10 Macam Sunscreen Untuk Kulit Berminyak Remaja

Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk skincare yang tidak boleh dilewatkan oleh para wanita. Iklim di negara tropis memiliki sinar matahari yang sangat menyengat sehingga perlindungan untuk kulit wajah sangat diperlukan. Akan percuma apabila kita menggunakan berbagai krim untuk memutihkan dan mencerahkan kulit, tetapi tidak melindunginya sama sekali dari sengatan sinar matahari yang juga akan menyebabkan penuaan dini seperti keriput dan garis halus.

Untuk cara mencegah penuaan dini maka perlu digunakan tabir surya sejak usia yang sangat awal, yaitu pada usia remaja. Hal itu tentu untuk menambah perlindungan terhadap kulit wajah sejak awal agar tidak terburu mengalami kerusakan akibat sinar UV. Kulit remaja yang umumnya berminyak dan tidak jarang berjerawat tidak dapat menggunakan sembarang produk sunscreen. Berikut ini adalah beberapa macam sunscreen untuk kulit berminyak remaja yang bisa menjadi pilihan.

1. Skin Aqua MUV Moisture Gell SPF 30 PA++

Sunscreen berformula water based ini teksturnya ringan dan nyaman untuk diaplikasikan ke wajah karena tidak lengket dan cepat menyerap ke dalam kulit. Sunscreen aman untuk digunakan pada kulit berjerawat dan tidak meninggalkan noda putih pada kulit wajah jika diaplikasikan. Kandungan vitamin B5, C dan E didalamnya akan menutrisi dan melembapkan kulit tanpa terasa berminyak.

2. Emina Sun Protection SPF 30 PA++

Emina yang merupakan salah satu label kosmetik untuk remaja juga memiliki produk sunscreen untuk kulit berminyak remaja yang pada umumnya berjerawat. Teksturnya mudah menyerap tanpa rasa lengket di kulit dan mengandung SPF 30 PA++ yang dapat melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang merusak. Formulanya juga tidak akan menutup pori – pori atau menyumbat, sehingga aman digunakan untuk remaja yang memiliki kulit berjerawat.

3. Acnes UV Tint SPF 35 PA++

Merk sunscreen untuk kulit berminyak remaja ini mengandung formula anti bakteri yang dapat merawat kulit berminyak dan mudah berjerawat para remaja. Berkat kandungan vitamin B6, C dan E yang dapat menutrisi dan melembabkan wajah sekaligus melindunginya dari sinar matahari. Teksturnya cair sehingga mampu menyatu dengan sempurna pada kulit. Sebelum pemakaian, kemasannya harus dikocok lebih dulu. Warnanya yang kecoklatan juga bisa bermanfaat sebagai alas bedak.

4. Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Tekstur dari sunscreen ini berbentuk gel yang mudah diaplikasikan, menyerap dan menyatu dengan warna kulit remaja. Kandungan vitamin E sebagai antioksidan, lidah buaya dan pro vitamin B5 akan memberi nutrisi dan melembapkan kulit wajah. Tidak hanya bagus digunakan pada wajah yang berminyak dan berjerawat tetapi juga bagus digunakan untuk kulit wajah yang mengalami dehidrasi.

5. Ristra Sun Care

Kandungan SPF pada sunscreen ini termasuk rendah yaitu hanya SPF 17. Teksturnya juga agak tebal dan sedikit meninggalkan noda putih ketika diaplikasikan. Namun demikian, sunscreen ini sangat banyak direkomendasikan karena nyaman digunakan, tidak lengket dan berminyak, serta perlindungan untuk sinar UV cukup efektif.

6. Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Sunscreen ini mengandung SPF sangat tinggi yaitu SPF 50+/PA+++ dan memiliki tekstur yang sangat nyaman untuk kulit wajah. Bentuknya seperti gel lotion yang ringan, rasa dingin di kulit ketika diaplikasikan sehingga menyerap dengan cepat di kulit wajah. Karena teksturnya yang sangat ringan, penggunaan sunscreen ini bisa agak boros.

7. Innisfree Eco Safety No Sebum Sunblock SPF 30

Terbuat dari minyak bunga matahari organik dan ekstrak teh hijau yang ramah lingkungan, berasal dari Pulau Jeju. Sunblock ini akan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan menyebabkan kerusakan kulit, memberi kontrol yang lama, kuat terhadap keringat dan sebum. Cocok untuk semua jenis kulit juga sebagai salah satu skincare korea untuk kulit beminyak dan kusam.

8. Parasol Sunblock Cream

Mengandung SPF 33, sunscreen parasol tidak mengandung pewangi dan pemutih yang akan semakin memperparah jerawat di kulit berminyak. Produk ini aman digunakan untuk kulit yang berjerawat dan sangat mudah untuk ditemukan di apotek. Produk yang digunakan oleh remaja memang harus diformulasikan secara khusus, misalnya merk lipstik untuk remaja atau bedak yang cocok untuk usia 14 tahun seperti bedak pigeon untuk kulit berjerawat.

9. The Face Shop Clean Face Oil Free Sun Cream

Merk skincare dari korea ini memproduksi sunscreen dengan SPF 35 PA+++ dan mengandung tea tree oil, gel lidah buaya yang memblok kedua sinar UV A dan UV B. Ketika diaplikasikan, hasil akhirnya tidak berminyak dan mudah membantu mengontrol produksi sebum sehingga tidak akan menjadi penyebab kulit berminyak.

10. Melanox Face UV Protection SPF 30 PA+++

Sunscreen untuk kulit berminyak remaja ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit dengan formula yang dapat menyerap minyak yang berlebihan di wajah dan tidak bersifat menyumbat pori – pori. Formula demikian sangat baik untuk kulit yang berminyak dan berjerawat khas remaja, yang sangat sensitif dan mudah sekali berjerawat karena sebab apapun, juga menjadi merk sunblock untuk wajah berminyak yang bagus.

Dengan beberapa pilihan sunscreen untuk kulit berminyak remaja ini dapat Anda pilih untuk digunakan melindungi kulit wajah sejak dini agar tidak mengalami kerusakan. Walaupun semua produk diklaim aman untuk kulit berminyak dan yang sedang berjerawat, tetapi sebaiknya lakukan tes terlebih dulu sebelum menggunakannya secara keseluruhan. Jika memungkinkan, mintalah sampel pada toko yang menjualnya atau aplikasikan sedikit dulu pada wajah Anda dan lihat reaksi kulit wajah terhadap pemakaian produk tersebut.