Review Produk

7 Efek Samping Cuci Muka Pake Pepsodent yang Perlu Diwaspadai

Berbicara mengenai perawatan wajah, tidak dipungkiri bahwa banyak sekali bahan yang ditemukan di rumah bisa diubah untuk merawat kulit. Baik dari bumbu dapur atau lainnya yang sebenarnya peruntukannya bukan untuk kulit, misalnya saja pasta gigi Pepsodent. Di samping menggunakan produk skincare, tidak sedikit orang yang menggunakan Pepsodent sebagai cara memutihkan kulit secara alami dalam waktu singkat.

Biasanya Pepsodent digunakan untuk mencuci wajah, masker wajah atau scrub wajah baik dipakai tanpa maupun dengan campuran bahan alami lainnya. Banyak orang yang memang sudah membuktikan khasiat dari Pepsodent atau merk pasta gigi lain untuk memutihkan wajah, sehingga masih banyak orang yang menggunakan trik ini.

Namun sayangnya, dalam memanfaatkan khasiat Pepsodent bisa menjadi salah kaprah ketika digunakan tanpa aturan atau seenaknya. Padahal penggunaan yang tidak benar juga dapat menimbulkan resiko tertentu, karena bagaimanapun Pepsodent mengandung zat kimia yang sebenarnya bukan untuk kulit.

Efek samping Pepsodent untuk kulit wajah

Setelah sebelumnya diulas mengenai efek samping mencerahkan bibir dengan pasta gigi, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja efek samping cuci muka pake Pepsodent yang harus diwaspadai. Nah, simak ulasannya di bawah ini ya.

1. Memperparah jerawat yang ada

Jika muka berjerawat menggunakan Pepsodent untuk mencuci wajah, kemungkinan besar menyebabkan jerawat semakin meradang. Hal ini bisa disebabkan karena kandungan di dalam Pepsodent bisa merusak nutrisi alami kulit dan menyumbat pori-pori kulit.

2. Menyebabkan kulit menjadi kering

Seperti halnya dengan efek samping mencuci muka dengan air es terlalu sering, mencuci wajah dengan Pepsodent juga bisa menyebabkan kulit kering. Pasalnya Pepsodent mengandung zat yang bisa menyerap minyak dan jika dipakai secara rutin bisa mengeringkan kulit.

3. Menimbulkan pengelupasan kulit

Salah satu lainnya efek samping cuci muka pake Pepsodent adalah dapat menyebabkan kulit mengelupas. Karena saking keringnya, kulit kehilangan kelembaban alaminya dan sel kulit mati yang menumpuk juga akan semakin banyak.

4. Mengakibatkan peradangan pada kulit

Di balik manfaat odol untuk kecantikan kulit wajah, penggunaan yang tidak terkontrol juga dapat memicu terjadinya peradangan kulit. Kulit dapat mengalami berbagai masalah seperti bruntusan, berbintik bahkan muncul jerawat baru.

5. Menimbulkan terjadinya infeksi

Menggunakan Pepsodent untuk membersihkan kulit wajah setiap hari juga bisa memicu terjadinya infeksi kulit, apalagi jika dipakai oleh kulit sensitif. Infeksi ini nantinya bisa saja menyebabkan dampak yang serius seperti kanker kulit jika segera tidak diatasi.

6. Memicu terjadinya iritasi dan alergi

Cara memutihkan kulit dengan pasta gigi Pepsodent memang terdengar simpel dan mudah, namun terjadinya iritasi juga sangat mudah jika dipakai sesuka hati. Kulit dapat memerah, juga dapat memicu alergi kulit seperti cekit-cekit atau gatal.

7. Membuat kulit melepuh

Di dalam Pepsodent terkandung zat yang dapat memberikan efek panas pada kulit wajah. Jika digunakan pada kulit bermasalah atau sensitif, bisa menimbulkan masalah lain seperti rasa terbakar hingga melepuh.

Cukup banyak bukan efek sampingnya? Untuk meminimalisir terjadinya beberapa efek samping di atas, memanfaatkan Pepsodent untuk mencuci wajah sebaiknya secukupnya saja dan jangan terlalu sering. Lagipula masih ada cara alami lain untuk mencuci wajah yang tidak kalah ampuh untuk memutihkan kulit dengan cepat. Demikian ulasan mengenai berbagai efek samping cuci muka pake Pepsodent, semoga bermanfaat.