Inilah 7 Ciri-Ciri Wajah yang Tidak Cocok Dengan Sabun Muka

Sabun muka digunakan guna memaksimalkan pembersihan wajah dari kotoran, debu, polusi yang masuk pada kulit. Namun, jika penggunaan sabun muka tersebut tidak cocok, maka akan menimbulkan berbagai gejala yang tidak baik bagi wajah. Berikut ulasannya!

Ciri-Ciri Wajah yang Tidak Cocok Dengan Sabun Muka

Berikut adalah beberapa ciri-ciri wajah yang tidak cocok menggunakan sabun muka:

  1. Mengalami gatal-gatal

Perawatan wajah yang cocok dengan kulit Anda akan menimbulkan dua jenis reaksi. Pertama, tidak memberikan efek apapun setelah menggunakannya dan kedua akan menimbulkan efek samping bagi kulit. Efek samping yang ditimbulkan bisa bermacam-macam, salah satunya menjadi penyebab alergi kulit wajah atau penyebab wajah gatal. Bahkan, jika terlalu parah, gatal-gatal tersebut akan berlangsung lama.

Gatal yang berat ini adalah satu respin dari kulit karena wajah mengalami alergi akibat kandungan yang ada dalam produk tersebut. Jika hal ini terjadi, segera hentikan pemakaian sabun muka tersebut.

  1. Kulit terasa panas

Kulit yang tidak cocok dengan sabun muka akan menjadi penyebab wajah merah dan kusam hingga seperti kepanasan. Reaksi kemerahan pada kulit atau kesemutan memang hal yang wajar, apalagi jika sabun muka yang Anda pakai bertujuan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati.

Keluhan ini biasanya tidak akan berlangsung lama. Namun, jika panas yang dialami cukup berat hingga terasa sepeti terbakar, segera hentikan penggunaan sabun muka tersebut. Panas seperti ini adalah reaksi peradangan yang artinya bahan-bahan yang terkandung pada produk tersebut sangat keras sehingga mengiritasi kulit Anda. Jangan memaksakan penggunaan produk seperti ini terlalu lama karena akan memperparah efek sampingnya.

  1. Mengalami iritasi

Jika Anda terasa perih setelah mengguakan sabun muka, maka hal ini bisa menjadi tanda bahwa sabun muka yang Anda gunakan tidak cocok dnegan kondisi kulit Anda. Sabun muka seperti ini biasanya adalah sabun muka yang mengandung scrub atau sulfat yang keras sehingga akan sangat berdampak apalagi bagi pemilik kulit wajah yang sensitif.

  1. Kulit terasa kencang

Sesaat setelah menggunakan sabun cuci muka tersebut, kulit Anda terasa kencang, itu artinya sabun muka yang dipakai telah mengikis minyak alami pada kulit. Jika hal ini dibiarkan, maka akan menimbulkan masalah baru bagi kulit. Oleh karena itu, segera hentikan penggunaan sabun muka yang tidak cocok bagi wajah Anda sebab bukan cantik yang didapat malah menimbulkan masalah baru.

  1. Kulit menjadi lebih atau berminyak

Sabun muka yang tidak cocok juga akan menimbulkan minyak berlebihan pada kulit wajah. Hal ini terjadi sebagai reaksi kulit untuk memperbaiki diri dari zat-zat yang masuk dengan cara menghasilkan sebum berlebih. Jika hal ini dibiarkan, maka bisa menimbulkan jerawat pada area wajah Anda.

  1. Tidak membuat kulit lembab

Sabun muka yang cocok pada kulit Anda harusnya dapat membuat kulit terasa lembab. Apabila hal ini tidak Anda rasakan setelah menggunakan sabun muka, maka ini tanda bahwa sabun muka yang dipakai tidak bekerja maksimal pada kulit.

  1. Komedo dan jerawat bermunculan

Masalah-masalah baru akibat penggunaan sabun muka yang tidak cocok selajutnya adalah komedo yang tiba-tiba bermunculan. Tidak hanya komedo yang muncul, jerawat juga bisa muncul pada kulit sebagai reaksi dari kandungan sabun muka yang tidak cocok. Segera hentikan pemakaian jika memang penyebab masalah tersebut berasal dari sabun muka Anda.

Demikian ciri-ciri wajah yang tidak cocok dengan sabun muka dan semoga bermanfaat.