Sponsors Link

9 Cara Membuat Rambut Bergelombang Alami dan Sederhana

Sponsors Link

Sebagian orang menginginkan cara meluruskan rambut secara alami, tapi ada juga yang sudah dari lahir memiliki rambut lurus ingin membuatnya bergelombang. Wanita selalu belum puas kalau belum bereksperimen, terutama soal rambut, karena ini mampu meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri. Bagi beberapa wanita, mengeriting atau membuat rambut bergelombang bakal mampu menambah kecantikannya.

ads

Jenis rambut bergelombang sendiri cukup bervariasi, ada yang bergelombang kecil-kecil, tapi ada juga yang medium atau yang besar-besar. Cara membuat rambut bergelombang sendiri juga tersedia dalam banyak pilihan, mulai dari yang aman-aman saja hingga yang berefek samping dan merusak rambut. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba di rumah demi rambut bergelombang cantik.

(Baca juga: penyebab rambut keriting – bahaya smoothing rambut)

1. Mengepang

Untuk cara yang sederhana, Anda bisa coba mengepang rambut supaya hasilnya bisa menjadi keriting-keriting alami.

  • Tentu untuk mengawalinya, Anda perlu menjadikan rambut Anda dua atau lebih bagian tergantung seberapa besar gelombang yang ingin Anda ciptakan. Bagian rambut bisa dibuat lebih banyak ketika ingin membuat rambut bergelombang kecil-kecil.
  • Sementara untuk membentuk gelombang rambut besar-besar Anda bisa menjadikan hanya 3-4 bagian saja. Kencangkan kepangan tadi supaya nanti hasil gelombang yang dibentuk menjadi terlihat lebih tegas.
  • Diamkan kepangan yang sudah Anda ciptakan semalaman supaya esok paginya bisa dilepas dan rambut pun bakal bergelombang seperti rambut ala tahun 80-an.

(Baca juga: cara merawat rambut keriting – cara merawat rambut smoothing agar tahan lama)

2. Menyanggul Menjadi Satu

Menyanggul adalah ide yang bagus karena biasanya sanggulan bila dilepas maka akan membuat rambut bergelombang.

  • Awalilah dengan mengeramasi rambut sebelum Anda menyanggul atau boleh juga dengan secara sederhana menyemprotkan air pada bagian tengah serta ujung rambut. Setelah dirasa cukup lembab untuk dibuat gelombang. Setelah dibasahi atau dikeramasi, keringkan lebih dulu menggunakan alat pengering rambut.
  • Hanya saja, ujung serta tengahnya jangan dikeringkan dan biarkan dalam keadaan lembab. Bagian rambut bisa ditarik secara menyamping lalu akar rambut di bagian tersebut Anda bisa keringkan.
  • Rambut bisa Anda belah, khususnya yang dari belakang kepala dengan memilih keduanya. Tak usah sama dan rata, cukup menjadi dua bagian, masing-masing separuh dengan kedua tangan.
  • Setiap sisi rambut dapat Anda pilin ke satu arah sampai ke akarnya dan bentuklah gelombang ke arah dalam. Untuk sisi kiri bisa dipilin searah jarum jam dan sisi kanannya berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Apabila hendak membuat gelombang pada daerah luarnya, kedua sisi rambut dapat Anda pilin dengan arah sebaliknya.
  • Kedua sisi rambut bisa Anda satukan sesudah rambut Anda pilin sampai akarnya hingga kelihatan seperti sesudah dikepang. Kepanglah rambut hingga turun ke leher sampai ujung, dan kini Anda kudu memilinnya menjadi satu. Peganglah erat-erat ujung pilinan supaya tidak mudah lepas dan lilitlah hingga membentuk sanggul; gunakan ikat rambut serta beberapa jepit rambut untuk mengencangkan.
  • Sanggul perlu dibiarkan mengering lebih dulu, yaitu beberapa jam saja untuk yang rambutnya tipis dan pendek, sedangkan yang panjang dan tebal kemungkinan membutuhkan waktu seharian.
  • Sesudahnya, lepaskan saja rambut sanggulan Anda nanti pelan-pelan dan usahakan tidak menariknya kuat-kuat. Tatalah rambut sesuai selera Anda tapi jangan sisir terlalu banyak supaya gelombangnya tidak rusak.

(Baca juga: cara merawat rambut extension)

3. Menyanggul Kecil-kecil

Bila sebelumnya Anda menggunakan metode memilin dan kemudian sanggulan menjadi satu, kini Anda bisa mencoba menyanggul kecil-kecil.

ads
  • Awali dengan mencuci rambut lebih dulu karena harus dalam keadaan lembab. Tapi boleh juga Anda bisa membasahi rambut hanya dengan menggunakan botol semprot daripada repot mengeramasinya dulu.
  • Kalaupun setelah keramas, jangan biarkan rambut dalam keadaan super basah, paling tidak hanya lembab saja. Lanjutkan dengan membelah rambut menjadi beberapa bagian dengan tebal sekitar 8-10 sentimeter. Anda bisa memilih gaya yang paling Anda suka dan menggabungkannya dengan membentuk gelombang longgar di belakang dan gelombang yang lebih rapat di depan.
  • Setiap bagian rambut bisa dipilin sehingga membentuk kumparan, lalu jepit supaya tidak mudah lepas. Sesudah itu, bentuk kumparan melingkar di mana rambut pada kulit kepala sampai saling menumpuk barulah memasang jepit atau ikat rambut. Lakukanlah pada bagian rambut lainnya hingga habis, tapi kalau tidak bisa melakukannya sendiri mintalah bantuan orang terdekat.
  • Sanggul yang sudah jadi bisa dibiarkan demikian dan Anda bisa tidur semalaman supaya keesokan harinya ketika dilepas rambut sudah bergelombang.
  • Melepasnya pun harus dari bagian belakang lalu baru ke depan sampai lepas semuanya. Jangan disisir terlalu banyak supaya gelombangnya tak rusak, dan boleh juga memakai hairspray ringan agar gelombangnya tahan lama.

(Baca juga: cara mengatasi rambut mengembang)

4. Memakai Kaos Bekas

Jika kiranya mempunyai kaos yang sudah tak pernah dipakai lagi, manfaatkan barang tersebut sebagai pengeriting rambut alami. Ambil gunting terlebih dulu dan guntinglah kaos tersebut dari leher menuju ke bawah. Teruskan menggunting hingga seluruh bagian kaos Anda habiskan, tapi hindari pemakaian potongan bagian lengan, apalagi lengan yang pendek.

Kaos bisa digutung dengan besar 1 inci bila Anda ingin membuat gelombang kecil, tapi Anda perlu membuat 3 inci bila menginginkan gelombang yang agak besar. Pakailah sisir sebagai alat pembagi rambut menjadi beberapa bagian kecil. Potongan kaos tersebut dapat Anda lipat miring dan Anda siap menggulung rambut.

Lakukan proses penggulungan yakni dari bagian ujung bawah rambut di mana Anda bisa menggulungnya ke belakang, lanjutkan ke depan dan seterusnya begitu sampai seluruh rambut habis Anda gulung. Apabila gelombang hanya ingin diciptakan hanya di bagian bawah, gulung hanya sampai ke tengah. Ikatlah dua ujung potongan kaos untuk mengunci gulungan, lalu biarkan selama beberapa jam atau bisa juga semalaman supaya hasil gelombang bisa maksimal.

5. Menggunakan Headband

Bahaya mengeriting atau menggelombang rambut dengan alat sama dengan bahaya rebonding rambut. Apabila di rumah memiliki headband, jelas untuk membuat rambut bergelombang secara lebih sederhana. Tapi lebih baik Anda menyiapkan headband yang elastis serta lembut dan mampu dililitkan pada rambut secara gampang. Pastikan headband pun bisa mengelilingi kepala.

Mulailah dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian, lalu rambut dapat Anda lilitkan pada bando dan pakai bobby pin demi mengencangkan lilitan rambut tadi. Ulangi pada bagian rambut lainnya sampai tak bersisa, barulah Anda biarkan semalaman. Keesokan paginyalah baru Anda boleh melepaskan headband serta jepit rambut (bobby pin) dan nikmati penampilan rambut baru.

(Baca juga: cara merawat rambut panjang)

6. Memanfaatkan Kaos Kaki

Asalkan menggunakan kaos kaki bersih, tentunya Anda bisa memanfaatkannya sebagai pengikal rambut secara alami. Demi rambut bergelombang tanpa produk atau alat khusus, Anda bisa menggunakan kaos kaki panjang beberapa pasang. Awali dengan mengambil beberapa bagian rambut.

Kaos kaki yang sudah disiapkan bisa Anda pakai untuk dililitkan pada rambut tersebut. Kemudian setelah setiap bagian dililitkan, kaos kaki bisa Anda ikat ujungnya agar rambut yang sudah terlilit mampu bertahan. Setelah semua bagian rambut sudah Anda kerjakan, Anda bisa tinggal tidur dan esok paginya baru Anda buka supaya hasil ikalnya kelihatan alami. Tapi jangan sisir terlalu banyak atau gelombangnya bisa gagal.

7. Memakai Roll Rambut

Kebanyakan wanita, khususnya yang suka berdandan, tentunya di rumah bakal memiliki roll rambut. Jadi bila memilikinya, mengapa tidak Anda manfaatkan? Ukuran roll besar atau kecil bisa disesuaikan dengan keinginan Anda apakah rambut ingin dibuat gelombang besar atau kecil.

Sebelum memakainya, Anda perlu lebih dulu mengeramasi rambut dan mengeringkannya. Rambut pun perlu Anda sisir dulu hingga rapi, barulah Anda memakai roll rambut dan mulai menggulung per bagian secara perlahan. Untuk menjepit atau menahan agar gulungan tak lepas, sedia selalu bobby pin dan tunggulah sekitar 4-5 jam. Anda sudah dapat bergaya dengan rambut bergelombang yang telah jadi.

(Baca juga: cara mengurangi rambut rontok)

8. Meremas Rambut

Bila biasanya seorang wanita akan mencari cara merawat rambut agar lurus, bagi Anda yang menginginkan rambut bergelombang cobalah untuk meremas rambut. Bila sebelumnya cara-cara tersebut kurang begitu mempan, mungkin yang ini bisa juga Anda coba di rumah dengan langkah-langkah sederhana.

Sponsors Link

  • Sediakan corong pendifusi yang bisa Anda pasangkan ke alat pengering rambut di mana ada panas yang dipancarkan oleh corong ini ke area rambut secara lebih luas. Rambut bergelombang dapat Anda ciptakan dengan bantuan alat tersebut tanpa menjadi kusut.
  • Untuk rambut bergelombang yang berhasil, Anda bisa coba memakai corong pendifusi yang bentuknya bundar di mana tengahnya cekung. Corong berbentuk seperti itulah yang bakal lebih efektif dalam membuat rambut bergelombang seperti yang diharapkan.
  • Sebelum pada tahap meremas, pastikan bahwa Anda mencuci rambut terlebih dulu dan pakai kondisioner juga. Atau bisa juga Anda membersihkan rambut hanya menggunakan kondisioner daripada memakai sampo. Kalaupun ingin tetap mengeramasinya dulu, Anda bisa memakai sampo dengan tanpa kandungan sulfat karena ini bakal sangat mengeringkan rambut sehingga hasil gelombang pada rambut nanti malah gagal dan berantakan.
  • Setelah itu pakai handuk untuk mengelap, tapi biarkan untuk rambut dalam keadaan lembab dan tidak benar-benar kering. Pakailah handuk lembut yang bisa Anda tepuk-tepukkan pada akarnya.
  • Sebaiknya tidak meremas rambut kuat-kuat atau menggunakan handuk dengan menggosokkannya secara kasar dan kuat karena bisa membuat rambut rusak. Rambut pada kondisi basah bakal lebih mudah patah, jadi hindari menariknya berlebihan.
  • Oles krim khusus rambut, gel atau mousse juga boleh, ke permukaan rambut Anda. Sambil dioles, Anda bisa meremas rambut hingga lembut hingga menjadi beberapa bagian dan pastikan lakukan dari bawah ke atas supaya krimnya bisa diratakan. Remas-remaslah rambut Anda karena ada tampilan bergelombang yang mampu tercipta dari cara ini.
  • Apabila jenis rambut alami Anda memang kering, jangan menggunakan produk penataan rambut dengan kandungan alkohol sebab ini justru membuatnya bertambah kering.
  • Rambut kemudian dapat Anda remas-remas hingga beberapa bagian dan sebagian rambut bisa diambil untuk ditempelkan dengan corong pendifusi. Sesudah itu, rambut bisa Anda lepas dengan pendifusi di mana telapak tangan Anda bersiap membentuk cakar untuk mengambil rambut serta mulai meremasnya dari bawah secara perlahan.
  • Ketika meremasnya, alat pengering bisa diarahkan berada pada celah jari. Sebagian rambut selesai, lanjutkan dengan sebagian rambut lainnya untuk diremas, dan jangan lupa untuk meremasnya sampai hampir kering.
  • Ketika rambut telah kering seluruhnya, berikan udara dingin pada gelombang rambut yang sudah jadi. Udara dingin bisa Anda berikan selama 1 menit paling maksimal supaya gaya rambut bergelombang yang sudah tercipta dapat dipertahankan.
  • Pengering rambut kebanyakan memiliki pilihan suhu yang diinginkan, jadi pilihlah udara dingin supaya kutikula rambut dapat terkunci.
  • Bila ingin menahannya lebih lama, gelombang yang sudah tercipta bisa Anda semprotkan hairspray yang sedang, fleksibel atau yang berdaya tahan rendah. Gunakan yang antilembab jika Anda ingin; biasanya Anda juga bisa menggunakannya demi rambut yang berkilau.

(Baca juga: cara merawat rambut agar tidak mengembang – manfaat catok rambut)

9. Menggunakan Pensil

Untuk lebih simpelnya lagi, Anda bisa coba menggunakan pensil di mana alat tulis satu ini tentunya tersedia di rumah. Bagi rambut Anda menjadi beberapa bagian dan ambil sedikit yang bisa Anda gulung dengan pensil. Tidak lupa, untuk membungkusnya, siapkan kertas foil supaya gelombang yang dihasilkan nanti menjadi sempurna. Berikan tekanan dengan menggunakan flat iron dan kemudian lepaskan gelombangnya, hasil pasti lebih dari yang diharapkan.

(Baca juga: jenis perawatan rambut di salon – manfaat conditioner rambut)

Itulah beberapa cara membuat rambut bergelombang yang cukup sederhana untuk dipraktikkan ketika di rumah. Hanya saja memang membutuhkan kesabaran dalam prosesnya serta rata-rata pun perlu menunggu hingga keesokan harinya demi melihat hasil rambut bergelombang sempurna. Selamat mencoba dan Anda bisa langsung siap bergaya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 05th, September 2016 / 15:53 Oleh :
Kategori : Rambut