu menghaluskan buah stroberi kemudian campur bersama susu untuk mengentalkan dan gunakan sebagai masker.

  1. Tomat

Selain banyak manfaat tomat untuk alis, tomat juga mengandung antioksidan bernama likopen yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan sel kulit mati yang menumpuk penyebab kerutan pada wajah. Tomat juga bisa digunakan sebagai tabir surya alami untuk mencegah kerusakan kulit dari sinar UV. Haluskan tomat menjadi bubur dan aplikasikan pada wajah lalu diamkan selama 30 menit secara teratur setidaknya 2 kali sehari.