9 Pantangan Makanan Untuk Kulit Sensitif Dan Mudah Berjerawat

Kulit yang sehat dimulai dari dalam ke luar. Sangat benar bahwa makanan yang kita makan dapat mempengaruhi penampilan kulit dan bahwa beberapa makanan dapat menyebabkan penuaan pada kulit sementara jenis makanan lainnya dapat memberi penampilan kulit yang lebih sehat. Kulit yang sensitif cukup umum ditemui tetapi agak sulit untuk mengetahui cara merawat kulit sensitif khususnya ketika Anda mencoba mengenali apa pemicu yang menyebabkan outbreak pada kulit wajah seperti jerawat, ruam, gatal dan kemerahan.

Kulit setiap orang memiliki kondisinya sendiri – sendiri dan bereaksi terhadap berbagai makanan secara berbeda, begitu juga penyebab kulit sensitif. Walaupun demikian ada beberapa makanan yang lebih mungkin untuk menyebabkan ketidak nyamanan daripada jenis makanan lainnya. Penelitian menyatakan bahwa pemilihan makanan kita juga akan menyebabkan peradangan, yang dalam tingkat wajar dapat melindungi tubuh dari bakteri, kimia atau racun lainnya dengan mengaktifkan sistem imunitas. Tetapi peradangan yang kronis dan berlangsung lama dapat menyebabkan penyakit berat dan kondisi lainnya termasuk kondisi kulit sensitif.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Untuk Kulit Sensitif

Menjaga kulit tetap sehat bisa menjadi satu tantangan tersendiri, dan akan makin sulit apabila Anda memiliki ciri – ciri kulit sensitif. Anda tidak perlu mengecualikan seluruh produk makanan, namun cukup menghindari beberapa bahan makanan yang harus dihindari untuk kulit sensitif. Pantangan makanan untuk kulit sensitif antara lain adalah:

1.Gluten

Gluten adalah protein yang ditemukan di dalam gandum, jelai dan gandum hitam. Gluten akan mempengaruhi orang – orang yang sensitif dengan menghancurkan vili usus, dan menyebabkan beberapa gejala seperti kulit yang gatal dan ruam. Intoleransi gluten akan menimbulkan berbagai manifestasi pada kulit. Hindari gluten untuk cara merawat kulit berjerawat dan sensitif.

2. Produk Susu

Protein dalam susu yaitu whey dan kasein dapat menyebabkan reaksi alergi. Kasein dan whey sangat sulit dicerna oleh tubuh khususnya pada produk susu yang telah dipasteurisasi dan diberi pengawet, hormon dan bahan kimia lainnya. Hasilnya adalah makanan yang tidak sehat untuk tubuh manusia, tetapi banyak dari kita tetap mengonsumsi produk susu. Selain itu, produk susu juga kerap dikaitkan dengan jerawat sehingga jika Anda sedang melakukan cara merawat wajah sensitif, maka hindari konsumsi produk susu secara berlebihan.

3. Putih Telur

Ketika Anda mengonsumsi putih telur, tubuh mungkin akan mengiranya sebagai bahan asing dan merespon dengan histamin, sebuah zat kimia yang menyebabkan peradangan yang dilepaskan tubuh sebagai reaksi dari alergi. Hal ini akan menyebabkan breakout secara hampir seketika berupa ruam dan gatal – gatal pada kulit. Karena itulah putih telur kerap menjadi pantangan makanan untuk kulit sensitif. Anda pun mungkin perlu menggunakan sabun untuk kulit sensitif yang khusus untuk menghindari reaksi buruk pada kulit.

4. Alkohol

Apakah Anda pernah mencoba minuman anggur atau wine dan lainnya, kemudian melihat adanya ruam atau kulit yang merona setelahnya? Beberapa orang mungkin memiliki alergi anggur, dan kondisi ini lebih umum daripada yang disangka. Dalam sebuah penelitian di Jerman, hampir 25 persen para partisipan dilaporkan mengalami gejala mirip alergi setelah meminum anggur. Anggur mengandung alkohol, yang merupakan stimulan dan bisa menyebabkan reaksi alergi pada orang – orang yang sensitif pada alkohol. Ekspos pada sulfit di dalam anggur yang ditujukan untuk mengawetkannya memicu berbagai reaksi merugikan termasuk dermatitis.

5. Kedelai

Alergi protein kedelai sangat umum terjadi, walaupun kedelai populer sebagai minuman yang sehat. Kedelai disebut sebagai salah satu delapan alergen utama yang menyebabkan reaksi seketika termasuk gatal – gatal. Industri makanan telah memproses kedelai dengan menambahkan perasa, pengawet, pemanis dan pengemulsi serta nutrisi sintetis, mengubah protein isolate kedelai menjadi sesuatu yang palsu dan berpotensi merugikan.

6. Daging Olahan

Ketika Anda bangun dan mendapati wajah bengkak, cobalah mengingat apa yang Anda makan kemarin, apakah Anda mengonsumsi banyak garam termasuk makanan restoran, makanan olahan yang dapat mengandung sodium dalam jumlah tinggi. Makanan olahan mengandung sodium yang dapat menyebabkan kekurangan air dalam kulit dan menyebabkan wajah menjadi bengkak dan sembab.

7. Kafein

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein reguler bisa meningkatkan level kortisol Anda yang mungkin dapat berakibat bahwa kulit mengalami peradangan. Akibatnya, kulit akan mudah berjerawat atau mengalami masalah – masalah lainnya yang sangat mengganggu. Anda juga bisa mencoba rangkaian wardah untuk kulit sensitif berminyak dan berjerawat.   

8. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat memicu timbulnya kondisi kulit yang sudah ada sebelumnya khususnya jerawat. Jerawat dan masalah peradangan kulit lainnya adalah tanda bahwa tubuh sedang mengalami kelebihan panas, dan makanan pedas yang menghangatkan tubuh harus dihindari.

9. Kacang – kacangan

Kacang adalah sumber yang paling bagus untuk lemak sehat, tetapi beberapa jenis kacang secara alami memiliki rasio paling tinggi dari asam lemak omega 6. Asam lemak jenis ini dapat memicu keluarnya jerawat dan kondisi kulit lainnya. Kacang – kacangan yang tinggi akan kandungan omega 6 antara lain adalah walnut, kacang brazil, kacang pine dan pecan.

Daftar pantangan makanan untuk kulit sensitif yang mungkin akan buruk bagi kulit Anda mungkin akan tampak merepotkan untuk dihindari. Tetapi mengetahui apa dan bagaimana makanan yang akan mempengaruhi kulit Anda tidak  pernah salah agar Anda dapat memahami apa yang memicu kondisi tertentu pada kulit. Dengan mengetahui pemicunya, Anda tentunya akan lebih mudah untuk menghindari bahan – bahan dalam makanan tersebut. Dengan memahami mengapa beberapa jenis makanan tertentu dapat memicu masalah kulit, Anda akan mungkin menciptakan kulit yang sehat dari dalam.