Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Betis Besar Secara Alami

Sponsors Link

Betis yang besar kemungkinan bisa karena Anda mengalami kegemukan karena umumnya yang menyebabkan betis besar adalah adanya jaringan lemak yang terlalu menumpuk di area betis. Faktor penyebab lainnya mengapa betis bisa menjadi besar adalah karena kulit betis yang elastisitasnya berkurang sehingga mengendur seiring bertambahnya usia. Memerhatikan beberapa cara mencegah penuaan dini kulit dan wajah dan mempelajarinya akan membantu Anda. Ada juga sejumlah cara mengatasi betis yang besar seperti di bawah ini.

ads

Mengatasi Betis Besar tanpa Olahraga

Bagi Anda yang memiliki betis besar dan sangat ingin mengecilkannya tanpa harus mengeluarkan upaya besar seperti berolahraga, ada beberapa langkah yang direkomendasikan untuk membuat betis kecil dan kencang secara alami. Tidak mudah memang, tapi kiranya cara-cara berikut dapat berguna.

  1. Banyak Minum Air Putih

Minum banyak air putih akan mencegah Anda makan terlalu banyak karena perut akan terasa kenyang setelah terisi banyak air. Air putih tidak hanya akan membantu Anda menurunkan berat badan sehingga lemak di betis pun terbantu berkurang, tapi air putih juga sangat menyehatkan untuk tubuh dan kulit. Pembakaran kalori dapat dilakukan dengan minum banyak air putih dan Anda juga akan sekaligus tercegah dari dehidrasi.

(Baca juga: cara membuat muka tirus)

  1. Mengonsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Ketimbang mengonsumsi cemilan tak sehat alias junk food dan berlemak serta tak bergizi, alangkah baiknya Anda memilih buah-buahan segar untuk mengisi perut. Menurunkan berat badan adalah cara paling ampuh untuk membuat ukuran betis mengecil, maka penting untuk menjaga pola makan dan tidak mengemil sembarangan. Sayuran sebagai makanan sehari-hari juga diyakini mampu memberikan efek baik untuk kesehatan serta menolong dalam proses penurunan berat badan sehat.

Kebanyakan orang dapat menaikkan berat badan karena sering mengonsumsi makanan tak sehat yang menyebabkan selalu cepat lapar. Akibat cepat lapar, akhirnya pasti mencari cemilan untuk mengganjal perut. Mengonsumsi cemilan yang tidak sehat akan menaikkan berat tubuh lebih cepat, sementara dengan mengonsumsi buah dan sayur, kebutuhan tubuh akan serat akan terpenuhi dan otomatis perut akan senantiasa kenyang lebih lama.

(Baca juga: manfaat edamame untuk kecantikan dan diet)

  1. Berjalan Kaki

Jika malas berolahraga karena harus berkeringan dan terlalu ribet, kecilkan betis tanpa olahraga juga bisa. Solusi yang tepat adalah dengan berjalan kaki santai. Hal ini bisa dilakukan ketika Anda hendak pergi ke warung yang misalnya berjarak 5-10 menit dari rumah; daripada naik motor, berjalan santai pasti akan memberikan efek pada betis. Jalan-jalan sesudah makan juga baik untuk pencernaan dan juga untuk mengecilkan betis Anda.

(Baca juga: cara menghilangkan lemak di perut)

  1. Menghindari Beban Lebih pada Bagian Tumit

Jangan membiarkan tumit Anda merasakan beban karena dengan memberikan beban kepada tumit secara berlebih, maka otomatis betis akan membesar dengan sendirinya. Untuk hal ini, cara satu-satunya adalah dengan mencari titik seimbang berat tubuh sehingga tidak terpaku pada tumit. Biarkan titik berat tubuh ada pada telapak kaki sepenuhnya ketika berjalan sehingga tumit tak bekerja terlalu keras yang akhirnya malah justru memberikan efek membesar pada betis Anda.

Sponsors Link

(Baca juga: cara menghaluskan telapak tangan)

Mengatasi Betis Besar dengan Olahraga

Jika Anda merasa bahwa mengatasi betis yang besar akan lebih afdol dengan melakukan olahraga, maka ada beberapa jenis olahraga yang dapat dipertimbangkan. Untuk betis sehat, kencang dan mengecil, berikut ini adalah cara-cara yang tepat untuk Anda praktikkan secara rutin demi mendapatkan hasil maksimal.

(Baca juga: manfaat olahraga untuk kecantikan)

  1. Berenang

Berenang adalah jenis olahraga yang akan mampu mengatasi betis besar akibat usia yang bertambah maupun karena kegemukan. Hal ini dikarenakan berenang adalah salah satu olahraga yang mampu menurunkan berat badan. Tidak hanya berat badan yang bisa turun, betis pun akan turut mengencang dan terjaga sisi elastisnya. Manfaat berenang bagi anak-anak remaja juga adalah meninggikan tubuh.

(Baca juga: cara merawat rambut agar cepat panjang)

  1. Leg Circles

Olahraga yang mampu membantu mengatasi betis besar adalag melakukan leg circles di mana kegiatan ini adalah sesuatu yang mudah dilakukan saat di rumah. Berbaringlah di matras yang nyaman, lalu kedua tangan diletakkan di samping tubuh. Kencangkan otot perut dan mulai kaki kanan boleh diangkat, sementara kaki kiri ditekuk. Untuk kaki yang diangkat, gerakanlah secara melingkar dengan memutarnya seperti arah jarum jam lalu berlawanan paling tidak 10 putaran masing-masing. Baru setelah itu gantian dengan kaki yang lain.

(Baca juga: cara mengatasi kulit keriput pada wajah)

  1. Yoga dan Pilates

Ada yang mengatakan bahwa yoga dan pilates bukan golongan olahraga, namun pada dasarnya, latihan untuk menguatkan dan meregangkan otot ini dapat dianggap sebagai olahraga. Gerakan-gerakan yang diajarkan pada waktu melakukan pilates akan membuat otot lebih panjang dan lentur sehingga akan menciptakan postur yang lebih indah. Bentuk kaki pun akan otomatis dibuat lebih jenjang dengan menjadikan ukuran betis lebih ideal.

Yoga adalah suatu kegiatan yang akan menciptakan efek rileks pada otot. Banyak orang mulai menyukai latihan ini karena dijamin peredaran darah akan semakin lancar. Otot pun akan dibantu untuk lebih teratur sehingga untuk mendapatkan betis yang kencang serta kecil tidak akan mustahil dan malah akan sangat mudah.

(Baca juga: cara merawat rambut rontok dan kering)

  1. Jogging

Tidak ingin yang terlalu ribet dengan berpartisipasi di yoga, pilates dan bahkan harus ke kolam renang? Jogging adalah contoh olahraga murah lainnya yang terbukti efektif membakar lemak dan mengencangkan area kaki, terutama pada bagian betis dan paha. Jogging saat pagi akan membuat tubuh senantiasa bugar dan kabar baiknya, lemak-lemak yang menimbun di dalam tubuh akan otomatis terbakar dengan baik sehingga lemak yang ada di betis pun akan luntur.

(Baca juga: manfaat oatmeal untuk wajah sensitif)

  1. Bersepeda

Bila di rumah Anda memiliki sepeda, cobalah untuk memanfaatkannya apalagi jika sudah lama tidak memakai sepeda tersebut. Kegiatan bersepeda pada dasarnya memiliki dan menawarkan efek yang yang bisa dibilang tidak beda dari aktivitas jogging. Mungkin beberapa dari Anda menganggap bahwa bersepeda bukan cara yang baik untuk mengecilkan betis, memperbesar mungkin justru iya.

Bisa dikatakan bahwa bersepeda membuat betis menjadi lebih besar itu hanyalah mitos dan bahkan kepercayaan yang salah. Apakah Anda sudah pernah membuktikan pendapat seperti ini? Bersepeda diyakini mampu membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh dan membuat otot betis lebih aktif bergerak. Dengan demikian, betis pun akan lebih kencang dan kemungkinan untuk mengecil juga besar.

(Baca juga: manfaat emas untuk kecantikan kulit)

Sponsors Link

  1. Split Squat Jump

Latihan membuat betis besar mengecil cukup mudah, yaitu dengan melakukan gerakan split squat jump di mana gerakan ini menyuruh Anda untuk berada pada posisi berdiri dan tegak. Kemudian lanjutkan dengan memajukan kaki kanan dan menekuk kaki kiri sampai lutut menyentuh lantai. Melompatlah tinggi-tinggi dan saat mendarat kembali ke lantai, kaki kanan sudah harus di belakang dan gantian kaki kiri yang ke depan. Untuk hasil yang maksimal, gerakan ini perlu diulang sampai 8 kali dan Anda akan merasakan sendiri bagaimana betis akan terasa kencang nantinya.

(Baca juga: cara memerahkan bibir)

  1. Lompat Tali

Olahraga satu ini sangat umum dan terbilang mudah untuk melakukannya di sela-sela waktu luang Anda. Cara ini sama efektifnya dengan jogging, bersepeda dan melakukan squat jump karena melompat akan membuat betis lebih aktif dari biasanya. Tidak hanya membuat betis bergerak aktif, betis juga akan menjadi lebih kencang dan harapan Anda untuk mengecilkannya pun akan terkabul bila dilakukan serutin mungkin. Dianjurkan, latihan ini bisa dilakukan setiap hari selama kurang lebih 10 sampai 15 menit saja dan Anda pasti akan dapat merasakan perbedaannya.

(Baca juga: cara melembabkan bibir kering dan pecah-pecah)

  1. Calf Raises

Supaya betis lebih kecil, melakukan gerakan calf raises adalah cara alami yang bisa Anda mulai. Tanpa harus menggunakan obat dan berolahraga sedikit, betis dijamin akan ramping seperti harapan Anda. Untuk calf raises, Anda dapat memulainya dengan berposisi tegak berdiri di mana kaki harus dirapatkan.

Tumit perlu dinaikkan sehingga berat badan intinya harus bertumpu pada jari kaki dan jangan kembali ke posisi semula dulu. Tunggu dan bertahanlah sampai 8 hitungan baru boleh kaki diturunkan kembali. Aktivitas ini bisa dilakukan selama 8 kali dan melakukannya setiap hari sehingga Anda bisa mengecilkan betis lebih sempurna dan maksimal.

(Baca juga: manfaat suntik kolagen bagi kulit)

  1. Walking Lunges

Olahraga lainnya yang terbukti ampuh untuk mengatasi betis besar adalah melaksanakan walking lunges di mana Anda bisa memulainya dengan berdiri tegak. Posisikan tangan pada bagian pinggul, sedangkan kaki biarkan merapat. Jangan lupa untuk membuat otot perut Anda dalam keadaan kencang baru kaki kanan dilangkahkan ke depan.

Kedua lutut perlu ditekuk sehingga seolah Anda seperti akan jatuh di mana paha dibuat sejajar dengan lantai membentuk sudut 90 derajat. Tapi, lutut bagian kaki kiri usahakan tidak boleh sampai menyentuh lantai dan punggung harus benar-benar tegak. Tunggu dan biarkan hingga sampai 8 atau 10 hitungan sebelum kaki diturunkan dan bergantian dengan kaki sebelah kanan. Melakukannya setiap hari paling tidak 10 kali sehari akan membuat keinginan Anda mempunyai betis kecil tercapai.

Demikianlah sejumlah cara mengatasi betis besar tanpa harus menempuh jalur operasi atau bahkan menggunakan obat-obatan tertentu. Cara-cara tersebut, baik dengan olahraga maupun tanpa olahraga adalah cara terbaik yang akan sangat membantu Anda mendapatkan betis impian.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 15th, April 2016 / 14:30 Oleh :
Kategori : Kaki