6 Cara Membentuk Alis Sesuai Bentuk Wajah Lengkap Dengan Tutorial

Semua wanita pada dasarnya akan terus mencari cara agar bisa tampil selalu cantik dalam setiap kesempatan dan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mempercantik tampilan khususnya area wajah adalah dengan make up. Mulai dari tampilan bibir, wajah dan juga mata akan diperhatikan secara detail sehingga bisa terlihat cantik secara keseluruhan. Bagian wajah yang tidak pernah luput dari perawatan salah satunya adalah alis. Namun dalam membentuk alis tidak boleh dilakukan secara asal seperti menggunakan pensil alis, namun bentuk dari alis juga harus disesuaikan dengan bentuk wajah yang dimiliki dan dalam ulasan kali ini, kami akan memberikan beberapa cara membentuk alis sesuai bentuk wajah yang bisa anda gunakan sebagai panduan saat membuat alis.

Cara Membuat Alis Sesuai Bentuk Wajah

Entah dengan menggunakan pensil alis waterproof, maskara atau bahkan sulam alis, maka hal penting yang harus anda ketahui adalah bentuk alis bagaimana yang cocok dengan wajah. Untuk itu, kenali lebih jauh karakteristik wajah anda seperti bulat, oval, persegi, segitiga atau diamond, hati atau panjang. Berikut panduan selengkapnya mengenai cara membentuk alis sesuai dengan bentuk wajah selengkapnya.

  1. Cara Membentuk Alis Wajah Bulat

Untuk anda yang memiliki bentuk wajah bulat, maka tujuan dari membentuk alis adalah agar wajah bisa terlihat lebih panjang dan bentuk alis yang paling sesuai untuk wajah bulat adalah alis high arch sedang untuk pensil warna bisa dipilih pensil alis warna abu abu, coklat atau hitam yang disesuaikan dengan warna rambut anda. Bentuk garis menukik dalam alis high arch ini akan membuat wajah bulat terlihat lebih panjang, sedangkan alis yang lebih tinggi dari batas wajah juga bisa membuat bentuk wajah terlihat semakin panjang. Hindari memakai alis berbentuk bulat karena hanya membuat wajah anda terlihat semakin bulat.

Wajah bulat harus memilih bentuk alis yang halus dan lebih menonjolkan fitur pada wajah bulat. Memiliki bentuk wajah bulat juga harus lebih berhati hati dalam membentuk alis, sebab jika salah memilih maka akan merusak tampilan wajah secara menyeluruh. Bentuk wajah yang bulat harus ditambahkan dengan definisi untuk mempertajam struktur tulang dan rekomendasi bentuk alis yang paling sesuai untuk bentuk wajah ini terdiri dari 3 jenis yakni:

  • Hard Angled: Penting untuk memanjangkan wajah yang bulat sehingga lengkungan tajam atau tinggi harus dilakukan pada alis. Jaga garis alis lurus menuju puncak lalu semakin rendah menuju tepi. Lengkungan tinggi akan membuka mata dan meniruskan wajah dan tampilan alis yang jauh dari hidung akan membuat wajah anda lebih terlihat slim.
  • Soft angled: Bentuk siku yang lembut dan memiliki lengkungan lembut juga cocok untuk wajah bundar yang bisa dibentuk dengan lengkungan tinggi atau rendah. Lengkungan tinggi berguna untuk membuat wajah terlihat lebih tirus. Bentuk lurus dan melengkung lembut di sekitar sudut atas dan bawah alis yang akan membuat postur anda juga terlihat lebih tinggi.
  1. Cara Membentuk Alis Wajah Oval

Dari semua bentuk wajah, wajah oval menjadi bentuk yang paling ideal dan cara mempercantik alis tidak terlalu banyak dibutuhkan. Sehingga pembentukan ali yang dilakukan hanya bertujuan untuk mendukung tampilan wajah oval saja. Bentuk alis terbaik untuk wajah oval adalah sofat angled dengan ketebalan yang diatur sesuai dengan keinginan anda sehingga akan membingkai wajah anda dengan lembut.

  • Soft angled: Bentuk alis ini tetap lembut namun juga terlihat tetap bulat dengan sudut yang tidak tajam namun memiliki lengkungan lembut. Untuk siang bisa dibuat lebih tipis dan rendah, namun untuk tampilan dramatis bisa menggunakan bentuk tebal dan tinggi.
  • High arches: Bentuk alis ini akan memperlihatkan bentuk wajah yang lebih lonjong dan terlihat lebih seksi. Lengkungan tinggi akan membantu untuk membuka wajah anda dan sangat tepat untuk pemilik wajah oval. Gunakan liner alis dan pilih warna pensil alis yang alami.
  1. Cara Membentuk Alis Wajah Panjang

Untuk wajah berbentuk panjang, pembentukan alis bertujuan agar wajah yang panjang tersebut bisa terlihat lebih pendek atau lebih seimbang dan untuk bentuk alis terbaik adalah datar atau flat dan bukan dengan cara memanjangkan alis. Jika ali semakin datar dalam batas yang wajar ini dibentuk pada wajah panjang, maka akan semakin mengecilkan garis wajah sehingga bisa terlihat lebih seimbang.

  1. Cara Membentuk Alis Wajah Persegi

Untuk anda yang memiliki bentuk wajah persegi, maka cara merapikan alis dan membentuk alis bertujuan untuk menghaluskan dan menyeimbangkan garis rahang yang terlihat kuat pada wajah persegi. Untuk bentuk alis terbaik bagi wajah persegi adalah bentuk alis melengkung atau rounded. Setelah itu, tambahkan juga sudut yang menikung atau high arch. Jika rahang yang anda miliki semakin tegas, maka alis yang dibuat juga harus semakin menikung sehingga hasilnya terlihat tajam di bagian atas alis untuk memperhalus tampilan rahang yang tegas.

  • Angled shape: Ada 2 jenis bentuk angled shape yakni soft yang membentuk lengkungan tipis dan halus serta hard yang akan membuat tampilan wajah terlihat lebih muda dan membuat wajah terlihat lebih panjang. Bentuk alis dengan siku yang lembut namun tegas untuk menghaluskan tampilan wajah. Sedangkan pada bagian atas dan bawah sudut alis dibuat dengan lembut.
  • Curved shape: Bentuk alis yang juga disebut dengan “S” shape hampir serupa dengan soft angled yang bisa membuat wajah terlihat lebih panjang dimana bentuknya dimulai dengan garis sedikit melengkung dan dibulatkan pada sudut alis yang merupakan perpaduan dari kurva dan sudut sehingga bentuknya disebut dengan “S” shaped.
  1. Cara Membentuk Alis Wajah Hati

Untuk pemilik wajah berbentuk hati, maka cara membentuk alis natural bertujuan untuk menghaluskan sekaligus menyeimbangkan dagu yang runcing serta dahi yang lebar. Bentuk alis terbaik untuk tipe wajah ini adalah kombinasi dari rounded dan low arch.  Atur ketebalan alis sesuai dengan keinginan anda dan secara rutin cukur serta cabut alis yang terlihat tebal supaya dahi yang terlihat lebar bisa dipersempit dan mengimbangi bagian dagu yang lancip.

  • Medium and groomed: Untuk anda yang memiliki pola alis tipis dengan ujung tajam, maka hindari pola alis yang sangat tipis sebab bentuk wajah hati tidak cocok dengan tampilan alis ini. Pilih bentuk sedang dengan lengkungan halus sehingga lebih cocok dengan bentuk wajah ini.
  • Rounded brow pattern: Untuk anda yang memiliki pola alis bulat, maka gunakan lengkungan rendah ke arah tengah namun jangan terlalu keras sehingga cocok dengan bentuk wajah hati.
  • Trimmed tail: Trimmed tail sangat cocok untu wajah bentuk hati yakni ekor yang halus dan tidak terlalu banyak menonjol keluar.
  1. Cara Membentuk Alis Wajah Diamond

Untuk wajah diamond, maka cara membentuk alis tanpa dicukur bertujuan untuk menghaluskan serta menyeimbangkan keseluruhan wajah yang tegas atau menyeimbangkan bagian wajah yang lebih lebar dari bagian lainnya. Bentuk alis terbaik untuk wajah diamond adalah alis melengkung yang akan memperhalus sudut sudut wajah sekaligus mengurangi bagian wajah yang lebih lebar.

  • Sharp arc: Pertajam busur alis anda untuk mendapatkan tampilan lebih lembut dan mengurangi lebar wajah anda.
  • Buat penuh: Untuk wajah diamond, penuhi alis sehingga terlihat lebih tebal untuk menyempurnakan bentuk wajah antara bagian wajah yang lebar dan garis rahang.
  • Rounded brow: Alis bulat juga tepat digunakan pada wajah diamond untuk menyeimbangkan antara dahi dan pipi yang lebar.
  • Pola alis panjang sedang: Wajah diamond juga cocok dengan bentuk alis yang lebih panjang namun tidak terlalu tebal.
  • Pola alis pendek dan penuh: Untuk tampilan alis yang penuh, maka jangan bentuk alis terlalu memanjang untuk menyeimbangkan bentuk wajah diamond.

Demikian ulasan dari kami tentang cara membentuk alis sesuai dengan bentuk wajah yang bisa anda ikuti untuk membentuk tampilan wajah yang sempurna. Perlu diingat jika bentuk wajah yang berbeda beda juga membutuhkan bentuk alis yang berbeda untuk menutupi kekurangan dari bentuk wajah. Semoga bisa banyak membantu.