4 Efek Samping Masker Susu Kental Manis yang Perlu Diwaspadai

Susu merupakan minuman kesukaan hampir semua orang, baik itu susu murni maupun produk turunannya seperti keju, yoghurt, es krim dan lain sebagainya. Sayangnya tidak semua orang bisa menikmati susu dengan bebas, karena ada sebagian orang yang memiliki intoleransi laktosa yaitu ketidak mampuan pencernaan untuk bekerja terhadap protein yang ada dalam susu. Sebaliknya bagi orang yang tidak memiliki intoleransi, maka mereka dapat mengonsumsi berbagai jenis susu dengan bebas bahkan dapat menggunakan cara memutihkan wajah secara alami dengan susu.

Namun walaupun demikian, tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu bagaimana susu bereaksi terhadap kulit yang bisa cukup merepotkan. Sebabnya karena kandungan protein di dalam susu terkonsentrasi tinggi sehingga sulit dicerna dan menimbulkan alergi. Orang – orang yang memiliki alergi susu tetap saja beresiko mengalami reaksi, terutama jika menggunakan susu sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit. Manfaat susu untuk kecantikan memang sudah sangat dikenal sebagai bahan untuk memutihkan kulit, terutama kulit wajah. Berbagai jenis susu dapat digunakan termasuk susu kental manis yang dikenal juga sebagai susu kaleng.

Apa Itu Susu Kental Manis

Susu kental manis adalah salah satu produk turunan susu yang berbentuk cairan kental yang dibuat dengan cara menghilangkan sebagian kandungan air dari susu cair dan ditambahkan gula sehingga mencapai tingkat kepekatan tertentu, bisa dengan ditambahkan bahan lain atau tidak. Tekstur kental pada susu ini didapatkan setelah memanaskan susu menggunakan suhu tinggi sampai kadar airnya hilang sebanyak 60%. Sesudah itu barulah gula ditambahkan hingga warna susunya menjadi agak kecoklatan dan rasanya sangat manis. Kandungan gula pada susu kental manis bisa mencapai sekitar 45% – 56% dan kandungan lemaknya sekitar 43% – 48% per kemasan kaleng, yang digunakan untuk menambah durasi penyimpanan susu agar lebih awet dan tahan lama. Saat ini Badan POM sudah menyatakan bahwa produk ini bukanlah susu melainkan hanya semacam krimer kental manis karena kandungan gulanya jauh lebih tinggi daripada kandungan susunya, begitu pula dengan kandungan protein yang jauh lebih rendah daripada susu full cream atau susu bubuk. Karena itu susu kental manis bukanlah merupakan jenis susu yang cocok untuk dikonsumsi oleh bayi dan balita.

Susu Kental Manis Untuk Masker Wajah

Susu kental manis merupakan susu yang harganya sangat terjangkau dan mudah didapatkan. Saat ini banyak beredar tutorial penggunaan susu kental manis untuk digunakan sebagai masker wajah. Namun apakah benar susu kental manis dapat mengatasi berbagai masalah di wajah? Efek samping masker susu kental manis sangat mungkin terjadi jika digunakan pada wajah, karena susu kental manis sejatinya memang bukan susu murni melainkan terdapat berbagai bahan campuran lainnya. Sedangkan yang biasanya dianjurkan sebagai bahan untuk masker wajah biasanya adalah susu murni tanpa campuran apapun. Efek samping masker susu kental manis yang bisa terjadi jika digunakan pada kulit wajah antara lain:

1. Menimbulkan Jerawat

Pemerahan susu biasanya dilakukan pada sapi yang sedang hamil sehingga susu yang dihasilkan mengandung hormon IGF -1 yang melimpah. Sementara hormon ini berfungsi sangat baik bagi pertumbuhan anak sapi, efeknya akan berbeda jika dikonsumsi manusia karena dapat merangsang produksi minyak berlebihan yang akan mengakibatkan pori – pori tersumbat dan muncul jerawat. Walaupun tidak dikonsumsi, efek samping masker susu kental manis di wajah juga bisa berakibat sama. Selain itu, sel kulit mati akan cenderung lebih menempel di kulit sehingga sulit meluruh dan menyumbat pori wajah juga.

2. Memicu Penuaan Dini

Produk olahan susu masih mengandung hormon yang cenderung memicu timbulnya peradangan dan oksidasi pada sel – sel tubuh. Akibatnya tanda – tanda penuaan dini akan cepat muncul berupa garis halus dan kerutan pada kulit. Susu kental manis mengandung banyak gula, karena itu efek samping masker susu kental manis bisa menyebabkan keriput di kulit karena kehilangan kekenyalannya. Penyebab dari kehilangan kekenyalan kulit karena kolagen dan elastin dalam kulit juga turut berkurang. Ada pula bahaya memutihkan wajah dengan dancow dan bahaya memutihkan wajah dengan susu beruang yang perlu diwaspadai sebelum mencobanya.

3. Membuat Kulit Iritasi

Pemakaian susu kental manis pada wajah bisa menjadi salah satu penyebab muka iritasi. Kondisi iritasi atau peradangan pada setiap orang akan berbeda – beda, mulai dari hanya berupa ruam dan gatal sampai eksim. Efek samping masker susu kental manis akan sangat berbeda saat ini, dan Anda dapat mulai menelusuri penyebabnya sambil menghentikan pemakaian masker untuk sementara. Anda juga bisa mencoba cara membuat masker wajah dari susu bear brand atau cara memutihkan wajah dengan susu beruang.

4. Eksim

Eksim merupakan masalah kulit serius yang bisa disebabkan oleh jerawat. Ketika seseorang mengalami alergi susu, tubuhnya akan mulai memproduksi histamin, yaitu zat kimia yang kemudian menyebabkan beberapa reaksi alergi termasuk eksim. Akibatnya kulit akan mengalami iritasi parah dan juga peradangan. Karena itu cara membuat masker susu untuk orang yang alergi susu sebaiknya tidak dilakukan. Waspadai juga efek samping bleaching badan yang dilakukan untuk memutihkan kulit tubuh.

Apabila Anda termasuk orang yang memiliki alergi terhadap produk susu, sebaiknya waspadai efek samping masker susu kental manis ini. Karena susu yang direkomendasikan untuk perawatan kulit adalah susu murni tanpa tambahan apapun, kemungkinan efek penggunaan susu kental manis ini sebagai masker wajah pun tidak akan menghasilkan perubahan sama sekali, atau justru dapat memberi Anda masalah baru pada kulit wajah. Selalu lakukan tes alergi sebelum menggunakan susu kental manis atau susu apapun untuk digunakan sebagai masker wajah Anda. Sebab pengobatan untuk alergi belum ada hingga sekarang. Yang ada hanya pengobatan untuk membuat gejala alergi tersebut lebih ringan untuk dirasakan oleh penderita saja.