10 Cara Memutihkan Wajah dengan Susu Beruang yang Kekinian

Wajah yang putih dan mulus dianggap sebagai kekuatan kecantikan pada kaum wanita, sehingga hampir semua wanita menginginkan untuk memiliki wajah yang putih alami. Akan tetapi, warna dasar kulit kita sangat ditentukan oleh genetika yang diwariskan di tubuh kita, sehingga tidak semua wanita bisa memiliki kulit putih dan mulus alami. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan wajah putih berseri, termasuk cara – cara yang mungkin kurang diperhatikan keamanannya dan beresiko mendapatkan bahan kosmetik berbahaya jika menggunakan produk yang tidak terjamin kualitasnya.

Resiko untuk mengalami efek samping yang akan merugikan bisa berkurang jika Anda lebih tertarik menggunakan cara alami dan tidak terus tergantung kepada produk kimia untuk merawat kulit. Banyak produk palsu yang menggunakan bahan pemutih wajah berbahaya atau  krim pemutih palsu beredar di pasaran jika tidak berhati – hati dan teliti membeli produk tersebut, dan menggunakan kemasan yang mirip dengan produk yang ditirunya, sehingga jika tidak berhati – hati, Anda bisa saja terkena efek buruknya.

Kandungan Nutrisi di Dalam Susu

Susu merupakan produk hewani yang memiliki banyak khasiat untuk perawatan kulit. Susu murni khususnya mengandung nutrisi yang tinggi, juga protein, lemak, enzim, asam laktat, mineral dan vitamin. Nutrisi di dalam susu yang dapat memberikan efek langsung terhadap kulit wajah antara lain:

  • Vitamin A – Menjadi cara mencegah penuaan dini dan cara mengatasi muka tua pada usia muda yang disebabkan oleh keriput yang timbul sebelum waktunya. Membantu proses revitalisasi dan regenerasi sel – sel kulit juga merawat kulit yang kering dan mengelupas.
  • Vitamin B6 – Vitamin wajah kulit bersih bersinar ini dapat menghidrasi kulit dan membuat kulit tampak lebih lembut dan halus sehingga diperlukan untuk pembentukan sel kulit baru yang menghilangkan kulit lama yang tampak kasar.
  • Vitamin B12 – Vitamin ini akan mencegah hiperpigmentasi pada kulit, memutihkan dan meratakan warna kulit, menghilangkan bekas jerawat dengan demikian vitamin ini akan menjadi cara mencerahkan kulit wajah dan cara merawat wajah agar putih secara alami.
  • Biotin  – Berfungsi untuk kulit sehat, menyembuhkan kulit kering dan pecah – pecah karena kekurangan kadar kelembaban di dalam kulit. Susu juga dapat menjadi cara merawat kulit sensitif.
  • Vitamin D – Membantu merangsang produksi kolagen pada kulit dan membuat kulit terasa lebih kenyal untuk penampilan kulit lebih muda, melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Kulit akan tampak lebih glowing, muda, bebas jerawat dan flek hitam.
  • Protein – Membantu untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan. Membantu kulit yang kuat dan bebas keriput. Ada juga tips membuat kulit putih dengan cara memutihkan wajah dengan tomat.
  • Magnesium – Untuk membantu meningkatkan kecerahan kulit wajah sehingga tampak lebih segar, dan menjadi cara mencegah penuaan dini. Ketahuilah juga manfaat bahan alami lain yang biasa terdapat di dapur seperti manfaat ketumbar untuk kecantikan dan manfaat temulawak untuk kecantikan wajah.
  • Selenium – Dapat melindungi kulit dari pembentukan radikal bebas yang terjadi akibat ekspos sinar matahari pada kulit, membantu pemeliharaan kulit agar selalu tampak kenyal dan kencang. Radikal bebas dapat menjadi penyebab wajah terlihat tua di usia muda dan penyebab kulit keriput yang juga akan membuat wajah terlihat lebih tua.
  • Asam Laktat – Mengatasi kulit wajah yang kering, melembabkan wajah, mengatasi masalah bintik – bintik di wajah, merangsang produksi kolagen di kulit dan mencegah penuaan dini, bisa juga menjadi cara menghilangkan belang di wajah akibat memakai kerudung dan menjadi bahan untuk perawatan wajah berjerawat sebelum tidur.
  • Kalsium – Berguna untuk pembentukan lapisan terluar kulit, mendorong pembentukan kolagen, membuat kulit elastis dan melawan radikal bebas. selain itu, kalsium tentu saja baik untuk tulang dan gigi.

Manfaat Susu Murni Untuk Kulit

Berdasarkan kandungan nutrisi yang ada di dalam susu seperti telah dibahas di atas, maka susu mempunyai beberapa manfaat berikut untuk kulit yaitu:

  • Susu Sebagai Pembersih Wajah – Manfaat susu untuk kulit didapat dari kemampuan unik susu untuk membersihkan kotoran dan minyak dengan bantuan enzim lipase, protease dan membersihkan sel kulit mati dengan bantuan asam laktat. Namun, jika Anda memiliki jenis kulit berminyak sebaiknya tidak menggunakan susu yang diolah, melainkan sebaiknya menggunakan susu murni.
  • Melembabkan Kulit Wajah Kering – Susu adalah pelembab yang menakjubkan dengan kandungan air, lemak dan protein yang dapat mengembalikan faktor alami pelembab kulit yang hilang pada orang dengan jenis kulit kering. Susu melembabkan lapisan kulit terdalam dan juga efektif untuk merawat masalah umum yang diderita kulit saat musim dingin seperti kulit kering.
  • Pemutih Kulit – Susu memutihkan kulit dengan mendorong pengelupasan sel kulit yang terpigmentasi. Masker wajah yang terbuat dari susu dapat bermanfaat untuk mengutandi kulit terbakar matahari, bintik hitam dan bercak hitam.
  • Memperbaiki Kulit yang Mengalami Penuaan – Enzim, protein, vitamin dan mineral yang terkandung di dalam susu membantu mengurangi keriput. Penggunaan masker susu yang teratur akan membantu mengurangi masalah penuaan kulit yang terlalu dini sehngg memberikan masalah pada penampilan kulit wajah.
  • Susu Untuk Kulit Sensitif – Wanita yang memiliki kulit sensitif seringkali mencari pembersih yang dapat menenangkan kulit mereka yang mengalami iritasi dan kemerahan. tidak semua produk bis digunakan oleh wanita yang kulitnya sensitif. Susu bisa menjadi ramuan yang menenangkan, membersihkan dan melembabkan kulit yang teriritasi.
  • Menenangkan Kulit Terbakar Matahari – Susu dapat menenangkan kulit yang terbakar matahari dengan kandungan anti inflamasi, melembabkan dan juga khasiat memperbaiki kulit yang terkandung dalam susu. Akan tetapi untuk merawat kulit yang terbakar matahari, jangan gunakan susu full krim atau susu yang berkedar lemak karena kandungan lemaknya mungkin saja justru melapisi kulit yang terbakar sehingga menghalangi pelepasan panas dari kulit.

Karakteristik Susu Beruang 

Susu beruang terbuat dari 100% susu murni yang berkualitas tinggi tanpa tambahan apapun ataupun pengawet, karena itu belakangan ini susu beruang menjadi terkenal sebagai merk susu yang mampu memutihkan kulit wajah. Cara memutihkan wajah dengan susu beruang akhir – akhir ini sedang menjadi topik yang sering diperbincangkan di dunia perawatan kecantikan karena adanya video yang menjadi viral tentang seorang wanita yang menggunakan susu beruang untuk memutihkan kulit. Bedanya dengan susu kambing, sapi maupun susu kedelai, susu beruang atau Bear Brand mengandung banyak protein dan vitamin seperti vitamin B1, B2, D, B12, B6, A dan C juga mineral dan kalori.

Proses Sterilisasi Susu Beruang

Susu beruang telah melalui proses sterilisasi, yaitu proses memanaskan susu hingga mencapai suhu diatas titik didih. Cara ini dilakukan untuk mematikan bakteri ataupun kuman sekaligus dengan sporanya. Perusahaan Nestle cukup umum melakukan sterilisasi seperti ini untuk produk susu mereka. Ada dua cara untuk mensterilkan susu yaitu dengan sistem UHT (Ultra High Temperature) berupa pemanasan susu hingga suhu 137 – 140 derajat celsius selama 2-5 detik. Cara lain yaitu dengan menggunakan susu yang ada dalam kemasan hermetis lalu dipanaskan pada suhu 110 – 121 derajat celcius selama 20-45 detik.

Susu Beruang Untuk Wajah Putih

Dari uraian diatas, jelaslah mengapa susu beruang dipilih untuk digunakn memutihkan wajah. Susu beruang merupakan susu murni yang terjamin kebersihannya dari kuman dan juga mudah didapatkan di pasaran sehingga bisa dipercaya untuk merawat wajah dan memberikan manfaat positif bagi wajah sebagai cara memutihkan wajah secara alami dengan susu. Cara menggunakan susu beruang untuk memutihkan wajah yaitu dengan cara membuat masker susu berikut ini:

  1. Siapkan kapas, bubuk kacang almond dan susu beruang
  2. Cuci dulu wajah Anda menggunakan air hangat
  3. Celupkan kapas ke dalam susu beruang dan oleskan ke wajah dengan gerakan memutar
  4. Diamkan selama lima menit atau hingga kering.
  5. Basahi lagi kapas dengan susu dan taruh di kedua mata untuk mengompres mata selagi menunggu susu di wajah mengering.
  6. Bilas wajah dengan air bersih.
  7. Ambil satu sendok makan bubuk kacang almond satu sendok makan, campur dengan susu beruang.
  8. Aduk sampai merata lalu oleskan ke wajah.
  9. Biarkan selama sepuluh sampai dua puluh menit lalu bilas dengan air bersih.
  10. Anda bisa melakukan cara ini dua kali seminggu.

Jenis Susu Beruang

Ada tiga macam varian susu beruang yang diproduksi oleh Nestle yang bisa digunakan sebagai tips agar kulit menjadi putih alami yaitu:

  • Susu Beruang Plain – Ini variasi susu beruang yang telah ada sejak lama, berupa susu putih tanpa tambahan perasa lainnya pada kemasan yang juga berwarna putih polos.
  • Susu Beruang Gold White Tea – Susu ini mendapatkan tambahan perasa teh putih yang berkadar antioksidan lebih tinggi berkat proses pembuatannya, dilengkapi dengan kandungan vitamin A, C, dan E.
  • Susu Beruang Gold White Malt – Kandungan dalam susu beruang ini berupa tambahan White Malt yang dapat menjadi sumber energi dan berisi vitamin B1, B2, B6 dan B12.

Manfaat Lain Susu Beruang

Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, susu beruang telah dikenal sejak dulu sebagai susu yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat yang akan dirasakan jika mengonsumsi susu beruang:

  • Membantu penyembuhan penyakit paru – paru pada anak
  • Membantu menyembuhkan penyakit pilek atau flu pada anak
  • Membantu dalam mengatasi penyakit tipus.
  • Meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh
  • Dapat menetralkan racun dalam tubuh
  • Menjaga kadar kolasterol dalam tubuh
  • Mengurangi kerusakan kulit
  • Menjaga tulang dari pengeroposan
  • Membantu pemulihan tubuh setelah sakit
  • Mendukung kinerja otak
  • Menjaga badan tetap segar bugar
  • Membuang racun dalam tubuh
  • Membersihkan aliran darah
  • Membersihkan pencernaan
  • Membersihkan organ jantung
  • Tidak menimbulkan obesitas atau kegeukan
  • Membuat tidur menjadi lebih nyenyak
  • Menjaga metabolisme tubuh
  • Membantu memelihara kesehatan ibu hamil
  • Mencegah pusing yang timbul karena anemia
  • Susu beruang membantu mencukupi kebutuhan kalsium

Mendapatkan susu beruang sangat mudah karena bisa ditemukan di hampir semua toko bahkan mini market dan warung sekalipun. Bila Anda ingin mencobanya, sebaiknya lakukan tes alergi lebih dulu untuk melihat apakah kulit Anda alergi terhadap susu dan kacang almond. Jika ternyata kulit Anda tidak menunjukkan reaksi alergi seperti gatal dan kemerahan, maka itu artinya Anda bebas untuk mencoba cara memutihkan wajah dengan susu beruang.