Sponsors Link

18 Cara Menghilangkan Bulu Kaki Dengan Cepat dan Permanen

Sponsors Link

Bulu kaki dianggap cukup mengganggu bagi sebagian besar wanita walaupun ada juga yang nyatanya cuek-cuek saja. Beberapa wanita beranggapan bahwa bulu kaki dapat mengurangi sisi keindahan kaki dan menurunkan kecantikan dari sebuah penampilan. Bulu sendiri tumbuh ditentukan oleh faktor hormonal, jadi ada beberapa orang yang memiliki bulu kaki tipis atau sedikit, tapi ada juga yang bulu kakinya lebat.

ads

Faktor genetik pun jangan diabaikan karena memang bulu kaki yang lebat ataupun sedikit bisa juga karena faktor keturunan. Penyebab lainnya seseorang mengalami bulu tumbuh di bagian kaki adalah terlalu seringnya mencukur bulu kaki. Akhirnya, bulu yang dicukur terus-menerus bakal semakin lebat. Apabila mengganggu, cara menghilangkan bulu kaki di bawah ini bisa menjadi referensi.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di kaki)

1. Waxing

Metode ini tentunya sudah tergolong sangat populer dan banyak digunakan oleh banyak orang untuk membersihkan kakinya dari bulu. Tak hanya bagian kaki, ketiak dan tangan pun juga bisa terbebas dari bulu dengan waxing ini. Cara ini biasanya harus dilakukan oleh ahlinya, yakni di salon kecantikan.

Ada cairan lengket yang memang sengaja khusus dibuat untuk kemudian dioles ke bagian kaki yang penuh bulu. Kemudian dilanjutkan dengan menempelkan kain pada kaki yang sudah dilumuri cairan lengket tadi. Setelah itulah, kain bakal ditarik dengan arah berlawanan dari tumbuhnya bulu kaki. Hasilnya bulu tercabut sampai ke akar dan hilang.

Apabila mungkin Anda masih ragu dan hendak membandingkannya dengan metode mencukur atau tweezing, Anda pasti lebih setuju bahwa metode waxing jauh lebih baik. Meski kedua metode lainnya tersebut juga bagus, namun apabila ditanya mana yang lebih efektif, waxing menjadi jawabannya. Ini karena bulu tercabut hingga akarnya.

2. Laser Hair Removal

Kalau laser hair removal dikenal sebagai sebuah cara menghilangkan bulu di wajah atau kemaluan, sebetulnya metode ini juga cukup bagus dalam menghilangkan bulu kaki. Baik itu kumis atau bulu tangan pun dapat diatasi dan dihilangkan menggunakan cara ini. Untuk melakukannya, biasanya memang hanya memerlukan laser tertentu di mana bagian yang berbulu disinari.

Hasil menghilangkan bulu kaki dan pada area lainnya dengan metode ini memang luar biasa efektif, tapi memang harganya pun selangit dan Anda perlu siap dengan anggaran yang lebih. Tak hanya mahal, ternyata kulit terbakar, merah dan iritasi adalah efek samping yang juga perlu diwaspadai.

(Baca juga: cara menghilangkan kutil secara alami)

3. Elektrolisis

Menghilangkan bulu kaki juga bisa dilakukan dengan cara lain, yakni elektrolisis yang memang tak banyak diketahui. Di tanah air, ahli elektrolisis sendiri memang masih cukup jarang, atau bahkan malah terbilang langka. Jadi, kalaupun Anda bisa menemukan ahli elektrolisis di Indonesia, Anda perlu menyiapkan kocek tinggi.

Terlepas dari kelangkaan dan harga mahalnya, hasil dari metode ini memang terbilang sangat sebanding dengan apa yang Anda peroleh. Metode ini akan menghilangkan bulu pada kaki secara permanen tanpa jangka waktu lama. Cara dari metode ini sendiri adalah melalui jarum kecil yang dimasukkan ke pori bulu kemudian listrik beraliran kecil akan mengalirinya.

Bulu-bulu di bagian kaki pun bakal otomatis terangkat dan sang ahli akan mengambil atau mencabut bulu-bulu tersebut menggunakan pinset. Agak menyeramkan memang kalau membayangkan bagaimana proses dari menghilangkan bulu kaki ini. Tapi bisa dipastikan bahwa cara ini tak bakal sakit dan ngeri seperti bayangan kita. Jadi, kalau punya kocek lebih tak salah untuk mencoba cara ini.

4. Mencukur Biasa

Kelihatannya mudah dan semua orang bisa melakukan proses mencukur bulu kaki, tapi padahal ada juga cara mencukur yang benar. Supaya kaki kelihatan lebih mulus, ada proses yang harus diketahui supaya pencukuran berjalan sukses, yaitu seperti di bawah ini:

  • Awali dengan membasuh area kaki lebih dulu, tapi basuhlah dengan air hangat. Tujuan dari penggunaan air hangat di sini adalah supaya pori-pori folikel bulu dapat terbuka dan proses pencukuran akan jauh lebih mudah.
  • Kemudian, oles bagian kaki berbulu dengan krim atau sabun khusus untuk mencukur sampai menyeluruh.
  • Pakailah alat cukur yang bagian pisaunya masih baru dan tidak karatan.
  • Untuk mencukur yang tepat, lakukanlah dengan mengawalinya dari bawah hingga ke atas, yaitu berlawanan dengan tumbuhnya bulu. Ketika mencukur, kulit perlu Anda tarik supaya ruam tidak terjadi.
  • Sesudah itu, langkah terakhir adalah membersihkan area yang sudah dicukur dengan membilasnya. Gunakan sabun ketika membilas dan ketika timbul luka, oleskan bedak bayi agar rasa perihnya bisa diminimalisir.

Hanya saja, Anda semua perlu tahu bahwa mencukur sebenarnya banyak dipilih karena praktis dan murah, tapi hasilnya menunjukkan bahwa rambut tak bisa diangkat dari akarnya. Akhirnya justru bulu bakal lebih lebat lagi tumbuhnya setelah beberapa saat. Pertimbangkan juga risiko ini sebelum mulai mencukur.

(Baca juga: manfaat mencukur alis)

ads

5. Tweezing

Mungkin metode satu ini juga termasuk cara menghilangkan bulu kaki yang sudah cukup terkenal dan bisa juga untuk menghilangkan bulu tangan. Inti dari metode ini adalah mencabut bulu satu demi satu sehingga memang waktu yang diperlukan cukup lama. Tapi sebenarnya tweezing adalah cara yang efektif untuk memberikan hasil bulu hilang permanen.

  • Pakai pinset atau alat khusus pencabut bulu yang masih baru. Pastikan pula bahwa daya cengkramnya masih terbilang kuat.
  • Pakai air hangat sebagai olesan pada area kaki yang bulunya hendak dicabut sebelum mulai mencabut. Gunakan air hangat tersebut kira-kira 10 menit.
  • Sesudah itu, pakai handuk untuk mengeringkannya dan mulailah dengan mencabutnya satu demi satu. Tapi perhatikan betul dan cegah pencabutan bulu yang hanya terpotong setengah.
  • Langkah terakhir, gunakan air hangat untuk membilas bila sudah selesai proses pencabutannya. Kemudian pakai air dingin yang tujuannya untuk meringkas pori.

Cara ini memang cukup populer dan efektif, tapi Anda juga perlu mempertimbangkan risikonya. Lecet, iritasi, serta kulit beruam adalah potensi yang menjadi efek samping dari penggunaan cara tweezing. Namun biasanya bila melakukan metode ini secara benar tidak akan menyebabkan iritasi, jadi hindari kesalahan ketika sedang melakukan prosedur tweezing. Bila tidak tahu, bertanyalah atau gunakan cara lainnya supaya aman.

6. Menggunakan Tawas

Belum banyak yang mengetahui bahwa tawas bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menghilangkan bulu kaki. Walau memang tawas lebih sering dipakai untuk menghilangkan bulu kumis oleh para pria, boleh juga Anda coba untuk bagian kaki. Karena tawas saja aman untuk bagian wajah, itu artinya bisa aman juga untuk kaki.

Jangan khawatir dan takut untuk mencobanya karena tawas ini sudah sering digunakan oleh orang-orang Pakistan untuk menghilangkan berbagai jenis bulu yang mengganggu. Dengan mencampurkannya bersama air mawar, orang Pakistan biasanya memanfaatkan tawas ini secara sempurna. Tapi jangan lupa supaya batu tawas dihancurkan lebih dulu sebelum digunakan.

(Baca juga: manfaat madu untuk rambut bayi)

7. Memakai Madu

Dapat terbilang cukup besar manfaat madu untuk rambut, tapi Anda juga tetap bisa menggunakan bahan alami ini untuk menghilangkan rambut atau bulu pada kaki. Asalkan yang dipakai adalah madu murni dan asli, maka Anda tak perlu cemas akan hasil akhirnya nanti.

  • Caranya: Sediakan madu asli secukupnya yang kemudian bisa Anda campur rata bersama dengan gula dan lemon. Campuran ini dapat Anda oles ke area kaki yang bulunya akan Anda hilangkan sampai menyeluruh. Bulu akan rontok sendiri nantinya dengan ramuan buatan sendiri ini. Ramuan madu ini juga biasanya menjadi bahan utama dari cairan lengket untuk metode waxing.

8. Memakai Minyak Tanah, Kapur Barus, serta Merica

Menggunakan minyak tanah dapat menjadi solusi tepat untuk menghilangkan bulu kaki karena sifatnya yang menghambat pertumbuhan bulu juga bakal sangat menolong. Merica sendiri adalah bahan yang baik bersifat antibakteri yang akan berperan sebagai pencegah alergi atau infeksi. Sedangkan kapur barus diketahui menjadi perontok bulu yang efektif. Jadi, tak salah lagi kalau menggabungkan ketiganya tentu hasil makin sempurna.

  • Caranya: Sediakan kurang lebih 1 sendok teh kapur barus, bubuk merica sebanyak 2 sendok makan serta minyak tanah seperlunya saja. Anda dapat mencampurkan ketiga bahan tersebut yang sudah halus lalu minyak tanah dapat Anda tuang hingga terbentuk pasta. Pasta ini bisa Anda ratakan dengan mengoleskannya ke seluruh kulit kaki berbulu, dan gosok pelan-pelan ke arah berlawanan dari tumbuhnya rambut kira-kira 10 menit. Langkah terakhir, silakan gunakan air hangat untuk membilas hasil cukuran menggunakan bahan alami ini sampai bersih. Bila ingin menghilangkan minyak secara total, Anda memerlukan sabun mandi.

(Baca juga: cara menghilangkan tompel secara alami)

9. Memanfaatkan Kapur Sirih dan Kunyit

Bahan seperti kapur sirih ini memang memiliki sifat panas, tapi justru sifat ini yang perlu Anda dapat dan andalkan dalam membuat bulu kaki rontok secara natural. Hanya saja, sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak kapur sirih karena mampu mengiritasi dan membakar kulit kaki.

  • Caranya: Sediakan kunyit yang sudah dihaluskan 2 sendok makan yang bisa menjadi campuran bagi kapur sirih sebanyak 2 sendok teh. Kedua bahan kemudian dapat dicampurkan dengan menambah sedikit air supaya terbentuk pasta. Pasta campuran dari kunyit dan kapur sirih inilah yang perlu Anda gunakan dengan mengoleskannya ke bagian kulit berbulu dan gosoklah selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat.

10. Menggunakan Bedak

Bila biasanya krim atau sabun adalah yang digunakan untuk mencukur bulu kaki atau bulu di area tubuh yang lain, bedak khusus mencukur pun ada. Tersedianya bedak khusus ini juga bisa menjadi pilihan Anda ketika bingung saat ingin menghilangkan bulu pada kaki Anda tanpa iritasi.

Untuk mencukur atau menghilangkan bulu kaki secara aman dan dengan risiko iritasi yang kecil, Anda bisa menggunakan bedak tabur halus khusus. Pastikan bahwa kaki serta bulu kaki dalam keadaan yang kering, barulah Anda bisa menaburinya dengan bedak sebelum dicukur. Bedak bayi pun juga boleh karena banyak orang memakainya.

(Baca juga: cara memilih bedak untuk kulit sawo matang)

11. Menggunakan Kamper, Minyak Almond dan Lada Putih

Kamper atau kapur barus juga bisa dikombinasikan bersama dengan lada putih dalam menghilangkan bulu kaki. Sensasi terbakar atau panas memang adalah sifat dari keduanya, dan rasa panas tersebut akan lebih-lebih dirasakan oleh yang memiliki kulit sensitif. Ini adalah alternatif bagi yang tidak ingin menggunakan minyak tanah dan menggantikannya dengan minyak almond.

  • Caranya: Sediakan kapur barus 2 sendok makan, jelas yang sudah dihaluskan, berikut juga lada putih 2 sendok makan, dan minyak almond secukupnya. Campurkan ketiga bahan tersebut sampai benar-benar rata dan langsung terapkan ke kulit kaki, tinggalkan selama 20 menit saja. Bulu bakal rontok dengan sendirinya ketika Anda membersihkannya dengan air hangat. Cara ini cukup ampuh dan bisa coba diulang lagi di lain waktu ketika bulu sudah mulai tumbuh dan dirasa mengganggu penampilan Anda.

12. Memakai Putih Telur

Mungkin Anda lebih tahu akan cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur, atau menghilangkan komedo, tidak dengan menghilangkan bulu kaki. Tapi sebetulnya manfaat dari putih telur ini begitu kaya karena biasanya digunakan untuk menghilangkan bulu tangan. Jadi, untuk bulu kaki pun Anda dapat memraktikkannya tanpa perlu khawatir akan efek samping berbahaya yang mampu mengiritasi.

  • Caranya: Sediakan 1 putih telur yang kemudian Anda bisa campur bersama dengan tepung jagung dan gula sebanyak 1 sendok makan. Kocoklah sampai semuanya rata tercampur hingga berbentuk pasta; pasta ini yang kemudian Anda oleskan secara merata ke area kulit kaki. Diamkan sampai kering lebih duku barulah setelah itu bisa Anda tarik dengan kain di mana bulu-bulu tersebut pasti akan terangkat seluruhnya.

(Baca juga: cara mencegah kerutan di wajah)

13. Memakai Lemon

Penggunaan lemon, yaitu buah yang bervitamin C tinggi ini tak hanya bakal membuat kulit kaki jauh lebih putih dan cerah, tapi juga bulu-bulu ikut rontok secara alami. Anda bisa menyamarkan bulu pada area wajah juga. Kabar baiknya, lemon memutihkan sehingga otomatis memudarkan bulu rambut agar tak begitu nampak.

  • Caranya: Sediakan lemon, jusnya saja, sekitar 2 sendok teh yang kemudian ditambah dengan 10 sendok air, tak ketinggalan tambahkan juga gula 2 sendok teh. Campurkan sampai benar-benar merata dan tunggulah hingga kering kurang lebih 15 menit. Bila bulu kaki sudah mulai tumbuh lagi, tak ada salahnya menggunakan metode ini lagi untuk merontokkannya.
Sponsors Link

14. Menggunakan Kunyit dan Susu

Seperti kita ketahui, kunyit memiliki kandungan baik yang bersifat anti inflamasi serta antibakteri yang artinya sangat baik untuk digunakan sebagai obat luar dan dalam. Untuk memaksimalkan efeknya dalam merontokkan bulu kaki, tambahkan dengan susu karena kombinasi bahan ini sangat baik.

  • Caranya: Sediakan bubuk kunyit yang bisa diambil beberapa sendok saja dan kemudian Anda campur rata bersama susu. Campuran kedua bahan yang sudah agaknya berubah bentuk menjadi pasta dapat Anda terapkan pada kulit kaki. Tunggulah sampai kering baru Anda boleh mencuci area tersebut menggunakan air hangat.

(Baca juga: manfaat masker kunyit untuk wajah)

15. Memakai Pepaya

Pepaya adalah bahan alami yang sangat baik, manfaat masker pepaya bagi kulit wajah saja sudah diketahui amat besar. Buah yang dagingnya berwarna oranye kemerahan ini pun sangat bisa diandalkan ketika Anda ingin menghilangkan bulu kaki, baik itu tipis atau lebat. Anda perlu tahu juga bahwa pepaya memiliki enzim alami papain yang bisa menghambat pertumbuhan bulu.

Tak perlu khawatir apakah pepaya bisa digunakan untuk seluruh jenis kulit karena bahan ini ternyata bekerja dengan sangat baik untuk seluruh jenis kulit. Bahkan bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif sekalipun tetap bisa memakai pepaya ketika ingin merontokkan bulu kaki dan menjadikannya mulus.

  • Cara 1: Sediakan bubuk kunyit selain dari pepaya mentah, masing-masing secukupnya saja. Pepaya harus Anda kupas dan iris terlebih dulu lalu gilinglah atau haluskan hingga menjadi bentuk bubur. Masukkan bubuk kunyit sekitar setengah sendok teh ke 1-2 sendok makan bubur pepaya. Campuran ini dapat Anda oles ke bulu kaki secara merata sambil memijat-mijatnya lembut. Pijatan dapat diberikan sekitar 15-20 menit lalu Anda bisa membilasnya menggunakan air bersih. Dijamin kulit kaki Anda bakal mulus dan cerah dengan penggunaan seminggu 1 kali.
  • Cara 2: Sediakan pepaya bubuk ¼ sendok makan atau 1 sendok makan pasta pepaya, bubuk kunyit sebanyak ¼ sendok makan, gel lidah buaya 4 sendok makan, tepung gram ¼ sendok makan, minyak mustard 2 sendok makan serta minyak esensial pilihan Anda 2 tetes saja; bisa pakai minyak peppermint atau minyak lavender, dan tidak lupa minyak zaitun. Seluruh bahan dapat dicampur menjadi satu untuk dijadikan pasta. Oles pasta ke area kaki dan tinggalkan selama 20 menit atau tunggu hingga mengering. Gosok bagian kaki sampai bersih dan usap menggunakan handuk kering berlawanan dari arah tumbuhnya rambut, baru cuci dengan air.

16. Memanfaatkan Pisang dan Oatmeal

Seperti kita tahu, oatmeal dan pisang adalah bahan-bahan alami yang sangat bagus dalam merawat kesehatan kulit. Tapi kali ini Anda dapat memanfaatkannya sebagai penghilang bulu kaki yang akan membersihkan kaki secara alami sampai mulus. Oatmeal akan menjadi pengelupasnya, sementara daun pisang akan melembutkan kulit secara maksimal.

  • Caranya: Sediakan pisang 1 buah bersama dengan oatmeal 1-2 sendok teh. Siapkan juga sebuah wadah seperti mangkuk untuk menjadi tempat di mana Anda bisa menghancurkan buah pisang matang tadi hingga menjadi pasta. Tambahkan oatmeal yang bisa Anda campur dan aduk-aduk sampai merata. Scrub buatan sendiri ini pun akhirnya sudah jadi dan bisa langsung diterapkan ke kulit kaki. Tunggulah 20 menit sambil dipijat-pijat dengan gerakan melingkar, lalu bilas menggunakan air.

(Baca juga: manfaat pisang untuk kulit)

17. Memakai Bawang Merah dan Daun Kemangi

Kombinasi kedua bahan ini bakal menghasilkan efek yang super untuk cara menghilangkan bulu kaki Anda. Secara efektif, keduanya akan dapat merontokkan bulu tanpa membuat kulit kaki Anda menjadi teriritasi. Kulit pun bakal lebih bercahaya dan sehat setelah menggunakan campuran bahan ini.

  • Caranya: Sediakan bawang merah sebanyak 2 siung bersama dengan daun kemangi kurang lebih 10-12 lembar. Kupas dulu bawang merah yang sudah Anda siapkan dan cuci bersih, kemudian lanjutkan dengan menghancurkan daun kemangi di dalam sebuah mangkuk disusul juga dengan bawang merah tadi. Haluskan kedua bahan tersebut sambil dicampur rata hingga membentuk pasta. Langsung oleskan ke area kulit kaki berbulu, tunggu sampai maksimal 25 menit sebelum Anda membilasnya menggunakan air. Seminggu 3-4 kali harus Anda ulangi cara ini dalam 1 bulan supaya bulu bisa rontok dari akarnya.

18. Menggunakan Spearmint

Mungkin masih banyak yang belum terlalu tahu apa itu spearmint, bahan ini adalah spesies mint asli yang bisa ditemukan di benua Asia dan Eropa. Biasanya spearmint inilah yang kerap dimanfaatkan sebagai perasa untuk permen karet. Terkadang, spearmint juga banyak orang gunakan sebagai bahan tambahan pada saus, koktail, pasta gigi, sabun, obat kumur, dan juga sampo.

Ternyata, spearmint juga baik untuk dijadikan penghilang bulu kaki, bahkan yang bulu kakinya lebat sekalipun. Bagi yang memiliki tubuh dengan produksi androgen tinggi, seperti hirsutisme dan testosteron, bulu-bulu kaki pun akhirnya tumbuh secara lebat tanpa terkendali. Namun Anda bisa coba meramunya.

  • Caranya: Sediakan daun spearmint sebanyak 5-6 lembar atau boleh juga Anda memakai sesendok teh daun spearmint yang sudah dikeringkan. Seduhlah seperti layaknya Anda membuat teh di hari biasa dengan proses penyeduhan selama 5-7 menit. Lalu, saringlah ke dalam cangkir, kemudian Anda dapat meminumnya sehari 1-2 kali.

(Baca juga: manfaat daun mint untuk wajah –  manfaat bawang merah untuk alis)

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bulu kaki secara efektif yang bisa Anda coba. Bila satu cara kurang berhasil, sah-sah saja untuk mencoba cara lainnya. Apapun caranya, Anda perlu tahu bahwa risiko paling besar adalah memicu iritasi pada kulit kaki, jadi harus selalu ekstra hati-hati dalam proses penghilangan bulu kaki.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 04th, September 2016 / 16:28 Oleh :
Kategori : Kaki