10 Fakta Tentang Wajah Berminyak yang Bagus

Kulit berminyak ditandai oleh kelebihan produksi sebum dan paling sering dihubungkan dengan kondisi kulit ketika menjelang pubertas. Namun walaupun pubertas adalah penyebab utama pada kelebihan minyak dan wajah mengkilap, hal tersebut bukanlah penyebab satu – satunya. Faktor – faktor lain penyebab kulit berminyak termasuk genetik,  hormon dan cuaca juga menyumbang kepada wajah yang berminyak. Tidak diragukan lagi bagi Anda yang memiliki kulit berminyak di wajah pasti telah menggerutu berkali – kali mengenai wajah yang selalu mengkilap dan licin atau keharusan untuk melakukan perawatan yang dapat menjauhkan minyak dari wajah.

Anda mungkin telah mencoba berbagai macam produk yang berlabel ‘oily skin’ atau ‘oil free’ atau ‘non comedogenic’ yang tidak memberikan hasil ajaib seperti yang diinginkan. Kondisi wajah berminyak seringkali dianggap negatif dan tidak menunjang penampilan seorang wanita, terutama jika berkaitan dengan make up yang sulit menempel dan mudahnya kulit berminyak mengalami jerawat dan komedo. Belum lagi jika berkeringat, wajah akan tampak semakin mengkilap dan memantulkan cahaya.

Yang Perlu Diketahui Tentang Wajah Berminyak

Walaupun banyak tips mengenai bagaimana cara merawat kulit berminyak, faktanya kita tidak bisa menyingkirkan jenis kulit kita atau melakukan cara menghilangkan kulit berminyak secara permanen. Yang bisa dilakukan hanya mengaturnya agar tidak terlalu menimbulkan gangguan dan merusak penampilan wajah. Anda perlu mengetahui beberapa fakta tentang wajah berminyak yang seringkali tidak diketahui oleh banyak wanita untuk memudahkan perawatannya, yaitu:

1. Kulit berminyak lebih baik menggunakan produk berbahan dasar minyak

Banyak sekali iklan yang menyatakan bahwa produk kecantikan berbahan dasar alkohol dapat mengeringkan kulit dan sesuai untuk kulit berminyak. Pemahaman ini sudah berlaku lama sekali dan sekarang adalah saatnya untuk memperbaikinya. Gunakan minyak untuk membersihkan kulit berminyak Anda, karena minyak menarik kelebihan minyak di wajah dan kotoran yang terjebak di pori – pori. Minyak juga tidak akan menghilangkan kelembaban kulit Anda sehingga kelenjar minyak tidak akan perlu memproduksi minyak berlebih untuk menggantikan yang hilang dan menjadi penyebab wajah berminyak dan berjerawat.

2. Ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan kulit berminyak

Ada beberapa waktu di kehidupan Anda seperti pubertas, kehamilan dan menopause yang akan membuat kulit Anda menjadi rentan terhadap minyak disebabkan fluktuasi hormon di tubuh Anda. Kenaikan dan penurunan tingkat hormon yang mendadak dan drastis ini dapat menyebabkan kelenjar minyak dapat memproduksi minyak lebih dari biasanya. Hormon juga dapat menjadi penyebab kulit berminyak saat bangun tidur.

3. Mengalami stres berulang dapat menyebabkan kulit semakin berminyak

Fakta tentang wajah berminyak ini berkaitan dengan stres. Stres menyebabkan kortisol, yang disebut hormon stres untuk diproduksi oleh tubuh. Kortisol akan membantu Anda untuk menghadapi situasi dan lingkungan yang membuat stres. Namun ketika stres menjadi kronis, hormon tersebut akan menyerang tubuh. Berkaitan dengan kulit, kortisol memicu serangkaian perubahan pada kulit yang pada akhirnya akan menyebabkan kelenjar minyak menjadi hiperaktif dan pori – pori tersumbat lalu berjerawat. Stres juga dapat menjadi penyebab wajah kusam dan berminyak.

4. Membuat kulit kering dan kencang akan memproduksi lebih banyak minyak

Hanya karena Anda memiliki jenis kulit berminyak tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan pelembab setiap harinya. Fakta tentang kulit berminyak yang satu ini menunjukkan bahwa kulit berminyak akan semakin berminyak apabila Anda menggunakan produk yang membuat kulit menjadi kering untuk cara mengatasi wajah berminyak.

5. Kulit berminyak menua lebih lambat

Walaupun pertambahan usia bukanlah sesuatu yang perlu membuat Anda malu, kulit yang menua lebih cepat daripada usia Anda tentunya akan sedikit menakutkan. Untungnya jika Anda dianugerahi dengan kulit berminyak, Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai penuaan. Kulit berminyak cenderung sedikit tebal dan memiliki perlindungan alami daripada kulit jenis lainnya.

6. Kulit berminyak lebih tahan dari paparan sinar matahari

Kulit berminyak bisa lebih bertahan ketika terkena paparan sinar matahari karena lapisan kelembabannya yang lebih tebal dan memiliki tingkat keasaman kulitatau PH 4,5 – 6,2. Manfaat lapisan ini dapat melindungi kulit dari bakteri dan juga mempertahankan kelembaban kulit sehingga tidak perlu menggunakan tabir surya terlalu banyak.

7. Kulit berminyak bukan berarti kotor

Mungkin Anda berpendapat bahwa kulit yang memproduksi minyak lebih banyak membuat kulit menjadi kotor sehingga mudah berjerawat. Padahal jerawat dan kulit berminyak tidak disebabkan oleh kotoran. Produksi minyak berlebih dan menyumbat pori – pori adalah penyebabnya. Menganggap kulit mengkilap berarti kotor akan membuat banyak orang melakukan perawatan wajah yang menghilangkan minyak alami kulit dengan berlebihan, yang justru menyebabkan lebih banyak produksi minyak dan jerawat.

8. Kosmetik bukan cara terbaik untuk menyamarkan kulit berminyak

Ketika Anda mengaplikasikan sedikit foundation ekstra, concealer atau bedak pada area wajah yang mengkilap dengan harapan dapat menyamarkan minyak pada wajah, bisa saja Anda justru mendapatkan efek kebalikannya. Walaupun penggunaan kosmetik memang dapat menutupi jerawat dan kulit berminyak, namun biasanya pori – pori juga akan tersumbat jika digunakan berlebihan.

9. Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab

Anggapan bahwa pelembab hanya ditujukan untuk kulit kering tidak selalu benar, sebab kulit berminyak pun tetap membutuhkan pelembab. Pilihlah pelembab yang ringan, berbahan dasar air dan dikhususkan untuk kulit berminyak.

10. Genetika merupakan penyebab kulit berminyak paling umum

Fakta tentang wajah berminyak juga berkaitan dengan genetika. Faktor utama penyebab kulit berminyak adalah berasal dari genetika manusia itu sendiri. Dengan kata lain, kulit wajah berminyak bisa didapatkan dari keturunan. Sebab itulah produksi minyak pada kulit wajah tidak bisa dihentikan, melainkan hanya bisa dirawat agar tidak berlebihan.

Fakta tentang wajah berminyak perlu Anda ketahui untuk memudahkan melakukan perawatan  untuk kulit wajah berminyak Anda. Perawatan untuk kulit wajah berminyak yang kurang tepat justru tidak akan mengurangi penampilan wajah berminyak Anda, namun akan membuatnya semakin bermasalah. Selain itu, Anda dapat melakukan cara – cara yang biasa untuk menjaga kondisi kulit wajah, antara lain menjaga konsumsi air putih, memilih produk perawatan yang tepat, menjaga asupan makanan untuk kulit berminyak dan minuman, cukup tidur, berolah raga untuk membuat kulit tampak bugar, dan banyak lagi cara lainnya.