3 Tips Memilih Lipstik Sesuai Warna Kulit yang Cocok

Lipstik adalah hal pertama yang terlintas di pikiran jika memikirkan mengenai make up. Menambahkan warna bibir menggunakan lipstik dapat membuat penampilan seorang wanita menjadi jauh berbeda. Seringkali wanita memilih tidak mengenakan make up lainnya namun hanya cukup dengan membubuhkan lipstik pada bibir untuk menyegarkan penampilan. Ada begitu banyak pilihan jenis, warna, konsistensi dan hasil akhir yang dijanjikan oleh para produsen lipstik di konter kecantikan. Mengunjungi konter make up untuk memilih warna lipstik yang tepat bisa saja membuat seorang wanita kewalahan karena banyaknya pilihan warna yang tersedia. Warna – warna lipstik yang cantik menyulitkan pemilihannya, dan terkadang Anda pasti merasa ingin membeli semua warna yang tersedia. Pemilihan lipstik yang buruk dapat dengan mudah merusak penampilan seorang wanita secara keseluruhan, karena itu sangat penting untuk mengetahui tips memilih lipstik sesuai warna kulit.

1. Menentukan warna undertone kulit

Pertama – tama untuk tips memilih lipstik sesuai warna kulit, perlu diketahui apa warna undertone kulit Anda. Detil kecil ini khususnya bisa benar – benar membantu dalam banyak hal. Kebanyakan orang memiliki warm atau cool undertones. Untuk mengetahuinya, perhatikan warna urat nadi di pergelangan Anda. Warm undertone memiliki nadi berwarna kehijauan, cocok dengan pink pucat atau nude peach, copper atau bronze. Sedangkan cool undertone memiliki nadi berwarna biru atau keunguan cocok dengan warna lipstik seperti soft mocha atau nude, pink, cranberry, ruby atau wine. Jika Anda sulit menentukan warna nadi maka ada kemungkinan Anda memiliki warna undertone yang netral dan bisa memilih warna lipstik yang cocok untuk warm dan cool undertones. Cocokkan juga lipstik yang cocok untuk bibir tipis atau lipstik yang cocok untuk bibir kering.

2. Tentukan corak kulit Anda

Perhatikan warna kulit Anda dalam cahaya alami untuk menentukan coraknya, apakah fair, light, medium, tan, atau deep. Konsentrasikan perhatian pada kulit di sekitar garis rahang.

  • Kulit putih (fair skin) tampak sangat putih atau transparan dan Anda biasanya mudah terbakar, mungkin juga memiliki freckles dan sedikit kemerahan. Warna cokelat, merah, pink, oranye terang akan cocok dengan warna kulit putih.
  • Kulit pucat ( Light skin) akan tampak pucat dan mudah terbakar matahari sebelum mengalami penggelapan warna kulit. Warna lipstik yang cocok untuk fair dan light skin adalah pink muda, coral, peach, nude, dan warna – warna dusty red. Hindari warna gelap yang akan semakin menonjolkan warna pucat kulit.
  • Kuning langsat (medium skin) tidak mudah terbakar matahari dan jarang mengalami ciri – ciri kulit sensitif. Warna lipstik yang cocok dengan skin tone medium adalah rose, berry, cherry red, orange bata, merah maroon dan mauve. Warna nude dapat membuat riasan menjadi pucat dan kusam.
  • Kulit coklat atau sawo matang ( tan) berwarna gelap atau seperti zaitun, tidak mudah terbakar matahari dan bisa tampak lebih gelap bahkan di musim dingin. Warna coral, pink tua, merah terang, ungu muda dan kebanyakan warna lain akan cocok kecuali coklat dan ungu tua.
  • Kulit hitam (deep skin) tampak lebih gelap lagi dan tidak pernah terbakar matahari. Rambut biasanya berwarna hitam atau coklat gelap. Warna lipstik yang paling cocok adalah coklat dan ungu seperti plum, karamel, wine, dan merah kebiruan. Pilih merk lipstik tahan lama untuk cara membuat lipstik tahan lama di bibir.

3. Kombinasi undertone dan warna kulit

Anda juga bisa menentukan tips memilih lipstik sesuai warna kulit berdasarkan gabungan warna dasar kulit dan undertone seperti berikut ini:

  • Kulit putih dengan warm undertone seperti Emma Stone dan Emma Roberts akan tampak cocok dengan warna yang hangat pula seperti pink peach atau warna – warna salmon.
  • Kulit medium dengan cool undertone akan tampak sangat memukau dengan warna nude seperti dusty rose yang akan membuat kulit tampak lebih hangat, juga warna merah menyala untuk acara khusus di malam hari.
  • Kulit medium dengan warm undertone akan cocok dengan warna nude dan bronze dengan finishing glossy seperti Blake Lively dan Jennifer Aniston.
  • Kulit berwarna olive dengan cool undertone akan cantik mengenakan warna lipstik deep rose atau keunguan karena dapat memberi kesan hangat dan segar pada kulit dan menegaskan bentuk mata. Gunakan beberapa merk lipstik waterproof yang bisa tahan lama dan lipstik matte untuk bibir kering.
  • Kulit berwarna olive dengan warm undertone sangat cocok dengan merah gelap, berry, atau nude orange yang akan membuat warna kulit tampak lebih berseri.
  • Kulit warna hitam dengan cool undertone bisa memilih banyak warna ketika mempraktekkan tips memilih lipstik sesuai warna kulit. Warna plum dengan dasar biru akan tampak cantik pada warna kulit ini.
  • Kulit warna hitam dan warm undertona seperti Halle Berry akan tampak menggoda dengan warna merah yang bercampur ungu dan warna merlot, untuk menonjolkan warna kulitnya dan membuat pipi tampak segar.

Selain tips memilih lipstik sesuai warna kulit, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal ketika akan mencoba warna lipstik. Misalnya ketika memilih warna lipstik untuk bibir gelap. Usahakan agar tidak menggunakan make up saat akan mencobanya untuk melihat dengan jelas efek warna lipstik pada wajah Anda. Jika Anda tidak ingin mencoba lipstik pada bibir, Anda bisa mengetesnya pada jari tangan karena lebih mendekati warna wajah. Seringkali wanita mengusapkan lipstik pada punggung tangan, tetapi kulit di punggung tangan kerap tidak sama dengan kulit wajah. Karena itulah hasilnya bisa berbeda ketika dicoba di rumah pada bibir Anda.