Sponsors Link

6 Manfaat Kopi untuk Perawatan Rambut

Sponsors Link

Siapa yang tak kenal kopi? Seluruh dunia bahkan mengenalnya. Produk kopi yang paling terkenal tentu saja dalam bentuk minuman. Banyak orang bahkan memasukkan kegiatan ngopi sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Tentu saja hal ini juga yang menjadi pemicu menjamurnya kedai-kedai kopi di berbagai lokasi. Dari kopi, orang-orang bisa berkumpul, mengobrol, dan berdiskusi. Dari kopi juga orang bisa mendapatkan inspirasi.

ads

Produk kopi tentu tidak hanya sebatas minuman saja. Kopi menjadi rasa yang dipakai dalam berbagai jenis kue. Kopi mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dapat menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit kita. Tapi tahukah anda jika kopi memiliki manfaat yang baik bagi rambut kita? Perawatan rambut bisa menjadi solusi cara menjaga penampilan diri wanita. Jika anda belum mengetahuinya, anda akan menambah wawasan anda setelah membaca artikel kali ini.

1. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok memang bisa menjadi masalah tersendiri. Bukan hanya stres yang dapat menyebabkan rambut rontok. Bahkan sebaliknya, rambut rontok pun bisa membuat anda stres. Terlebih jika anda telah mencari cara mengatasi rambut rontok tersebut namun tidak juga berhasil. Berbagai jenis perawatan rambut di salon memang bisa anda dapatkan. Tetapi dengan biaya yang tidak sedikit tentunya. Nah, sudahkah anda menggunakan kopi? Ternyata kopi dapat menguatkan akar rambut sehingga ketika dipakai secara rutin, bahan ini dapat mengurangi rambut rontok.

Bagaimana cara menggunakan kopi sebagai bahan untuk mengatasi kerontokan? Caranya sangat mudah. Anda bisa menggunakan bubuk kopi sebagai masker rambut. Lakukan beberapa langkah berikut:

  • Siapkan bubuk kopi, susu, air hangat, mangkuk dan pengaduk.
  • Masukkan bubuk kopi ke dalam mangkuk.
  • Tuangkan sedikit air hangat untuk menyeduh kopi hingga larut.
  • Setelah kopi larut dalam air, tambahkan susu dan aduk rata hingga mengental.
  • Gunakan campuran tersebut menjadi masker untuk rambut anda.
  • Setelah mengaplikasikan masker kopi ke seluruh bagian rambut, gunakan tudung kepala dan diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Buka tudung kepala dan bilas rambut anda dengan air hingga bersih seperti saat anda keramas.

Mudah bukan? Namun jika anda memang tidak punya waktu untuk membuat masker sendiri, anda bisa membeli produk masker rambut yang berbahan dasar kopi. Kesibukan akan kegiatan sehari-hari bukan alasan untuk anda tidak sempat mengatasi rambut rontok. Anda tidak perlu ke salon. Ketika anda melakukan perawatan sendiri di rumah, anda akan lebih fleksibel untuk memilih waktunya. Jangan sepelekan rambut rontok karena itu dapat menyebabkan kebotakan. Tentu anda tidak mau mengalaminya kan?

2. Menyuburkan rambut

Anda mendambakan rambut yang lebat dan bervolume? Bisa memiliki rambut yang tebal memang satu kebanggaan tersendiri. Rambut yang tipis akan membuat penampilan kurang menarik. Selain itu, rambut tipis akan sulit dibentuk dalam berbagai macam gaya ketika anda ingin melakukannya. Anda tidak perlu khawatir. Rambut tebal dan sehat bisa anda miliki dengan menggunakan masker kopi. Kafein yang terkandung di dalam kopi membantu melancarkan sirkulasi darah di kepala dan merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih baik.

Sponsors Link

Bagaimana dengan cara penggunaannya? Anda bisa menggunakan kopi sebagai masker sama seperti cara mengatasi rambut rontok di atas. Dengan sekali menggunakan masker kopi, berarti anda telah mendapatkan dua manfaat sekaligus. Pertama mengatasi rambut rontok dan yang kedua membantu anda dalam mendapatkan rambut lebat alami dengan cara mencegah rambut rontok parah.

3. Memanjangkan rambut

Selain rambut yang lebat, memiliki rambut panjang yang sehat merupakan impian banyak wanita. Begitu pentingnya kondisi rambut hingga dikatakan sebagai mahkota wanita. Beberapa wanita bahkan rela membayar mahal ke salon untuk memasang hair extension agar mendapatkan rambut panjang dengan cara instan. Namun anda harus tahu bahwa terdapat bahaya hair extension yang harus anda waspadai. Lalu bagaimana solusi untuk bisa mendapatkan rambut panjang alami? Kopi bisa menjadi jawaban pencarian anda mengenai cara merawat rambut agar cepat panjang. Cara penggunaannya juga sama dengan ketika anda ingin mendapatkan rambut lebat. Cukup gunakan masker rambut dari bubuk kopi. Manfaat hair mask untuk rambut memang beragam.

4. Mengatasi ketombe

Anda memiliki masalah dengan ketombe? Kotoran yang bisa muncul di kulit kepala ini dapat mengganggu kepercayaan diri anda jika tidak diatasi. Ketombe bahkan bisa menjadi penyebab kulit kepala gatal dan bentol. Mungkin ketika memilikinya, anda akan enggan untuk memakai pakaian yang berwarna hitam karena bisa saja ketombe-ketombe tersebut berjatuhan di baju bagian bahu dan punggung anda. Tentu hal tersebut akan mengganggu penampilan. Lalu adakah hubungan antara kopi dengan cara mengatasi ketombe?

Ketombe bisa muncul karena keadaan kulit kepala yang tidak sehat, kotoran dan busa sampo yang tertinggal, atau produk sampo yang tidak cocok. Anda bisa merawat kesehatan kulit kepala dengan menggunakan produk perawatan rambut berbahan kopi. Jika anda memiliki masalah ketombe, gunakanlah sampo yang memakai kopi sebagai bahan utamanya. Kopi dapat menyehatkan kulit kepala dan secara perlahan-lahan mengurangi serta mencegah munculnya kembali si ketombe yang mengganggu.

Sponsors Link

5. Pewarna alami

Anda pemilik rambut kemerahan yang menginginkan rambut lebih gelap? Jangan buru-buru menggunakan cat rambut. Bahaya cat rambut bisa anda alami jika anda sembarangan menggunakannya. Bahan kimia pada cat rambut dapat menjadi penyebab kerusakan pada rambut. Sebagai alternatif yang praktis dan ekonomis dan aman, anda bisa menggunakan kopi untuk menjadi pewarna alami rambut anda. Kopi akan membuat rambut kemerahan anda menjadi hitam kecokelatan. Bagaimana caranya? Lakukan beberapa langkah berikut:

  • Siapkan bubuk kopi, air hangat, baskom, dan tudung kepala
  • Masukkan bubuk kopi ke dalam baskom lalu tuangkan air hangat. Usahakan air tersebut kira-kira cukup untuk mengenai seluruh bagian rambut anda. Aduk hingga tercampur.
  • Setelah larutak kopi siap, anda bisa mencelupkan seluruh bagian rambut anda ke dalam baskom. Diamkan sebentar.
  • Angkat rambut anda dan tiriskan hingga tidak ada air kopi yang menetes.
  • Gulung rambut anda dan kenakan tudung kepala.
  • Diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Buka tudung kepala anda dan bilas rambut dengan air hingga bersih.

Jika anda menggunakan cara tersebut secara teratur, anda akan mendapatkan warna rambut cokelat gelap alami yang anda inginkan. Satu hal yang perlu diperhatikan, jika anda memiliki rambut yang cokelat terang, sebaiknya hindari penggunaan kopi sebagi pewarna karena akan membuat warna rambut terlihat buruk.

6. Menjadikan rambut lembut berkilau

Siapa yang tak ingin punya rambut lembut berkilau? Rambut berkilau akan memberikan kesan sehat dan menarik. Jika anda bukan tipe orang yang gemar melakukan perawatan rambut ke salon, anda bisa memanfaatkan kopi sebagai cara melembutkan rambut dan menjadikannya indah berkilau alami. Bagaimana caranya? Lakukan beberapa langkah mudah berikut:

  • Siapkan bubuk kopi, alat penyaring, air hangat, wadah, pegaduk dan botol semprot
  • Masukkan bubuk kopi ke dalam wadah.
  • Tuang air hangat dan aduk hingga tercampur.
  • Saringlah ampas kopi dengan penyaring.
  • Masukkan cairan kopi ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan cairan kopi tersebut ke seluruh bagian rambut anda.

Anda akan mendapatkan hasilnya setelah pemakaian rutin hingga 1 sampai 2 minggu. Selain mendapatkan rambut lembut berkilau, anda tentunya akan menikmati sensasi aroma kopi pada rambut anda. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencoba?

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 24th, May 2016 / 14:54 Oleh :
Kategori : Rambut