6 Tips Memilih Gamis yang Syari

Busana yang menutup aurat memang diwajibkan bagi para wanita muslim tanpa kecuali sesuai dengan syariat Islam. Untuk mengikuti syariat Islam dan tetap mengikuti tren fashion terbaru sehingga terlihat modis, banyak wanita yang memilih gamis sebagai busananya. Seiring dengan peningkatan popularitas pada tren busana muslim wanita, gamis juga ikut mengalami kenaikan pada peminatnya. Busana muslim bermodel gamis yang dulu dianggap sebagai busana ibu – ibu, saat ini digandrungi wanita dari semua kalangan usia. Mulai dari anak kecil hingga wanita dewasa dapat menggunakan gamis dengan model yang beragam. Gamis kini menjadi salah satu item fashion yang dicari para wanita muslim terutama untuk kesempatan khusus seperti pesta, hari raya, atau lainnya. Hal ini juga didukung oleh banyaknya produsen busana muslim yang memberikan berbagai pilihan gamis mulai dari rentang harga yang bervariasi pula. Agar penampilan Anda tetap maksimal, ikuti tips memilih gamis yang tepat dengan seksama berikut ini.

1. Memilih bahan

Gamis bisa dibuat dari beragam bahan pakaian yang tersedia di pasaran, karena itu tekstur bahan juga harus menjadi perhatian Anda dalam tips memilih gamis. Pilihlah gamis yang bahannya dapat menyerap keringat dengan baik. Karena potongannya yang longgar, gamis kerap dikira sebagai busana yang tidak membuat gerah. Tetapi pemilihan bahan yang bagus akan sangat berpengaruh kepada kenyamanan Anda saat memakai gamis. Anda bisa menggunakan gamis berbahan jersey, katun dan shantung untuk kegiatan sehari – hari. Sedangkan untuk acara khusus, pilih gamis berbahan sifon, sutra atau satin yang terkesan mewah.

2. Memilih warna

Pilih gamis yang berwarna ceria atau gelap dengan hiasan payet dan bordir untuk kesempatan tertentu seperti acara pesta. Sedangkan untuk acara formal atau sehari – hari, Anda bisa memilih gamis yang berwarna netral dan tidak terlalu mencolok. Bagi Anda yang ingin terlihat langsing bisa memilih warna gelap dengan beberapa variasi dari gradasi warna yang sama. Cara berdandan istri Nabi juga bisa Anda ikuti agar tetap dapat berpenampilan sesuai syariat namun tetap sederhana.

3. Memilih model

Gamis adalah busana yang dibuat untuk disesuaikan dengan syariat Islam sehingga Anda dapat memilih bentuk gamis yang berpotongan lurus dan longgar agar tidak menonjolkan bentuk tubuh Anda. Pastikan memilih ukuran yang pas dengan tubuh Anda, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu ketat. Model gamis juga sangat menentukan dan harus dipertimbangkan dalam tips memilih gamis untuk orang gemuk atau tips memilih gamis untuk orang pendek.

4. Memilih motif

Tips memilih gamis untuk wanita yang ingin tampak langsing adalah dengan memilih motif yang berukuran kecil. Motif besar akan membuat tubuh tampak besar juga dan hanya cocok dengan wanita yang kurus. Motif bergaris vertikal kecil juga bisa membantu memberi kesan langsing pada tubuh Anda, terutama hitam putih yang sedang menjadi tren saat ini. Terapkan tips memilih gelang sebagai perhiasan untuk pelengkap penampilan Anda.

5. Memilih hijab

Usahakan untuk memilih warna hijab yang sama dengan warna gamis Anda, atau setidaknya masih berada dalam satu gradasi warna. Hindari warna hijab yang mendominasi keseluruhan penampilan karena akan menenggelamkan model gamis yang Anda kenakan. Pilih model hijab yang sederhana dan sesuaikan dengan bentuk wajah Anda agar penampilan semakin sempurna. Agar tetap dapat memelihara penampilan dengan baik, Anda bisa mengikuti rahasia awet muda istri Rasulullah yaitu bagaimana cara Aisyah merawat diri.

6. Menyesuaikan bentuk tubuh

Menutupi aurat dan tubuh adalah cara menjaga penampilan wanita muslim. Tips memilih gamis juga perlu disesuaikan dengan bentuk tubuh wanita pemakainya agar tidak menimbulkan kesan yang berbeda dari yang ingin ditampilkan. Beberapa cara memilih gamis sesuai bentuk tubuh wanita yaitu:

  • Tubuh Lurus – Pilih gamis yang memiliki aksen di bagian pinggang yang akan memberi kesan membentuk pinggang Anda, atau gamis yang memiliki model terpisah dengan jas mini untuk membentuk tubuh menjadi lebih proporsional.
  • Tubuh Mungil – Tips memilih gamis untuk tubuh pendek biasanya akan menjadi tantangan tersendiri karena ukuran panjang gamis yang kerap lebih panjang daripada wanita bertubuh mungil. Carilah gamis yang sesuai dengan ukuran tubuh dengan model terusan maxi. Jangan memilih gamis yang longgar dan terlalu besar karena akan menenggelamkan tubuh mungil Anda. Gunakan juga sepatu hak tinggi atau wedges untuk memberi kesan tubuh lebih tinggi, hindari aksesoris berlebihan dan model jilbab yang terlalu rumit.
  • Tubuh Jam Pasir – Konon bentuk tubuh ini paling cocok untuk semua model gamis karena merupakan bentuk tubuh yang ideal. Anda dapat memilih gamis dengan detail pada bagian pinggang, aksesoris, dan lainnya.
  • Tubuh Gemuk – Pilihlah gamis yang cocok dengan bentuk tubuh Anda, hindari gamis ketat atau yang terlalu besar. Siluet A line akan pas bagi pemilik tubuh gemuk karena akan memberi kesan lurus dan mengurangi lekukan tubuh. Hindari bahan pakaian yang mengkilap atau tebal, corak besar, aksesoris dan ornamen berlebihan, motif horizontal serta warna yang mencolok.

Tips memilih gamis tentunya perlu Anda sesuaikan juga dengan budget yang tersedia dan keperluan pada saat menggunakannya. Karena menggunakan banyak bahan, gamis kerap dibandrol dengan harga cukup tinggi di toko. Terutama gamis milik para produsen busana muslim ternama. Untuk mendapatkan gamis yang tepat, Anda mungkin perlu menyiapkan budget lebih agar gamis yang dibeli bisa dipastikan nyaman dan enak dipakai. Akan tetapi jangan sampai memaksakan diri untuk membeli gamis model terbaru jika Anda memang tidak memiliki budget untuk itu, atau memaksakan mengenakan model yang tidak cocok bagi tubuh Anda. Saat ini telah ada banyak produsen gamis online yang menyediakan gamis berharga terjangkau namun dengan bahan yang nyaman. Jangan lupakan juga cara merawat wajah agar tetap segar dan ikuti cara awet muda menurut Islam.