7 Cara Menghilangkan Bekas Koreng di Wajah Dengan Bahan Alami

Koreng pada wajah bisa terjadi karena penyakit yang menutup pembuluh darah sehingga mencegah proses penyembuhan darah. Ketebalan dari koreng sangat bervariasi sehingga jika semakin tebal, maka akan semakin lama untuk sembuh. Koreng atau scar bisa terjadi dimana saja termasuk di wajah dimana ini merupakan reaksi alami tubuh untuk melindungi area kulit yang terluka sehingga infeksi bisa dicegah. Saat tubuh terluka, maka akan lebih banyak protein yang diproduksi bernama kolagen. Meski bersifat permanen, namun koreng yang berbekas masih bisa memudar meski membutuhkan waktu sangat lama sekitar 2 tahun. Namun proses penyembuhan ini bisa dilakukan lebih cepat dengan menggunakan bahan bahan alami seperti cara menghilangkan bekas koreng di wajah berikut ini.

  1. Madu

Manfaat madu untuk kulit sudah sejak lama digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis luka, bekas luka dan juga koreng karena sifat terapeutik dalam madu yang bahkan sudah digunakan sejak zaman kuno. Zat penyembuhan alami dengan sifat anti bakteri yang diaplikasikan pada koreng nantinya bisa menyembuhkan lebih cepat sekaligus mencegah infeksi dan jaringa parut lebih lanjut.

  • Bersihkan area koreng dengan lembut lalu keringkan.
  • Aplikasikan madu dengan rata dan diamkan selama semalam lalu bilas keesokan paginya.
  1. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit merupakan tanaman alami yang sangat luar biasa untuk mengatasi warna kulit tidak merata, menyembuhkan jerawat, mengatasi bekas luka dan juga bisa digunakan untuk menghilangkan koreng karena sifat pelembab, kuratif dan anti bakteri dalam lidah buaya.

  • Ambil gel lidah buaya segar dan terapkan langsung ada koreng.
  • Diamkan selama semalam dan bilas bersih keesokan pagi.
  • Lakukan dengan teratur agar koreng cepat hilang.
  1. Kunyit Bubuk

Kunyit sangat efektif digunakan untuk jerawat, mencerahkan warna kulit dan membuat kulit wajah terlihat bersinar. Kunyit juga bisa menyembuhkan jerawat, luka cedera dan juga koreng karena sifat anti bakteri, anti inflamasi, antioksidan dan regeneratif kulit.

  • Cara membuat masker kunyit juga sangat mudah yakni dengan mencampurkan kunyit bubuk dengan sedikit air hingga membentuk pasta.
  • Aplikasikan pada koreng di wajah lalu diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.
  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh merupakan minyak esensial yang sudah sejak lama digunakan untuk mengobati berbagai jenis luka termasuk koreng karena sifat anti mikroba yang bisa mempercepat proses penyembuhan koreng.

  • Bersihkan wajah secara lembut dengan pembersih ringan.
  • Oleskan minyak pohon teh dengan konsentrasi tidak lebih dari 10% dan campur dengan sedikit air.
  • Diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.
  1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung antiseptik yang bisa menyembuhkan luka dan cedera. Bawang putih juga mengandung allicin dengan kandungan sifat anti radang sehingga efektif digunakan untuk mengobati koreng pada wajah sekaligus melawan radikal bebas pada kulit selain bisa digunakan sebagai cara merawat kuku dengan bawang putih.

  • Parut 1 siung bawang putih dan campur dengan 2 sendok teh air.
  • Pijat secara lembut pada kulit wajah tempat koreng dan bilas memakai air hangat.
  1. Jus Lemon

Selain banyak manfaat lemon untuk rambut, jus lemon tidak hanya berguna untuk memutihkan kulit dan membersihkan pori pori, namun juga bisa mengatasi bekas koreng di wajah karena kandungan vitamin C tinggi serta anti bakteri alami yang bisa membangun kembali kolagen dan meningkatkan kualitas kulit wajah.

  • Peras buah lemon segar dan langsung oleskan pada bekas koreng di wajah memakai jari atau kapas.
  • Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin sampai bersih.
  1. Baking Soda

Selain cara menghilangkan komedo dengan baking soda, sodium bikarbonat juga menjadi cara mudah sekaligus murah untuk menghilangkan bekas koreng di wajah. Baking soda bebas dari bahan kimia berbahaya dan juga memiliki sifat antiseptik dan pengeringan ringan. Baking soda bisa digunakan untuk mengelupas sel kulit mati, membersihkan kulit dan mengatasi peradangan.

  • Campur baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta.
  • Terapkan pada bekas koreng dan pastikan seluruh permukaannya tertutup.
  • Diamkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih.

Cara menghilangkan bekas koreng di wajah tidak harus selalu dilakukan dengan produk perawatan kulit, namun beberapa bahan alami sudah terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kulit ini sekaligus menutrisi dan mengatasi masalah kulit wajah lainnya.