7 Khasiat Kencur Untuk Wajah Untuk Kecantikan

Kulit yang putih dan mulus merupakan impian setiap wanita. Kulit yang putih dan mulus membuat wajah tampak segar. Untuk memperoleh kulit wajah yang putih, Anda bisa meminum minuman yang membuat kulit putih dan menghindari penyebab kulit susah putih. Tapi, jika kita tidak memiliki kulit wajah yang putih, kita tidak boleh berkecil hati.

Kencur merupakan tanaman herbal. Kencur bisa digunakan untuk rempah-rempah, bumbu masakan, obat tradisional, bahan campuran kosmetik, bahkan bermanfaat untuk kecantikan wajah. Ada tiga manfaat yang bisa Anda dapatkan dari masker beras kencur, namun salah satunya adalah memutihkan kulit wajah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu bergantung pada obat supaya wajah Anda menjadi putih. Cukup gunakan masker dari beras kencur yang aman untuk digunakan.

khasiat kencur untuk wajah

Kencur memiliki banyak khasiat untuk wajah, mulai dari memerangi jerawat sampai memutihkan dan mengencangkan kulit.

1. Memutihkan wajah

Tidak semua orang dianugerai wajah yang berkulit putih. Tapi, Anda sebenarnya bisa mempunyai wajah putih secara alami. Solusi yang bisa Anda ambil adalah dengan memanfaatkan kencur. Jadi, Anda tidak usah membeli produk pemutih yang banyak beredar di iklan. Masker dari beras kencur bisa dibuat dengan mudah, selain itu bahan-bahannya juga mudah untuk ditemukan.

Beras kencur sangat berguna dalam merawat kesehatan tubuh dan kecantikan. Supaya tidak ribet, Anda juga bisa membelinya dalam bentuk sachet atau jamu keliling. Jamu beras kencur dibuat dari bahan-bahan yang alami yaitu jahe, asam jawa, kunyit, jeruk nipis, buah pala, dan bahan lainnya. Supaya jamunya tidak memiliki aroma dan rasa yang tidak enak, maka Anda bisa memberinya tambahan gula batu atau gula merah.

2. Mengatasi jerawat

Jerawat adalah hal yang mengesalkan. Jerawat menjadi masalah wajah yang umum dialami, apalagi jika Anda masih remaja, jerawat jadi lebih mudah muncul. Untuk mengatasinya, tinggal manfaatkan masker beras kencur saja. Masker ini bisa Anda terapkan di rumah, baik sebagai obat untuk mengatasi jerawat maupun sebagai pencegah timbulnya jerawat.

Caranya melakukannya:

  • Siapkan kencur secukupnya kemudian bersihkan dan parutlah kencur sampai benar-benar halus.
  • Ambil airnya, lalu Anda harus menunggu selama beberapa saat, sampai endapannya muncul.
  • Pakai endapan itu untuk membersihkan wajah. Ratakan pada seluruh bagian wajah Anda.
  • Esoknya, segera bersihkan wajah dengan air bersih.

Perawatan menggunakan masker beras kencur ini bisa Anda lakukan secara teratur. Dengan melakukannya secara teratur, jerawat Anda akan mengempis dengan sendirinya dalam jangka waktu yang cukup singkat. Menggunakan masker ini bisa membantu menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat Anda. Anda juga bisa menggunakan cushion untuk kulit berjerawat.

Selain menggunakan masker dari kencur ini, Anda juga perlu melakukan pola hidup sehat. Jangan lupa menerapkan kebersihan. Sebelum tidur, jangan lupa bersihkan make up Anda. Banyak konsumsi sayur dan buah-buahan juga bisa mencegah jerawat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi beberapa jenis buah untuk awet muda alami dan ikuti cara mengencangkan kulit wajah dengan buah.

3. Mengencangkan kulit wajah

Setiap wanita pasti mendambakan kulit yang kencang, tidak hanya wajah yang putih dan mulus. Putih, mulus, dan kencang adalah satu paket agar wajah terlihat cantik dan menawan. Penggunaan kencur bisa mengencangkan wajah. Caranya dengan membuat masker dari beras kencur. Cara membuatnya cukup mudah.

  1. Siapkan beras secukupnya. Rendam dalam waktu semalam.
  2. Setelah itu, jemur beras itu di bawah sinar matahari. Biarkan sampai benar-benar kering.
  3. Siapkan juga kencur. Parut kencur hingga lembut.
  4. Campurkan beras dengan kencur.
  5. Gunakan pada wajah. Tunggu selama setengah jam.
  6. Setelah itu, masker dibersihkan dengan tisu. Bilas pakai air hingga bersih.

4. Mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah

Minyak yang berlebih pada wajah bisa menyebabkan jerawat. Selain pada wajah, minyak berlebih bisa juga terjadi di dada dan punggung. Tapi, dari ketiga bagian itu, yang paling menyebalkan saat terjadi di wajah. Selain membuat wajah jadi mengkilap, juga membuat wajah Anda berpotensi terkena jerawat. Untuk mengatasinya, gunakan saja masker dari beras kencur. Masker ini bisa menyerap minyak dari wajah Anda.

5. Sebagai anti-aging pada wajah

Anti-aging diperlukan dalam merawat wajah. Manfaatnya, untuk mencegah penuaan dini akibat radikal bebas. Anti-aging bisa Anda dapatkan dengan murah melalui masker beras kencur. Beras kencur merupakan kombinasi yang tepat dalam melawan penuaan, Beras mengandung vitamin B1, C, E, asam ferulic, dan alantonin.

6. Mengatasi komedo-komedo yang bandel

Wajah seingkali dihinggapi oleh komedo, terutama pada hidung dan pipi. Hal ini menjadikan wajah kasar dan berbintik hitam. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai masker dari beras kencur sehingga wajah Anda bersih menyeluruh.

7. Menghilangkan mata panda (kantung mata)

Masalah yang satu ini sering terjadi ketika kita capek, banyak begadang, atau lama berada di depan televisi dan komputer. Penggunaan masker dari beras kencur bisa mengatasi mata panda atau kantung mata.

Itulah beberapa khasiat kencur untuk wajah. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya dalam merawat kulit wajah? Jika iya, Anda bisa menerapkannya secara teratur untuk memperoleh hasil yang baik. Anda dapat melakukannya dengan cepat dan tanpa ribet di rumah.