5 Efek Samping Masker Kopi Jika Dipakai Setiap Hari

Sebagian besar orang pasti sudah mengetahui bahwa bubuk kopi bisa dipakai sebagai masker wajah. Bahkan di samping sebagai masker, bubuk kopi juga dapat sekaligus dimanfaatkan sebagai scrub alami. Bubuk kopi memiliki tekstur butiran yang lembut yang bisa membantu meluruhkan sel kulit mati di wajah, sehingga juga memiliki manfaat eksfoliasi untuk wajah yang baik bahkan kulit yang sensitif sekalipun. Masker kopi sendiri memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah, seperti:

  • Membantu menghaluskan kulit dan dapat meningkatkan kecerahan kulit wajah secara natural.
  • Dapat menangkal radikal bebas yang mana dapat menyebabkan kulit wajah mengalami masalah.
  • Menghilangkan sel kulit mati sehingga dapat mengatasi kulit kasar bersisik dan noda hitam di wajah.
  • Mengatasi kelebihan minyak di wajah yang dapat menyebabkan jerawat dan tampak kusam.

Di samping banyaknya manfaat masker kopi untuk kulit wajah, ada efek samping masker kopi jika digunakan setiap hari. Hal ini disebabkan karena ada yang berpendapat bahwa khasiat kopi yang bersifat alami, maka aman aman saja jika menggunakan masker kopi sesuka hati seperti digunakan setiap hari. Padahal menggunakan masker kopi seperti ini adalah kebiasaan yang kurang benar, kenapa? Nah pada artikel ini akan dibahas mengenai alasan kenapa masker kopi kurang baik jika dipakai setiap hari beserta efek yang bisa ditimbulkan pada kulit, seperti berikut ini:

  • Bubuk kopi mengandung scrub alami, yang dapat mengeksfoliasi kulit wajah yang jika dipakai setiap hari bisa menyebabkan wajah kering karena kehilangan kelembaban alaminya.
  • Walaupun dapat menjadi cara menghaluskan wajah paling alami,
  • penggunaan masker kopi malah dapat membuat kulit kasar jika digunakan setiap hari karena kehilangan nutrisi.
  • Dapat menyebabkan kemerahan atau kulit bersisik, apalagi pada kulit sensitif yang mana bisa disebabkan karena efek eksfoliasi yang didapatkan setiap hari.
  • Kulit wajah sering mengalami masalah seperti jerawat atau mengelupas juga menjadi salah satu efek samping masker kopi bila dipakai setiap hari, karena kulit wajah akan sangat kering dan sel kulit mati menumpuk.
  • Kulit gatal-gatal, cekit-cekit atau iritasi lainnya karena kulit terlalu sering tereksfoliasi dengan butiran kopinya.

Bagaimana cara penggunaan masker kopi yang benar?

Untuk mendapatkan khasiat dari masker kopi secara maksimal sebagai cara merawat kulit agar tetap sehat dan bersih, masker wajah haruslah diracik dan digunakan dengan tepat. Ada beberapa tips meracik bubuk kopi untuk dijadikan masker wajah, seperti berikut ini:

  • Gunakan bubuk kopi secukupnya saj, jangan terlalu banyak mengaplikasikan di kulit wajah dan gunakan sekitar 20 menit saja jangan sampai terlalu lama.
  • Gunakan campuran bubuk kopi yang memiliki kandungan melembabkan seperti madu, susu, yoghurt, minyak zaitun dan lain sebagainya.
  • Untuk jenis kulit yang normal dapat digunakan 1-2 kali dalam seminggu dan gunakan pelembab setelah maskeran.
  • Untuk kulit sensitif terlebih dahulu gunakan seminggu sekali saja, jika tidak menimbulkan iritasi baru bisa digunakan hingga dua kali dalam seminggu.

Jadi, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bajwa manfaat kopi untuk kulit dapat diperoleh secara maksimal jika masker kopi ini digunakan sewajarnya saja sesuai dengan anjuran. Demikian ulasan mengenai efek samping masker kopi pada kulit wajah jika digunakan setiap hari atau tidak sesuai aturan, beserta beberapa tips untuk menggunakan masker kopi dengan cara yang tepat.