8 Manfaat Air Garam Dapur Untuk Wajah yang Bagus

Garam dikenal oleh semua orang sebagai bumbu dapur dengan rasa asin yang membuat cita rasa bahan masakan menjadi semakin nikmat. Garam mengandung mineral tinggi seperti magnesium, kalium, sodium, potasium, natrium dan kalsium yang dipercaya baik untuk kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan saja, khasiat garam untuk wajah  terutama dalam perawatan kecantikan wanita pun sudah banyak digunakan. Harga garam yang terjangkau dan mudah didapatkan menjadi kelebihannya yang disukai para wanita. Bayangkan Anda tidak perlu keluar rumah dan mencari kemana – mana untuk mendapatkan bahan perawatan kecantikan, namun hanya perlu mencari di lemari dapur saja dan bisa langsung menggunakan manfaat garam untuk kulit saat itu juga dengan mudah. Manfaat air garam dapur untuk wajah sudah banyak dicoba dan khasiatnya sangat beragam untuk kulit wajah wanita.

1.Mendetoks kulit wajah

Dalam sejumlah perawatan kulit wajah di salon, manfaat air garam untuk wajah sudah digunakan sebagai campuran atau dalam cara membuat masker garam. Garam diyakini bisa melembapkan dan membasmi bakteri yang menumpuk di pori – pori kulit. Mencuci wajah dengan air garam hangat bisa memberikan manfaat yang sama, yaitu mengurangi kadar racun dan kotoran yang menempel di kulit wajah.

2. Menghilangkan sel kulit mati

Garam memiliki tekstur dan butiran yang sedikit kasar sehingga dapat digunakan untuk manfaat eksfoliasi wajah yang sangat efektif. Butiran garam akan berguna sebagai scrub wajah yang mudah dilakukan. Anda bisa mencampurkan garam dengan air, bahkan dengan minyak wajah atau facial oil untuk cara memutihkan wajah dengan air garam. Gunakan ramuan pada wajah dengan gerakan melingkar, bilas dan bersihkan wajah seperti biasa.

3. Digunakan sebagai toner

Toner adalah salah satu tahap dari rangkaian perawatan wajah yang kerap dilakukan wanita setelah membersihkan wajah dengan susu pembersih. Manfaat air garam dapur untuk wajah juga bisa Anda gunakan sebagai toner yang biasanya bertugas untuk menutrisi kulit wajah. Campur garam secukupnya dengan air hangat dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan ke wajah untuk mendapatkan manfaat air garam untuk kulit wajah dan tepuk – tepuk wajah sampai mengering.

4. Meredakan jerawat

Salah satu masalah kulit yang paling dibenci wanita adalah jerawat, terlebih lagi jerawat yang sering menyerang wajah secara mendadak. Manfaat air garam dapur untuk wajah bisa membantu meredakan masalah jerawat, terutama jika jerawat tersebut dialami karena alergi bahan kimia yang terekspos ke kulit wajah. Campurkan seperempat sendok garam dengan air hangat dan rendam kapas ke dalamnya. Tempelkan kapas di area jerawat dan biarkan hingga satu menit. Air garam akan membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat yang membengkak karena garam memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu.

5. Mengatasi kulit berminyak

Produksi sebum berlebihan di kulit wajah akan membuat wajah mudah berjerawat dan tampak selalu mengkilap sehingga terlihat kusam. Manfaat air garam dapur untuk wajah dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Larutkan setengah sendok garam ke dalam wadah bersih yang diisi air hangat. Bersihkan wajah lebih dulu dan basuh wajah dengan air garam. Bilas dengan air biasa dan keringkan menggunakan handuk yang bersih dan lembut. Cara mengecilkan pori – pori dengan garam juga bisa Anda dapatkan dengan bilasan air garam.

6. Mengatasi bibir pecah – pecah

Membersihkan bibir menggunakan garam bisa mencegah bibir menjadi hitam dan pecah – pecah. Pemilik bibir kering akan kerap mendapati bibirnya pecah – pecah dan tampak tidak sehat. Tidak ada satupun wanita yang ingin tampak dehidrasi dengan bibir yang pecah dan berdarah. Kondisi bibir demikian menyulitkan dalam pemakaian lipstik yang sulit terlihat rata. Manfaat air garam dapur untuk wajah bisa menjadi alternatif penyembuhan alami untuk masalah bibir kering. Campurkan garam dan air hangat secukupnya lalu gosokkan ke bibir sebagai scrub untuk mengelupas sel kulit mati di bibir Anda.

7. Penguapan wajah

Melakukan facial dengan air garam hangat akan membuka pori – pori di wajah. Campur garam dan air secukupnya lalu panaskan di dalam sebuah panci di atas kompor. Tuangkan ke dalam baskom dan tundukkan wajah ke arah baskom sehingga uap garam mengenai wajah Anda. Jika air garam sudah agak mendingin, celupkan waslap bersih ke dalamnya dan tempelkan ke wajah selama kurang lebih 10 menit. Bilas wajah dengan air dingin.

8. Menyegarkan wajah

Manfaat air garam dapur untuk wajah juga bisa memberikan khasiat relaksasi. Tidak hanya pikiran yang bisa mengalami stres, kulit wajah kita pun bisa mengalaminya. Air garam dapat bermanfaat untuk meredakan stres yang dialami oleh kulit wajah setelah berbagai aktivitas sehari – harinya dan paparan berbagai kotoran di  lingkungan sekitar. Kulit wajah akan terasa lebih segar dengan bilasan air garam pada wajah sebelum tidur malam. Bilas kembali wajah Anda dengan air dingin setelahnya, lalu rasakan manfaatnya berupa otot wajah yang terasa lebih rileks.

Apabila Anda ingin mencoba manfaat air garam dapur untuk wajah, Anda bisa menggunakannya secukupnya saja. Hindari area mata dan hidung agar tidak mengalami iritasi, begitu juga dengan frekuensi melakukan perawatan air garam yang harus dibatasi. Sebaiknya lakukan perawatan dengan air garam dapur sebanyak 1 – 2 kali seminggu saja dan tidak lebih. Efek samping garam untuk kulit wajah bisa sangat merugikan karena melakukan perawatan wajah dengan air garam berlebihan bisa merusak dan menyebabkan iritasi serta kulit wajah sangat kering.